Hindari Perayaan Tahun Baru di Ketinggian, Pj Gubernur Jabar Minta Flyover di Kota Bandung Ditutup

Rencana penutupan akses seluruh jalan layang di Kota Bandung akan segera diinformasikan kepada masyarakat oleh Pemerintah Kota Bandung.

oleh Arie Nugraha diperbarui 31 Des 2023, 09:00 WIB
Diterbitkan 31 Des 2023, 09:00 WIB
Bey Machmudin
Bey Machmudin, Sumber: Sekretariat Kabinet Republik Indonesia

Liputan6.com, Bandung - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin meminta kepada Pemerintah Kota Bandung agar menutup akses menuju flyover atau jalan layang pada malam pergantian tahun baru mendatang.

Menurut Bey, hal itu guna mencegah adanya kerumuman dan antrean kendaraan masyarakat yang sengaja merayakan kemeriahan malam pergantian tahun.

"Jadi seperti flyover Pasupati (Prof. Mochtar Kusumaatmadja) dan beberapa itu akan ditutup pada malam tahun baru. Karena apa? Jadi kadang-kadang masyarakat karena senang tahun baru, suka melempar barang jadi itu ditutup. Dan juga kan masyarakat senang karena diatas melihat kembang api segala macam, malah membahayakan dan menimbulkan kemacetan baru," ujar Bey dalam keterangan resminya, Bandung, Jumat, 29 Desember 2023.

Bey mengatakan rencana penutupan akses seluruh jalan layang di Kota Bandung akan segera diinformasikan kepada masyarakat oleh Pemerintah Kota Bandung.

Tujuannya agar masyarakat yang tengah berkendara mengetahui bahwa pada malam pergantian tahun diberlakukan penutupan akses. Ada enam jalan layang di Kota Bandung yakni Pasupati atau Prof Mochtar Kusumaatmadja, Kiaracondong, Pelangi atau Jaksa Agung R Soeprapto, Supratman, Laswi, dan Kopo.

"Kami akan koordinasi dengan Kota Bandung, untuk menjelaskan ke masyarakat jalan mana yang akan ditutup. Jangan sampai masyarakat pakai aplikasi maps, aplikasinya belum paham kalau itu ditutup," kata Bey.

Pada masa liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024), Bey mengingatkan kepada masyarakat yang hendak dan sedang berlibur tahun baru menjaga kesehatan fisik.

Selain itu, memeriksa kondisi kendaraan bagi yang hendak bepergian jauh dan memantau prakiraan cuaca yang secara rutin diinformasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lewat berbagai kanalnya.

"Kemacetan tidak bisa dihindari. Mohon masyarakat pastikan sehat termasuk anggota keluarga dan rombongan. Pastikan kendaraan fit, beberapa kejadian macet karena kendaraan mogok," ucap Bey.

Bey mengingatkan kepada masyarakat agar waspada terhadap kemacetan yang kerap terjadi di saat musim liburan.

Bey sendiri sempat mengecek kondisi arus lalu- lintas pada tanggal 23- 24 Desember 2023. Beberapa titik yang dipantau antara lain di kilometer 57 Tol Cipularang dan di Gadog Puncak. Ia pun menyebut sempat mendapati laporan bahwa jalur Lembang sampai dengan Subang juga terjadi kemacetan bisa lima sampai enam jam.

"Sudah aman, tapi karena peningkatan (diperkirakan) sangat tinggi jadi situasional di lapangan," sebut Bey.

Sementara itu, Bey menyebut pihaknya memprediksi bahwa peningkatan wisatawan akan terjadi di kawasan Pangandaran. Menurutnya, saat libur Natal kemarin Pangandaran sudah cukup ramai, untuk tahun baru diperkirakan akan terjadi peningkatan lagi.

"Tahun lalu (kepadatan) di kawasan Bogor tahun ini kemungkinan Pangandaran," tukas Bey.

Bey mengimbau seluruh masyarakat agar terus memantau kondisi cuaca melalui BMKG terutama untuk curah hujan. Beberapa haru terkahir ini, Bey menjelaskan cuaca yang terjadi saat ini masuk kategori ekstrem terkadang hujan deras tetiba panas.

"Ikuti terus pengumuman atau arahan BMKG dan untuk di jalan ikuti arahan kepolisian," tambah Bey.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Antisipasi Paparan COVID-19 saat Perayaan Tahun Baru

Bey Machmudin mengingatkan kembali soal penerapan protokol kesehatan (prokes) bagi tenaga kesehatan (nakes) dan masyarakat menghadapi situasi kasus aktif COVID-19 yang naik dalam dua pekan terakhir.

Hal itu dikatakan Bey, guna mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus saat hari raya Natal 2023 dan perayaan tahun baru 2024 (Nataru 2023/2024).

"Mengingatkan kembali tentang protokol kesehatan, utamanya imunisasi vaksin untuk nakes yang saya utamanya karena mereka yang bertemu dengan orang yang terkena COVID-19, juga memakai masker untuk mereka yang mengalami demam," kata Bey Machmudin.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Jabar periode 12-17 Desember 2023, tercatat 427 kasus COVID-19. Kota Depok menjadi daerah penyumbang kasus tertinggi hingga 66 orang dan diikuti Kota Bandung sebanyak 63 orang.

Sementara itu Kementerian Kesehatan RI merilis data total kasus aktif COVID-19 sebanyak 2.548 pasien aktif, 108 sembuh, dan satu orang meninggal dunia. Lonjakan yang terjadi di Indonesia per hari ini saja, Selasa (19/12), mencapai 453 kasus.

"Minimal nakes sudah mendapat dosis ketiga vaksinasi COVID-19," kata Bey.

Bey juga menyebutkan, meski jumlah kasusnya mulai naik saat ini belum ada tindakan pembatasan seperti halnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat pandemi.

Namun, Bey tetap menekankan penerapan prokes terutama bagi yang sedang mengalami demam.

"Yang pasti tidak ada pembatasan dan kita harus tetap menjaga prokes seperti mencuci tangan dan untuk yang sakit memakai masker," ucap Bey.

 


Ratusan Fasyankes di Jabar Disiapkan

Sementara itu, Dinas Kesehatan Jawa Barat menyiapkan 861 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di jalur mudik yang kerap dilalui oleh masyarakat pada perjalanan mudik Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Vini Adiani Dewi, selain mendirikan pos kesehatan ratusan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan puluhan rumah sakit disiagakan untuk memenuhi pelayanan kesehatan saat mudik Nataru 2023/2024.

"Beberapa yang kita siapkan itu fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) itu ada 406 puskesmas, mendirikan 125 pos kesehatan (poskes) disetiap rest area jalan tol dan jalur arteri yang rawan, rumah sakit ada 97, ada juga sepeda motor ambulan 36. Terus kalau ambulannya ada 197 mobil ambulan," ujar Vini saat dihubungi KBR, Bandung, Kamis, 21 Desember 2023.

Vini mengatakan selain fasyankes secara fisik, masyarakat juga diimbau agar mengoptimalkan layanan call center 119 jika terjadi kedaruratan medis dan WhatsApp Grup pelaporan sejenis.

Vini menerangkan meski telah disiapkan berbagai fasyankes, pada saat mudik libur Nataru 2023/2024 ini protokol kesehatan (prokes) serta pola hidup bersih dan sehat (PHBS) harus tetap dilaksanakan.

"Walaupun sekarang tidak diharuskan semua memakai masker, tapi untuk yang sakit dan yang berkerumun itu sekarang wajib memakai masker. Jika ada yang sakit terpapar COVID harus pakai masker dan wajib isolasi mandiri sampai sembuh," kata Vini.

Vini menegaskan kewajiban pemakaian masker untuk yang sedang sakit dan di kerumunan orang, bertujuan untuk menghindari meluasnya penyebaran COVID-19 varian terbaru.

Meski tidak mematikan dengan gejala yang ringan, Vini menjelaskan karakter COVID-19 varian baru ini penularannya sangat cepat.

"COVID yang sekarang itu COVID yang ringan tapi mudah menyebar gitu. Contohnya hanya dari periode 9-13 Desember 2023 pekan lalu saja tercatat sudah ada 79 pasien COVID di Jawa Barat," tukas Vini.

Selain mewaspadai paparan COVID-19, Vini meminta masyarakat pada libur Nataru 2023/2024 tetap menjalankan perilaku seksual secara benar dan baik.

Tujuannya agar tidak terhindar dari paparan penyakit Mpox, walaupun tidak begitu cepat penularannya. Hampir seluruhnya virus Mpox ini ditularkan melalui kontak seksual.

"Kalau Mpox itu tidak begitu cepat penularannya sebetulnya dari teori seperti itu ya. Tapi ternyata lebih banyak, kasus di kita itu sekarang orang di Jawa Barat terpapar Mpox itu ada 10 kasus. Sebagian besar sudah sembuh," ungkap Vini.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Jawa Barat dalam mempersiapkan pelayanan medis saat mudik dan libur Nataru 2023/2024 telah melakukan pemeriksaan kesehatan kepada sopir kendaraan umum diantaranya di Garut, Kota Bandung, Kuningan dan Tasikmalaya.

Sejumlah spanduk dan banner sosialisasi kesehatan termasuk didalamnya pencegahan paparan COVID-19. Persiapan ini telah dilakukan sejak 8 Desember 2023.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya