Harapan Duta Pertiwi Bidik Penjualan Rp 100 Miliar pada 2022

Hingga April 2022, PT Harapan Duta Pertiwi Tbk (HOPE) mencatat jumlah order yang masuk sekitar Rp 43,5 miliar.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 01 Jun 2022, 11:03 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2022, 11:03 WIB
20170210- IHSG Ditutup Stagnan- Bursa Efek Indonesia-Jakarta- Angga Yuniar
Pengunjung melintasi layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (10/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - PT Harapan Duta Pertiwi Tbk (HOPE) membidik penjualan Rp 100 miliar sepanjang 2022. Target tersebut merujuk pada sejumlah faktor, salah satunya pertumbuhan ekonomi nasional yang membaik.

"Kami optimistis penjualan tahun 2022 akan lebih baik dibandingkan setahun sebelumnya. Perkiraan kami, marketing sales sekitar Rp 100 miliar,” Direktur Utama PT Harapan Duta Pertiwi Tbk, Kevin Jong dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (1/6/2022).

Hingga April 2022, Harapan Duta Pertiwimencatat jumlah order yang masuk sekitar Rp 43,5 miliar. Bahkan, sepanjang kuartal I 2022 perseroan melakukan turnover dari rugi menjadi untung, dibandingkan dengan periode sama setahun sebelumnya.

"Target kami, kinerja perseroan pada 2022 akan jauh lebih baik dengan harapan meraih laba,” tegas Kevin.

Salah faktor yang ikut menopang optimisme perseroan tahun ini adalah penanganan pandemi Covid-19 oleh pemerintah yang terus membaik. Tercermin dari pertumbuhan ekonomi nasional yang terus membaik.

Pada kuartal I-2022 pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai sebesar 5,01 persen. Di saat bersamaan, harga batu bara tercatat melejit, di mana pada 2021 sekitar USD 250-an per ton, kini menjadi berkisar USD 300-450 per ton. Lalu, harga nikel yang penghujung 2021 tercatat di bursa logam London (LME) sebesar USD 20.045 per ton, kini mengutip data Barchart, untuk kontrak Mei 2022 USD 26.449 per ton.

Meski begitu, Kevin mengatakan perseroan juga menghadapi tantangan supply chain truck. Namun, perusahaan telah menyiapkan sejumlah strategi untuk meningkatkan pendapatan pada 2022.

Strategi tersebut, salah satunya dengan menjaga mutu produk sehingga mendapat repeat order dari customer. Lalu, menjaga ketepatan spesifikasi dan waktu delivery, karena pada masa ini ketersediaan barang memiliki nilai yang tinggi. “Kami juga mengoptimalkan pelayanan purna jual yang baik,” imbuh Kevin.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Target 2021

Ilustrasi Laporan Keuangan
Ilustrasi Laporan Keuangan.Unsplash/Isaac Smith

Sebelumnya, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Harapan Duta Pertiwi Tbk (HOPE) menyetujui penambahan anggota direksi dengan diangkatnya Adrianus Eka Putra.

Dengan penambahan dewan direksi ini, Perseroan optimistis penjualan 2021 dapat tumbuh berkisar 15 persen hingga 20 persen.

"Kami optimistis pertumbuhan bisa berkisar 15-20 persen pada tahun ini dibandingkan 2020 karena pengalaman direktur baru cukup mumpuni," ujar Kevin Jong, direktur utama PT Harapan Duta Pertiwi Tbk dalam keterangan keterangan yang diterima Liputan6.com, Kamis (2/9/2021).

Dia menambahkan, permintaan karoseri kendaraan mulai menggeliat setelah tahun lalu terpukul pandemi COVID-19. Permintaan mencuat dari sektor logistik dan pertambangan.

"Permintaan dari sektor pertambangan datang seiring dengan naiknya harga batu bara di pasar dunia," kata Kevin.

 


Permintaan dari Sektor Swasta dan Pemerintah

(Foto: Ilustrasi laporan keuangan. Dok Unsplash/Carlos Muza)
(Foto: Ilustrasi laporan keuangan. Dok Unsplash/Carlos Muza)

Sementara itu, Adrianus yang baru didapuk sebagai Direktur Perseroan mengatakan, berdasarkan pengalaman, industri karoseri masih potensial. Permintaan datang dari kalangan swasta maupun instansi pemerintah.

"Permintaan dari sektor pemerintahan dan swasta komposisinya berimbang," ungkap Adrianus.

Dia menilai, optimisme terhadap industri karoseri ini sejalan dengan penanganan pandemi Covid-19 oleh pemerintah, termasuk program vaksinasi. Keberhasilan penanganan masalah kesehatan akan berimbas kepada pemulihan ekonomi, termasuk sektor industri karoseri.

"Saat ini, masalah kita adalah soal kesehatan, yakni pandemi Covid-19. Jika PPKM sudah selesai, permintaan karoseri kendaraan akan kian meningkat," tutur Adrianus.

Berdiri sejak 2005, Perseroan bergerak di bidang karoseri pada kendaraan truk atau kendaraan komersial di Indonesia. Saat ini, berbagai macam lini produk karoseri HDP mencakup dump truck, tangki air, tangki crude palm oil (CPO) dan bahan bakar minyak (BBM).

Lalu, tangki hi-blow, cement mixer, wing box, dan box besi untuk transporter logistik. Selain itu, trailer untuk mengangkut kontainer, self-loader untuk mengangkut alat berat dan berbagai produk high engineering lainnya.


Susunan Komisaris dan Direksi PT Harapan Duta Pertiwi Tbk

Dewan Komisaris:

Komisaris Utama: Lo Khie Pong

Komisaris Independen: Sihol Siagian

Dewan Direksi:

Direktur Utama : Kevin Jong

Direktur: Rusli Djuhana

Direktur: Nathan Octavian Wangsadirja

Direktur: Adrianus Eka Putra

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya