Intip Keindahan Pulau Alor, Destinasi Wisata Alam Indah di Nusa Tenggara Timur

Pulau Alor merupakan salah satu wisata alam cantik yang ada di Nusa Tenggara Timur. Berikut ini beberapa daya tarik dari keindahan Pulau Alor.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 06 Sep 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 06:00 WIB
[Bintang] Pulau Alor
Pulau Alor. foto: merahputih.com

Liputan6.com, Bandung - Menikmati wisata alam menjadi salah satu destinasi yang selalu ramai dipilih ketika berlibur. Seperti baru-baru ini artis Prilly Latuconsina membagikan momen berliburnya dengan menikmati alam di Pulau Alor.

Sang artis diketahui menikmati aktivitas diving di sekitar pulau tersebut dan mengakui keindahan alamnya. Prilly juga memuji bagaimana keindahan alam bawah laut yang ada di pulau tersebut ketika melakukan aktivitas diving.

Sunset dive di Alor! Mengawali Septemberku dengan diving di tempat yang sudah aku impikan sejak lama. Alor karangnya warna-warni, indaaahh bangeett!,” tulisnya (@prillylatuconsina96).

Perempuan berusia 27 tahun itu juga menceritakan bagaimana pengalamannya melihat ikan hingga bertemu ular laut. Sebagai informasi Pulau Alor memang dikenal sebagai destinasi wisata alam yang memesona.

Pulau ini menjadi surganya wisata yang menyimpan keindahan alam di Nusa Tenggara Timur. Bahkan, pulau yang berada di ujung timur NTT ini juga memiliki julukan tersendiri yaitu “Surga di Timur Matahari”.

Melansir dari beberapa sumber, Pulau Alor terkenal tidak hanya dengan alamnya tetapi juga memiliki budaya dan historis yang sangat mendalam. Secara geografis pulau ini memiliki luas wilayah 2.119 km dan titik tertinggi 1.939 m.

Pulau Alor berbatasan dengan Laut Banda dan Laut Flores di sebelah utara, Selat Ombai di sebelah selatan, dan Selat pantar di sebelah barat. Pulaunya juga berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Wisata di Pulau Alor tentu terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan belum banyak dikunjungi banyak orang. Wisata baharinya juga menyimpan banyak sekali keindahan bagaikan surga tersembunyi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daya Tarik Pulau Alor

Raja Ampat Papua, Alor NTT, Pulau Komodo NTT, Lembongan Bali, dan Lembeh Sulawesi Utara, ternyata memang sudah menjadi langganan tampil di top 5 destinasi selam terbaik di Asia Pasifik, dan dunia.
Raja Ampat Papua, Alor NTT, Pulau Komodo NTT, Lembongan Bali, dan Lembeh Sulawesi Utara, ternyata memang sudah menjadi langganan tampil di top 5 destinasi selam terbaik di Asia Pasifik, dan dunia.

Pulau Alor menyimpan banyak sekali daya tarik menarik yang bisa dinikmati oleh para wisatawan seperti berikut ini:

1. Keindahan pantainya

Tidak perlu diragukan lagi Pulau Alor menyimpan keindahan pantai yang mempesona. Pulaunya memiliki luas wilayah perairan lebih luas daripada daratan dan membuat pulau ini memiliki banyak jenis pantai cantik.

Diketahui ada setidaknya sekitar 14 pantai cantik yang bisa ditemui di pulau ini di antaranya Pantai Maimol, Pantai Mali, Pantai Sebanjar, Pantai Adagae, dan masih banyak lagi. Keindahan pantainya menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan untuk dikunjungi.

2. Museum bersejarah

Pulau Alor juga menyimpan banyak sejarah dan kebudayaan yang kaya seperti salah satunya terdapat Museum 1000 Moko. Museum ini menyimpan berbagai benda-benda bersejarah mulai dari pakaian adat, moko, nekara, dan lain-lain.

Selain itu nama museumnya dipilih karena jumlah moko di Pulau Alor yang cukup banyak. Moko juga diketahui tidak hanya sebagai alat musik tetapi juga mahar bagi setiap pria yang ingin meminang gadis pilihannya.


Selanjutnya

Dugong NTT
Dugong menjadi daya tarik utama wisatawan kala berlibur di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. (Dok. Instagram/andrikilua)

3. Terdapat hewan dugong

Tidak hanya dikenal dengan keindahan alam dan lautnya, pulau ini juga memiliki daya tarik dari hewan lautnya. Diketahui ada hewan dugong atau Dugong Dugon yang termasuk sebagai hewan endemik dan dilindungi.

Pengunjung yang beruntung bahkan bisa melihat hewan tersebut namun harus di bawah pengawasan dan pemantauan pihak yang berwenang. Kecantikan hewan ini juga sering ditampilkan dalam Festival Panggil Dugong yang diselenggarakan oleh pemerintah di Pantai Mali.

4. Kampung adat yang kental

Ketika mengunjungi Pulau Alor wajib untuk mendatangi sebuah desa di Alor yang masih memiliki kampung adat tradisional dan penuh budaya. Kampung adat tersebut dikenal dengan nama Takpala.

Para pengunjung bisa melihat bagaimana pakaian adat hingga tarian tradisional di kampung tersebut terutama ketika menyambut tamu atau gelaran acara-acara khusus. Selain itu, rumah di kampung tersebut juga masih tradisional dan unik.


Berikutnya

Pemandangan Gunung Sirung di Alor, NTT
Pemandangan Gunung Sirung di Alor, NTT. (Dok: Instagram @adegerimu https://www.instagram.com/p/BHcZ2YkAWuB/?igsh=MXAxbGhxdjJpdXFhYg==)

5. Memiliki puluhan bahasa daerah

Pulau Alor menjadi salah satu daerah yang ternyata memiliki puluhan bahasa daerah kurang lebih sekitar 32 bahasa yang bisa ditemukan. Diketahui, setiap desa atau sukunya memiliki bahasa yang berbeda.

Meskipun begitu para masyarakat setempat tetap menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuannya. Terutama ketika ingin menggunakannya untuk berinteraksi dengan orang yang berbeda.

6. Sajian kuliner nikmat

Pulau Alor juga memiliki sajian kuliner nikmat dan khas yaitu kue rambut dan jagung titi. Makanan tersebut dikenal sebagai camilan manis dengan tekstur bergelombang yang berasal dari adonan tepung beras dan gula aren.

Sementara, jagung titi merupakan kuliner nikmat dan unik karena terbuat dari jagung sangrai yang digeprek menggunakan batu bulat sebesar kepalan tangan. Ketika mengunjungi Pulau ini wajib untuk mencicipi kuliner tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya