Data Makro RI yang Membaik Tak Mampu Dorong Penguatan IHSG

Analis PT MNC Securities, Reza Nugraha memprediksi, IHSG bergerak pada level support 5.210. Lalu resistance pada level 5.300.

oleh Achmad Dwi Afriyadi diperbarui 03 Feb 2015, 06:20 WIB
Diterbitkan 03 Feb 2015, 06:20 WIB
Aksi Beli Investor Asing Bikin IHSG di Zona Hijau pada Awal Sesi
Mengikuti bursa global dan regional, Indeks Harga Saham Gabungan turun tipis 8,3 poin ke level 4.983 pada pra pembukaan perdagangan saham.

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melanjutkan pelemahan pada perdagangan saham Selasa pekan ini, meskipun data ekonomi yang dilansir oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan angka positif.

Analis PT MNC Securities, Reza Nugraha mengatakan, data makro ekonomi yang positif ternyata belum bisa menjadi pendorong laju indeks saham. Sebagaimana diketahui, BPS mencatat deflasi sebesar 0,24 persen pada Januari 2015.

"Kami memang melihat saat ini seperti diperkirakan data-data bagus. Inflasi, surplus perdagangan, tapi belum menggerakkan indeks," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Selasa (3/2/2015).

Dia mengatakan, saat ini gerak IHSG banyak dipengaruhi oleh sentimen regional yaitu kurang baiknya data ekonomi Amerika. Data-data ekonomi yang kurang baik tersebut membuat Wall Street melemah dan kemudian berimbas kepada indeks di negara lain termasuk Indonesia.

"Data-data ekonomi Amerika, bisa dibilang di luar ekspektasi, itu bikin kondisi bursa Amerika melemah," imbuhnya.

Selain itu,  kondisi bursa domestik juga dipengaruhi oleh kondisi politik yang terus memanas. Dimana, perseteruan antara KPK dan Polri menjadi perhatian para pemodal.

"Politik, masih belum membaik, saat ini polisi dan KPK memberikan efek tersendiri apabila terus-menerus," terang Reza.

Dia memprediksi, IHSG bergerak pada level support 5.210. Lalu resistance pada level 5.300.

Untuk akumulasi saham, MNC Securities menawarkan PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dan PT PP Tbk (PTPP) untuk dikoleksi pelaku pasar.

Pada penutupan kemarin, IHSG berada pada level 5.276,23 atau turun 13,16 poin (0,25 persen). (Amd/Gdn)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya