Calon Gubernur Lampung Ini Beberkan 2 Solusi Perbaikan Jalan Rusak

Calon Gubernur Lampung, Rahmat Mirzani Djausal (RMD) membeberkan dua solusi soal pemecahana masalah jalan rusak di berbagai daerah di provinsi setempat jika terpilih dalam Pilkada 2024.

oleh Ardi Munthe diperbarui 05 Sep 2024, 22:00 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 22:00 WIB
Calon gubernur dan wakil gubernur Lampung, Rahmat Mirzani Djausal -Jihan Nurlela menggelar media gethring di Bandar Lampung.  Foto :(Liputan6.com/Ardi).
Calon gubernur dan wakil gubernur Lampung, Rahmat Mirzani Djausal -Jihan Nurlela menggelar media gethring di Bandar Lampung. Foto :(Liputan6.com/Ardi).

Liputan6.com, Lampung - Calon Gubernur Lampung, Rahmat Mirzani Djausal (RMD) membeberkan dua solusi soal pemecahan masalah jalan rusak di berbagai daerah di provinsi setempat jika terpilih dalam Pilkada 2024. Mirza mengatakan, perbaikan pertama menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Kedua, memperoleh bantuan dari pemerintah pusat. Meski demikian, menggantungkan APBD saja dirasa sulit dilakukan karena keterbatasan anggaran yang ada. 

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Lampung dalam satu dekade terakhir mengalami defisit anggaran yang signifikan. Sehingga memperbaiki jalan dengan dana APBD menjadi tantangan besar. "Provinsi Lampung menghadapi banyak jalan rusak yang membutuhkan perbaikan. Namun, mengandalkan APBD yang terbatas membuat tugas ini sangat sulit. Pemerintah Provinsi Lampung telah lama berjuang dengan defisit anggaran dan utang, jadi sulit untuk memperbaiki semua jalan hanya dengan anggaran daerah," kata Mirza di Bandar Lampung, Selasa (3/9/2024).

Dia menerangkan, meski Provinsi Banten dan Sumatera Selatan memiliki jumlah jalan yang hampir sama dengan Lampung, keduanya memiliki anggaran APBD yang lebih besar dalam perbaikan infrastruktur. "Di Banten dan Sumsel, dengan anggaran yang lebih besar, mereka dapat melakukan perbaikan jalan yang lebih efektif. Sementara itu, Lampung dengan anggaran terbatas menghadapi kesulitan dalam menangani jumlah jalan yang sama," jelas dia.

Pemerintah Provinsi Lampung, kata dia, telah mencoba berbagai metode perbaikan, termasuk pinjaman yang hanya menambah masalah tanpa memberi solusi jalan rusak. "Masyarakat hanya melihat jalan rusak tanpa memahami bahwa perbaikan memerlukan anggaran yang memadai. Itulah sebabnya kami sangat berharap adanya bantuan dari pemerintah pusat," tuturnya. 

Mirza juga menyoroti bahwa Presiden Joko Widodo telah menunjukkan dukungan melalui bantuan untuk perbaikan jalan rusak di Lampung. Dia menyebut, untuk memperbaiki kondisi jalan secara menyeluruh, Lampung perlu meningkatkan APBD melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun hal ini memerlukan waktu yang lama. "Lampung membutuhkan bantuan anggaran pusat. Alhamdulillah pak Prabowo yang mendorong pencalonan saya sebagai gubernur, saat ini telah menjadi Presiden terpilih. Dengan harapan masyarakat Lampung yang hampir 70 persen mendukung Prabowo, saya percaya ini bisa menjadi dorongan bagi presiden untuk memberikan bantuan lebih besar kepada Lampung," ungkapnya.

Perolehan suara Prabowo di Lampung yang signifikan merupakan alasan penting baginya untuk maju dalam Pilgub Lampung. Dengan harapan dapat meningkatkan dukungan dan bantuan dari pemerintah pusat untuk masyarakat Lampung. "Jika saya terpilih sebagai gubernur, saya akan berupaya menciptakan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah untuk memperbaiki infrastruktur,” janji Mirza.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya