Power Rangers Day 28 Agustus

Power Rangers merupakan waralaba hiburan dan dagang Amerika Serikat berupa serial televisi. Tayangan ini menampilkan aksi pahlawan super yang didasarkan pada waralaba tokusatsu Jepang, Super Sentai.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 28 Agu 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 14:00 WIB
Nonton Film Power Rangers (2017) di Vidio
Nonton aksi heroik lima pahlawan super dalam film Power Rangers (2017) di Vidio. (Dok. Vidio)

Liputan6.com, Yogyakarta - Power Rangers Day atau Hari Power Rangers dirayakan pada 28 Agustus setiap tahunnya. Momen ini menandai penayangan perdana serial Power Rangers pertama, Mighty Morphin Power Rangers, pada 28 Agustus 1993.

Power Rangers merupakan waralaba hiburan dan dagang Amerika Serikat berupa serial televisi. Tayangan ini menampilkan aksi pahlawan super yang didasarkan pada waralaba tokusatsu Jepang, Super Sentai.

Mengutip dari National Today, sejarah lahirnya Power Rangers dapat ditelusuri kembali ke era 1970-an. Kala itu, Marvel Comics setuju untuk bertukar ide dengan perusahaan produksi televisi Jepang, Toei Company.

Saat itulah Spiderman versi Jepang dibuat. Adapun tiga seri Super Sentai juga dibuat sekitar waktu tersebut dan berhasil mendapatkan popularitas luar biasa di Jepang.

Lahirnya Power Rangers merupakan bentuk kemitraan Amerika untuk Super Sentai. Hanya saja, plotnya sedikit dimodifikasi agar sesuai dengan standar televisi Amerika.

Serial Mighty Morphin Power Rangers menampilkan lima remaja yang mengenakan setelan warna-warni. Mereka bertugas melawan monster dan robot, seperti Zord dan Megazord, yang diadopsi dari Super Sentai. Sayangnya, acara itu sempat dilarang di Selandia Baru karena dianggap terlalu keras untuk anak-anak.

Power Rangers didistribusikan oleh Saban Entertainment yang dibeli oleh Walt Disney Company pada 2001. Musim Power Rangers Jungle Fury dirilis pada 2008 dan Power Rangers R.P.M. pada 2009. Pengusaha Haim Saban yang merupakan pendiri Saban Entertainment kemudian membeli kembali waralaba dari Disney pada 2010.

Akhirnya, perusahaan mainan dan permainan papan, Hasbro, mendeklarasikan 28 Agustus dirayakan sebagai Power Rangers Day atau Hari Power Rangers Nasional.

 

Penulis: Resla

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya