Genjot Minat Baca, Anak-Anak di Daerah Perlu Diajarkan Membaca Nyaring

Membaca Nyaring (Read Aloud) bukan hanya sekadar kegiatan membaca, melainkan sebuah seni dalam menyampaikan cerita yang dapat memupuk kecintaan terhadap buku.

oleh Tim Regional diperbarui 29 Agu 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 16:00 WIB
Perpustakaan Mobil Keliling
Skor tersebut meningkat 7,4% dibandingkan setahun sebelumnya yang sebesar 59,52 poin.(merdeka.com/imam buhori)

 

Liputan6.com, Palangka Raya - Masih kurangnya minat baca masyarakat Indonesia perlu dicarikan solusi yang nyata. Solusi itu harus menyentuh akar permasalahan sehingga benar-benar didapat jalan keluar yang cepat dan tepat untuk segera meningkatkan minat baca, khususnya anak-anak. Salah satu cara untuk meningkatkan minat baca anak-anak adalah aktivitas membaca nyaring.

Membaca Nyaring (Read Aloud) bukan hanya sekadar kegiatan membaca, melainkan sebuah seni dalam menyampaikan cerita yang dapat memupuk kecintaan terhadap buku, khususnya anak-anak. Ini merupakan salah satu upaya strategis mengembangkan minat baca di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, Arthur Mukkun, saat membuka pelatihan Membaca Nyaring di Palangka Raya, Kamis (29/8/2024).

Pelatihan Membaca Nyaring melibatkan instruktur dari Komunitas Reading Bugs, Read Aloud, dan pustakawan dari Perpusnas yang diikuti oleh ratusan peserta orang tua, guru, dan pustakawan/pegiat literasi.

Di tahun 2024, Perpusnas menelurkan inovasi program Gerakan Indonesia Membaca yang memuat sejumlah program literasi melalui kegiatan Membaca Nyaring, Sepekan Satu Buku, Duta Baca Indonesia, Kepenulisan Daerah Berbasis Konten Lokal, dan Lomba Bertutur tingkat SD/MI.

"Gerakan Indonesia Membaca adalah gerakan nasional yang mendorong partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk turut berperan aktif dalam meningkatkan minat dan budaya membaca di masyarakat," ucap Pustakawan Utama Perpusnas, Nelwaty.

Pelatihan Membaca Nyaring memberikan keterampilan dan teknik membaca nyaring yang efektif yang dapat mempengaruhi cara pandang dan cara berinteraksi dengan buku.

"Semua peserta yang terlibat diberikan pembekalan pengetahuan bagaimana teknik Membaca Nyaring dilakukan ketika bersama anak-anak ataupun peserta didik," tambah pustakawan Dede Gumilar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Membaca Nyaring Bagi Anak-Anak Indonesia

Membaca Nyaring adalah langkah sederhana yang bermanfaat untuk menstimulasi otak anak, merangsang imajinasi, menambah kosa kata, serta melatih kemampuan mendengar dan membaca anak.

"Membaca dapat dikemas menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak," ungkap pegiat literasi dari Komunitas Read Aloud Kalteng, Sri Rahayu.

Kegiatan Membaca Nyaring menitikberatkan pada buku dan proses membaca itu sendiri. Metode membaca nyaring dimulai dengan pembaca menyebutkan judul buku, mengenalkan penulis, hingga ilustratornya, kemudian membacakan buku kepada anak-anak.

"Membaca Nyaring akan mengasah kemampuan anak dalam mendengar dan menyimak, mendorong berbicara, sehingga anak dapat membaca dan menulis," pungkas pegiat literasi dari Komunitas Reading Bugs Ihdinal Hikmatin Tajdidah

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya