El Nino Masih Aktif, Hujan Sedang hingga Lebat Berpotensi Terjadi di Sulut

Hujan sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di Sulut hingga beberapa hari ke depan.

oleh Yoseph Ikanubun diperbarui 12 Apr 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 12 Apr 2024, 15:00 WIB
Terjangan banjir bandang dan longsor yang terjadi, Minggu (7/4/2024), di Kota Bitung membuat pemerintah setempat menetapkan status tanggap darurat bencana.
Terjangan banjir bandang dan longsor yang terjadi, Minggu (7/4/2024), di Kota Bitung membuat pemerintah setempat menetapkan status tanggap darurat bencana.

Liputan6.com, Manado - Hujan sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di Sulut hingga beberapa hari ke depan. Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah VI Makassar, mengingatkan warga terkait kondisi ini.

 "Saat ini El Nino masih aktif dengan intensitas sedang dan diprediksi akan melemah secara gradual mulai April 2024 hingga mencapai nilai negatif mulai Juni 2024," kata Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah VI Makassar, Irwan Slamet pada Kamis (11/4/2024).

Irwan menyebutkan kondisi 'Indian Ocean Dipole' (IOD) berada pada status positif. Indeks IOD diprediksi netral pada April 2024 dan akan bertahan hingga pertengahan tahun 2024.

“Di tanggal 10-12 April 2024 tidak terdapat potensi hujan sedang hingga lebat,” ujarnya.

Selanjutnya di 13 April 2024 potensi hujan sedang hingga lebat terdapat di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Pada 14 April 2024 potensi hujan sedang hingga lebat terdapat di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Prakiraan cuaca tanggal 15 April 2024, potensi hujan sedang hingga lebat terdapat di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Selanjutnya di 6 April 2024 potensi hujan sedang hingga lebat diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Semoga informasi ini bisa dijadikan kewaspadaan dan pertimbangan untuk melakukan langkah mitigasi dampak ikutan dari kondisi tersebut,” ujarnya.

Dia mengatakan, bila memerlukan informasi lebih rinci terkait dengan informasi iklim, prakiraan cuaca dan peringatan dini dapat menghubungi kantor unit pelaksana teknis BMKG terdekat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya