Wangi dan Penuh Misteri, Simak Beberapa Mitos Bunga Kantil

Beberapa sumber menyebut, bunga kantil sangat erat kaitannya dengan dunia magis. Bunga ini juga dipercaya menjadi bunga favorit kuntilanak yang kerap mendiami pohon kantil.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 30 Agu 2024, 03:00 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 03:00 WIB
Ilustrasi kantil
Ilustrasi kantil. (Gambar oleh tayphuong388 dari Pixabay)

Liputan6.com, Yogyakarta - Bunga kantil atau yang juga dikenal dengan nama bunga cempaka putih merupakan bunga yang banyak tumbuh di wilayah Jawa Tengah. Selain wangi, konon bunga ini juga menyimpan sejumlah mitos yang masih dipercaya hingga kini.

Beberapa sumber menyebut, bunga kantil sangat erat kaitannya dengan dunia magis. Bunga ini juga dipercaya menjadi bunga favorit kuntilanak yang kerap mendiami pohon kantil.

Sosok Nyi Roro Kidul konon juga menyukai bunga berwarna putih ini. Selain dua hal tersebut, bunga kantil juga kental dengan berbagai mitos lain. Apa saja?

1. Penolak bala terhadap santet

Bunga kantil konon menjadi media yang ampuh sebagai penolak bala, khususnya terhadap santet. Bunga ini mampu menghalau energi negatif santet yang dikirimkan secara gaib untuk menyakiti atau mencelakakan korbannya.

Dukun atau orang-orang pintar biasanya memanfaatkan bunga kantil sebagai pelindung. Bagi orang yang percaya, hal ini memang dapat membuahkan hasil.

2. Media pemanggil mahkluk gaib

Konon, bunga kantil juga kerap digunakan sebagai media pemanggil makhlik gaib. Umumnya, hal itu terjadi di beberapa ritual gaib hingga kesenian daerah yang kental dengan aura magis.

Bunga kantil sering dijadikan sebagai salah satu sesajen yang dipakai untuk memanggil makhluk tak kasat mata. Aromanya yang wangi dan menyengat konon sangat disukai makhluk halus.

3. Penangkal sawan

Mitos lain bunga kantil dipercaya dapat digunakan sebagai penangkal sawan. Sawan merupakan fenomena aneh yang konon berkaitan dengan hal tak kasat mara.

Sawan biasanya terjadi pada bayi dan anak kecil yang ditandai dengan naiknya suhu tubuh hingga terus-terusan menangis. Untuk menghilangkan sawan biasanya masyarakat akan menggunakan bunga kantil sebagai penangkal.

 

Penulis: Resla

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya