Sinopsis Film Saltburn, Obsesi Gila yang Berujung Petaka

Film Saltburn merupakan film bergenre drama, thriller, dan komedi yang penuh kejutan.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 16 Jan 2024, 18:20 WIB
Diterbitkan 16 Jan 2024, 18:11 WIB
Sinopsis Saltburn, Kisah Obsesi pada Keluarga Kaya yang Berakhir Petaka
Saltburn the movie (doc: IMDB.com)

Liputan6.com, Bandung - Media sosial akhir-akhir ini ramai membahas salah satu film populer bertajuk “Saltburn”. Tidak hanya diperankan oleh aktor dan artis populer, film ini juga terkenal karena jalan ceritanya yang menarik.

Saltburn merupakan film tahun 2023 bergenre drama, thriller dan komedi yang disebut-sebut mempunyai adegan “disturbing” atau mengganggu. Sebelumnya, film Saltburn sendiri telah tayang secara perdana pada 22 November di bioskop luar negeri.

Namun saat ini, film Saltburn sendiri bisa disaksikan secara online melalui platform streaming Prime Video. Film berdurasi 2 jam 11 menit ini dapat ditonton oleh penonton berusia 17 tahun ke atas.

Sebagai informasi, film Saltburn ditulis dan disutradarai oleh Emerald Fennell seorang artis, penulis, dan sutradara. Salah satu karya Emerald Fennel adalah film “Promising Young Woman” yang diperankan oleh Carey Mulligan dan tayang pada 2020.

Saltburn juga diperankan oleh aktor dan artis populer mulai dari Barry Keoghan, Jacob Elordi, hingga Rosamund Pike. Melalui film ini Barry Keoghan berperan sebagai karakter bernama Oliver Quick.

Kemudian aktor Jacob Elordi berperan sebagai karakter bernama Felix Catton dan Rosamund Pike berperan sebagai karakter bernama Elspeth Catton. Film Saltburn akan membawa penonton ke dalam kisah unik namun menyimpan misteri kelam.

Selain itu, karakter yang diperankan oleh Barry Keoghan dan Jacob Elordi mempunyai kepribadian yang berlawanan, tetapi kuat. Keduanya saling terkait dengan plot menarik yang penuh obsesi.


Sinopsis Film Saltburn

Sinopsis Saltburn, Kisah Obsesi pada Keluarga Kaya yang Berakhir Petaka
Saltburn the movie (doc: IMDB.com)

Menceritakan tentang seorang mahasiswa di Universitas Oxford bernama Oliver Quick (Barry Keoghan). Suatu hari, ia terlibat dan masuk pada dunia Felix Catton (Jacob Elordi) seorang mahasiswa kaya dan populer di Oxford.

Oliver dan Felix bisa saling berteman meski mempunyai kepribadian yang berlawanan. Setelah saling mengenal, Felix mengundang Oliver untuk datang ke Saltburn yaitu tanah milik keluarganya yang eksentrik untuk liburan musm panas.

Tentunya, kesempatan ini tidak pernah Oliver dapatkan dan menjadi pengalaman yang mungkin tidak bisa dilupakan. Di Saltburn, ia bertemu dengan orangtua Felix yaitu Sir James dan Lady Elspeth.

Oliver juga bertemu dengan adik perempuan Felix bernama Venetia dan bertemu dengan teman Elspeth bernama Pamela serta sepupu Amerika Felix berama Farleigh. Kehadiran Oliver di keluarga Felix ternyata disambut dengan baik.

Hingga akhirnya muncul sebuah obsesi terhadap Felix dan banyaknya kejadian misterius penuh pertanyaan.


Daftar Pemeran Film Saltburn

Adegan di film Saltburn. (Dok: Instagram @saltburnfilm)
Adegan di film Saltburn. (Dok: Instagram @saltburnfilm)

Berikut ini adalah daftar beberapa pemeran film Saltburn melansir dari IMDb:

1. Barry Keoghan sebagai Oliver Quick

2. Jacob Elordi sebagai Felix Catton

3. Archie Madekwe sebagai Farleigh Start

4. Sadie Soverall sebagai Annabel

5. Richie Cotterell sebagai Harry

6. Millie Kent sebagai India

7. Will Gibson sebagai Jake

8. Tasha Lim sebagai Camilla

9. Aleah Aberdeen sebagai Alicia

10. Matthew Carver sebagai Benjy

11. Rosamund Pike sebagai Elspeth Catton

12. Richard E. Grant sebagai Sir James Catton


3 Fakta Menarik Film Saltburn

Salah satu adegan di film Saltburn. (Dok: Instagram @saltburnfilm)
Salah satu adegan di film Saltburn. (Dok: Instagram @saltburnfilm)

Berikut ini adalah 3 fakta menarik film Saltburn melansir dari beberapa sumber:

1. Kostum Felix Catton terinspirasi dari Pangeran Harry

Kostum yang digunakan karakter Felix Catton ternyata terinspirasi dari lemari pakaian Pangeran Harry. Hal tersebut disampaikan oleh perancang kostum Sophie Canale dimana titik awal anak laki-laki mewah Felix adalah Pangeran Harry.

Sang perancang kostum menyampaikan bahwa ia melihat foto-foto sang pangeran bersama teman-temannya kala itu. Terutama saat pergi ke London dan menonton pertandingan polo ia terinspirasi dengan melihat fesyen mereka.

“Saya melihat foto-foto dirinya bersama teman-temanya saat itu, saat pergi ke London, menonton pertandingan polo, dan terutama foto dirinya dan Chelsy Davy. Saya melihat fesyen mereka dan mencoba meminjamkan tampilan itu ke geng Oxford kami,” ujarnya kepada Vogue.

2. Rosamund Pike tinggal di rumah Saltburn selama proses syuting

Pemeran karakter Elspeth Catton yaitu Rosamund Pike diketahui tinggal dalam rumah tersebut selama proses pembuatan film. Ia menyebutkan dalam wawancara bahwa ia tidak meninggalkan rumah tersebut selama tiga minggu berturut-turut.

Diketahui, film Saltburn mengambil latar rumah yang ada dalam kehidupan nyata yaitu Drayton House. Pike yang tinggal di rumah tersebut menggambarkan pengalamannya sebagai sesuatu yang menyenangkan terutama keramahan dari sang pemilik rumah.

“Keluarga pemilik rumah adalah tuan rumah yang sangat menghibur, sangat murah hati, dan sangat liar,” ujarnya.

3. Sang sutradara sebut film Saltburn sebagai “Film Vampir”

Emerald Fennell sutradara sekaligus penulis film Saltburn menyampaikan bahwa filmnya tersebut bagaikan film vampir. Ia berbicara kepada PA bahwa secara metaforis film ini merupakan film vampir.

“Tentu saja secara metaforis ini adalah film vampir. Ini tentang apa yang kita lakukan kita benar-benar tergila-gila dengan sesuatu atau seseorang,” kata Emerald.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya