Pilkada 2024: Ratusan PPK Kota Bandung Ikuti Seleksi, 150 Peserta Terpilih Bakal Masuk Badan Ad Hoc 30 Kecamatan

150 orang terpilih akan menjadi anggota badan Ad Hoc PPK di 30 Kecamatan di Kota Bandung.

oleh Dikdik Ripaldi diperbarui 09 Mei 2024, 00:00 WIB
Diterbitkan 09 Mei 2024, 00:00 WIB
Sebanyak 1.198 peserta antri mengikuti seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada serentak 2024. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Sebanyak 1.198 peserta antri mengikuti seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada serentak 2024. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Bandung - Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 terus bergulir. Saat ini di Kota Bandung ratusan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) diketahui telah mengikuti tahapan seleksi tertulis metode Computer Assist Test (CAT).

Tes tersebut dilaksanakan di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, Selasa 7 Mei 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menyampaikan bahwa ada sekitar 416 peserta yang sebelumnya lolos seleksi administrasi kemudian mengikuti seleksi CAT tersebut.

Ketua KPU Kota Bandung Wenti Prihadianti menyampaikan, dari 464 peserta yang mengikuti diseleksi akan dipilih 150 orang. Nantinya akan menjadi badan Ad Hoc PPK di 30 Kecamatan di Kota Bandung.

"Sebanyak 464 orang yang daftar, namun ada 416 yang lulus administrasi. Nanti kurang lebih 150 orang yang akan terpilih, per kecamatan 5 orang," kata Wenti dalam keterangannya di Bandung, Selasa, 7 Mei 2024.

Pada tes kali ini, para peserta mengerjakan 75 soal dengan waktu 90 menit. Jika lolos, para calon anggota PPK akan mengukuti seleksi wawancara. "Kita berharap seluruh tahapan persiapan Pilkada serentak di Kota Bandung berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Harapan PJ Walkot

Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono diketahui hadir langsung pada pembukaan Tes CAT PPK tersebut.

Dalam kesempatan itu, Bambang berharap para peserta yang lolos seleksi dan menjadi PPK untuk Pilkada nanti mempunyai integritas, tanggung jawab, dan berkomitmen. Hal itu untuk memastikan Pilkada pada 27 November 2024 mendatang bisa berjalan secara aman dan kondusif.

"Mudah-mudahan dari seleksi ini akan terpilih yang terbaik dari segi kompetensinya. Nanti akan ada lagi tahap ketiga yaitu wawancara," kata Bambang.

Bambang juga berharap, pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 dapat memilih kepala daerah yang bisa mengakselerasi pembangunan dan bisa menyejahterakan masyarakat Kota Bandung.

Ia mengatakan, saat ini Kota Bandung memiliki berbagai pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Mulai dari menekan angka kemiskinan, mencegah stunting, peningkatan sektor pariwisata dan jasa, serta ada sekitar 106 indikator lainnya.

"Siapa pun itu, calon Wali Kota/Wakil Wali Kota, Kota Bandung adalah kota yang sangat holistik. Potensinya sangat banyak sekali dan harus dioptimalisasi. Siapapun, mudah-mudahan bisa mengakselerasi potensi-potensi yang mempunyai nilai untuk kemanfaatan warga Kota Bandung," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya