Kecelakaan Bus Rosalia Indah, 7 Orang Tewas, Sopir Diduga Mengantuk

Kecelakaan bus Rosalia Indah terjadi di KM 370 ruas Tol Semarang-Batang di wilayah Kabupaten Kendal, Jateng, Kamis pagi (11/4/2024).

oleh Ahmad Apriyono diperbarui 11 Apr 2024, 12:23 WIB
Diterbitkan 11 Apr 2024, 12:23 WIB
Sebuah bus PO Rosalia Indah kecelakaan di tol Km 370 A Tol Batang Semarang, Jawa Tengah pada Kamis,11 April 2024.
Sebuah bus PO Rosalia Indah kecelakaan di tol Km 370 A Tol Batang Semarang, Jawa Tengah pada Kamis,11 April 2024. (Merdeka).

Liputan6.com, Kendal - Kecelakaan Bus Rosalia Indah terjadi di KM 370 ruas Tol Semarang-Batang di wilayah Kabupaten Kendal, Jateng, Kamis pagi (11/4/2024). Akibatnya sebanyak 7 orang meninggal dunia dan 17 orang lainnya mengalami luka-luka dan harus dirawat do IGD. 

Bayu menjelaskan kejadian kecelakaan tersebut bermula ketika bus Rosalia Indah melaju dari arah barat ke timur atau Jakarta menuju Semarang.

Ketika sampai di lokasi kejadian KM 370, bus bernomor polisi AD 7019 OA tersebut keluar dari jalan dan masuk ke parit di sisi kiri jalan.

Dugaan sementara, menurut Satake, sopir bus Rosalia Indah mengalami microsleep alias mengantuk sehingga mengakibatkan kendaraan tersebut keluar jalur.

"Bus mengangkut 34 penumpang, termasuk sopir dan kondektur," katanya.

Tujuh orang korban meninggal dunia dalam peristiwa kecelakaan itu kemudian dievakuasi ke RS Islam Weleri, Kabupaten Kendal. Rumah Sakit tersebut menjadi rumah sakit terdekat dari Tempat Kejadian Perkara.

Sementara itu Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan dalam jumpa pers di RS Weleri Kendal mengatakan, unit bus yang mengalami kecelakaan merupakan unit pengganti, setelah bus sebelumnya mengalami kendala mesin.

"Keterangan dari saksi, terutama pengemudi sopir dari awal sudah lelah, korban meninggal dunia empat sudah dijemput keluarga, tiga masih diidentifikasi," katanya.

Sementara itu, korban luka anak-anao sudah mendapatkan trauma healing. Menurut informasi yang didapat, korban meninggal dunia kebanyakan berasal dari Bekasi Pondok Ungu. Bus tersebut rencananya berangkat dari Pondok Ungu menuju Jawa Timur.  

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya