Sempat Dikira Kambing, Korban Tewas Kebakaran SPBU di Pati Ternyata Sopir Espass

Kebakaran hebat melanda SPBU di Pati. Korban tewas terbakar dalam mobil Daihatsu Espass awalnya dikira seekor kambing, ternyata sang sopir.

oleh Ahmad Adirin diperbarui 03 Jul 2024, 09:09 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2024, 09:09 WIB
Kebakaran SPBU di Pati
Kebakaran hebat melanda SPBU di Pati. Korban tewas terbakar dalam mobil Daihatsu Espass awalnya dikira seekor kambing, ternyata sang sopir. (Liputan6.com/ Arief Pramono)

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran hebat yang melanda SPBU 44.591.29 di Desa Bakalan, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, pada Selasa (2/7/2024) dini hari, ternyata menelan satu korban jiwa dan kerugian materi mencapai ratusan juta rupiah.

Korban tewas terbakar dalam mobil Daihatsu Espass itu, awalnya dikira seekor kambing yang mati terpanggang. Namun setelah dilakukan penyelidikan tim Inafis Polresta Pati, ternyata jenazah itu bernama Iwan warga Desa Clering, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara.

Korban tewas kebakaran SPBU di Pati itu merupakan sopir minibus Espass yang terjebak dalam kobaran api, saat korban hendak mengisi bahan bakar di SPBU yang berada di Jalan Raya Jepara-Pati.

Tewasnya korban dalam peristiwa kebakaran SPBU itu, dibenarkan Kapolresta Pati melalui Kapolsek Dukuhseti, AKP Ali Mashuri. Ia menyebut kebakaran telah merenggut nyawa seorang pria asal Donorojo Jepara.

Awalnya polisi dan pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati, menduga korban dalam kebakaran SPBU Bakalan ini adalah seekor kambing.

Namun setelah dilakukan identifikasi, tim tenaga medis dan aparat kepolisian memastikan korban jiwa merupakan seorang manusia. Bukan kambing seperti dugaan semula.

“Seorang sopir Daihatsu Espass meninggal, setelah mobilnya terbakar saat mengisi BBM di SPBU Desa Bakalan, Kecamatan Dukuhseti, Pati,” ujar AKP Ali Mashuri saat dikonfirmasi Selasa sore (2/7/2024).

Kejadian pada Selasa dini hari pukul 03.30 tersebut, kata Ali Mashuri, diduga mesin mobil korban belum dimatikan saat mengisi bakar bakar. Dengan peristiwa itu, pihaknya menyarankan para pemilik mobil maupun sepeda motor saat mengisi BBM, mesin harus dimatikan demi keamanan.

Selain mobil hangus dan sopirnya tewas dalam kebakaran itu, juga mengakibatkan mesin pompa BBM ikut terbakar. Kemudian membuat sebuah sepeda motor rusak ringan.

“Korban meninggal bernama Iwan yang merupakan warga Desa Clering, Kecamatan Donorojo, Jepara. Korban sudah dipulangkan ke rumah duka dan dikebumikan. Jadi korban yang terbakar dalam mobil adalah manusia, bukan kambing,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sempat Terdengar Ledakan saat Kebakaran Melalap SPBU di Pati

Seperti diberitakan Liputan6.com sebelumnya, insiden kebakaran menimpa di SPBU Desa Bakalan Pati, Jawa Tengah. Pemicu kebakaran diduga akibat percikan api dari mobil yang mengalami korsleting, saat mengisi bahan bakar minyak di SPBU setempat.

Saat api melalap salah satu mesin pompa BBM di SPBU dan satu unit mobil Espass yang berada di jalan raya Pati-Jepara, sempat menimbulkan suara ledakan hebat, Selasa dini hari (2/7/2024). Akibat kebakaran itu, diduga nilai kerugian mencapai Rp 300 juta.

Dari keterangan salah satu warga yang menyaksikan peristiwa itu, Noor mengaku sempat mendengar ledakan dari lokasi SPBU sekitar pukul 03.30 WIB.

"Sempat kaget sih tadi, karena ada suara duaaar mirip boom. Setelah itu, saya keluar dan api sudah membakar SPBU," ujar Noor saat ditemui. (Arief Pramono)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya