Rempah 2024, Bersih-Bersih Sungai di Malang

Acara ini digelar ini sebagai upaya nyata menjaga lingkungan hidup dan merawat sungai di Kota Malang.

oleh Tim Regional diperbarui 02 Sep 2024, 23:40 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 20:29 WIB
Bersih-bersih sungai di Malang. (Liputan6.com/ ist)
Bersih-bersih sungai di Malang. (Liputan6.com/ ist)

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswa Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya ersama sejumlah lembaga lainnya melakukan aksi bersih-bersih sungai dan penanaman pohon di Kelurahan Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Kegiatan pada Minggu (1/9/2024) pagi itu menggandeng komunitas Lions Club Malang Indah, relawan Himpunan Mahasiswa Pengairan, relawan anggota Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Malang.

Acara bertajuk Bersih-bersih Sungai yang berkolaborasi dengan Rempah dan menggandeng Lions Club Malang Indah ini diadakan sebagai upaya nyata menjaga lingkungan hidup dan merawat sungai di Kota Malang.

Acara dimulai sejak pukul 06.00 WIB, ketika matahari baru saja muncul dari ufuk timur, menghangatkan suasana pagi yang sejuk.

Kepala Dinas PUPR Kota Malang, Dandung Julhardjanto mengatakan kegiatan resik-resik sampah ini bukan sekedar sebuah aksi tapi juga merupakan bentuk kepedulian semua terhadap lingkungan.

"Seperti yang kita ketahui masalah sampah adalah salah satu tantangan besar yang di hadapi kota kota besar termasuk Kota Malang," jelasnya.

Setelah serangkaian sambutan, dilaksanakan penyerahan vendel sebagai simbolis kolaborasi kegiatan Rempah 2024 antara UB dan Lions Club Malang Indah.

Kegiatan ini dibagi menjadi beberapa bagian, di mana mereka bekerja sama untuk membersihkan sampah di sepanjang aliran sungai.

Di Sungai Irigasi Jalan Tunggulwulung, suasana kebersamaan semakin terasa. Para peserta tampak bersemangat membersihkan sampah plastik, dedaunan dan kotoran lainnya dari sungai.

Tidak hanya itu, sedimen yang sudah sangat tebal dan mengeras juga ikut dibersihkan memakai alat berat ekskavator.

Partisipasi aktif warga setempat menambah semangat para volunteer, menunjukkan bahwa kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan telah menunjukkan semangat gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Dengan acara ini, Departeman Teknik Pengairan, Fakultas Teknik UB dan Lions Club Malang Indah berharap dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sungai sebagai bagian penting dari ekosistem.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya