Mengenal Warung Tahu Kupat Pak Wardi, Kuliner Populer di Solo

Warung Tahu Kupat Pak Wardi menjadi salah satu destinasi kuliner yang cukup populer di Solo. Berikut ini daya tarik hingga rute menuju tempat makan ini.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 16 Okt 2024, 03:00 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2024, 03:00 WIB
kupat tahu
Ilustrasi kupat tahu./Copyright shutterstock.com/g/oduaimages

Liputan6.com, Bandung - Indonesia menjadi salah satu negara yang terkenal dengan kekayaan dan keragamannya termasuk kulinernya. Sebab kuliner di Indonesia memiliki berbagai jenis hidangan dari berbagai daerah.

Salah satu hidangan yang cukup unik dan populer adalah sajian makanan kupat tahu yang biasanya terdiri dari potongan lontong atau ketupat yang dipadukan dengan tahu goreng, tauge, dan dilengkapi dengan bumbu kacang yang gurih.

kupat tahu dikenal nikmat disantap baik sebagai menu sarapan pagi atau sebagai hidangan makan malam. Kemudian juga memiliki cita rasa yang dikenal sederhana namun lezat memanjakan lidah.

Makanan ini juga mempunyai beberapa variasi yang unik dan berbeda di berbagai daerahnya seperti di Magelang, Bandung, dan bahkan di beberapa wilayah Jawa Tengah. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam menyajikan hidangan ini.

Kupat tahu di sejumlah daerah umumnya memiliki bumbu kacang yang menjadi kunci utama kelezatan kupat tahu. Ada juga daerah yang menyajikan kupat tahu dengan kuah santan atau sayur yang gurih.

Selain itu di beberapa daerah, kupat tahu yang menggunakan bumbu kacang sering kali dicampur dengan kecap manis untuk memberikan rasa yang lebih kompleks. Perpaduan rasanya membuat hidangan ini tidak hanya enak tetapi juga mengenyangkan.

Adapun untuk masyarakat yang tinggal atau sedang berada di Solo wajib mencicipi kuliner kupat tahu legendaris di kota tersebut yang juga disebut dengan hidangan tahu kupat. Kulinernya dikenal dengan nama Warung Tahu Kupat Pak Wardi.

Mengenal Warung Tahu Kupat Pak Wardi

Kuliner Jalur Selatan
Kupat Tahu, kuliner khas Purwokerto, Jawa Tengah. (dok. Instagram @hannatiaa/https://www.instagram.com/p/BlzmYUoHBCG/)

Warung Tahu Kupat Pak Wardi dikenal sebagai kuliner populer di Solo karena menyajikan menu tahu kupat yang nikmat dan melimpah. Selain itu, rumah makan ini juga telah berdiri selama bertahun-tahun sehingga mempunyai pelanggan tetap yang setia.

Menu makanannya juga identik dengan sajian kuah kecap manis yang kaya akan rempah dan rasa manis hingga gurih yang nikmat. Popularitas warung makan ini juga terbukti dengan banyaknya warganet yang tertarik untuk mengunjungi tempat makan tersebut.

Diketahui setiap harinya tempat makan ini juga bisa menyajikan ribuan porsi tahu kupat untuk pembeli setia atau pembeli yang penasaran dengan sajian makanannya. Tempat makannya juga selalu ramai dikunjungi pembeli mulai pagi hingga malam.

Selain itu, tempat makan ini juga menyediakan menu makanan lain salah satunya sajian gorengan yang nikmat disantap ketika hangat. Menu makanan ini juga identik dengan kacang tanah yang masih utuh dan memberikan sensasi renyah yang nikmat.

Daya Tarik Warung Tahu Kupat Pak Wardi

[Bintang] Kupat Tahu, Menu Buka Puasa yang Beda Sebelum Idul Fitri 2016
Idul Fitri 2016 semakin dekat. Yuk jadikan Kupat Tahu sebagai menu buka puasa yang berbeda selama Ramadan!| Via: goborobudur.com

Melansir dari beberapa sumber kuliner ini terkenal karena populer di antara masyarakat dan viral di media sosial. Pasalnya, menu makanan di tempat ini disebut-sebut dapat menggugah selera dan memiliki rasa yang khas.

Selain itu, tempat makan ini juga konon telah melayani pelanggan cukup lama selama bertahun-tahun. Hal tersebut terbukti karena sejak waktu pagi tempat makan ini selalu ramai pengunjung dan banyak pembeli yang rela mengantre.

Kemudian menu makanan di Warung Tahu Kupat Pak Wardi juga dikenal terjangkau dengan porsi yang mengenyangkan. Diketahui satu porsi tahu kupat ditempat ini dibanderol dengan harga sekitar Rp10 ribu saja.

Melalui harga tersebut pengunjung tentunya bisa menyantap sejumlah sajian mulai dari tahu, kupat, bakwan, bakmi, kol, kacang, dan lain-lain. Adapun sausnya juga terkenal nikmat karena menggunakan saus yang kental dan gurih.

Lokasi dan Rute ke Warung Tahu Kupat Pak Wardi

Tahu Kupat Makanan Manis Gurih Hidangan Para Raja
Tahu Kupat Makanan Manis Gurih Hidangan Para Raja (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Warung Tahu Kupat Pak Wardi berlokasi di Danukusuman, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Tempat makan ini mempunyai jam buka setiap hari pada pukul 07.00 hingga 14.00 WIB.

Kawasannya juga berada di pusat kota karena tidak jauh dari lokasi Alun-Alun Kidul Surakarta karena berjarak sekitar 800 meter atau 4 menit menggunakan kendaraan. Pengunjung juga bisa berjalan kaki 550 meter atau 8 menit berjalan.

Tempat ini juga bisa ditemukan dengan mudah karena tidak jauh dari lokasi Masjid Cokro Soekarno sebab hanya berjarak sekitar 29 meter atau 1 menit berjalan kaki. Warung Tahu Kupat Pak Wardi juga dekat dengan sejumlah penginapan di Surakarta.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya