Jurus Bukalapak Dukung Pertumbuhan Ekonomi Syariah Indonesia Melalui ISEF 2022

Bukalapak berkesempatan untuk memperkenalkan berbagai produk dan fitur Syariah di ekosistem Bukalapak melalui pameran dan kegiatan diskusi.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 07 Okt 2022, 11:42 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2022, 11:42 WIB
Dalam rangkaian kegiatan ISEF ini, Bukalapak juga melangsungkan kegiatan diskusi bertajuk  "Investasi Syariah Aman dan Berkah” (Foto: Bukalapak)
Dalam rangkaian kegiatan ISEF ini, Bukalapak juga melangsungkan kegiatan diskusi bertajuk  "Investasi Syariah Aman dan Berkah” (Foto: Bukalapak)

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak berpartisipasi dalam Indonesia Syariah Economic Festival (ISEF) 2022 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-9 Oktober 2022.

Berkat komitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, termasuk ekonomi syariah, di acara ini Bukalapak berkesempatan untuk memperkenalkan berbagai produk dan fitur Syariah di ekosistem Bukalapak melalui pameran dan kegiatan diskusi.

ISEF merupakan acara tahunan Syariah terbesar di Indonesia, inisiasi dari Bank Indonesia, yang menjadi wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah. Demikian mengutip keterangan resmi perseroan, Jumat (7/10/2022).

ISEF yang merupakan salah satu side event dari Presidensi G20 Indonesia mengangkat tema Recover Together Recover Stronger: Optimizing Sharia Economy and Finance for Inclusive Recovery, yang melibatkan praktisi dari sektor ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Sebagai E-Commerce kolaborator, Bukalapak menampilkan produk-produk investasi berbasis Syariah serta fitur-fitur yang dirancang untuk membantu umat Muslim menunaikan kewajiban dengan mudah berkat kapabilitas teknologi.

Melalui BukaReksa Syariah dan BukaEmas, Bukalapak memberikan akses ke produk investasi berbasis syariat Islam secara mudah, transparan dan proses yang aman. Bukalapak juga memberikan informasi mengenai fitur BukaZakat dan BukaDonasi. Fitur BukaZakat dapat digunakan oleh umat Muslim untuk menjalankan kewajiban membayar Zakat.

Sedangkan BukaDonasi merupakan fitur khusus untuk mengumpulkan donasi dari para pengguna untuk berbagai tujuan. Di kedua fitur ini, Bukalapak bermitra dengan para lembaga penyalur zakat serta dana yang terpercaya di Indonesia.

Dalam rangkaian kegiatan ISEF ini, Bukalapak juga melangsungkan kegiatan diskusi bertajuk  "Investasi Syariah Aman dan Berkah” yang menghadirkan Bazari Azhar Azizi, Analis Kebijakan Pasar Modal Syariah Direktorat Jasa Keuangan Syariah, serta Dhinda Arisyiya, COO Investment Solution & Buka Investasi Bersama sebagai pembicara.

Topik yang diangkat adalah peluang dan potensi investasi Syariah di Indonesia serta berbagai produk investasi syariah di Bukalapak. Kegiatan ini melibatkan juga mitra NGO, akademisi, mahasiswa, juga masyarakat umum sebagai peserta.

 

 


Bukalapak Andil Kurangi Sampah Makanan Lewat Program More Sustainability Actions, Less Waste

Bukalapak meresmikan partisipasinya di dalam program More Sustainability Actions, Less Waste melalui penyerahan secara simbolis produk makanan Mitra Bukalapak (Foto: Bukalapak)
Bukalapak meresmikan partisipasinya di dalam program More Sustainability Actions, Less Waste melalui penyerahan secara simbolis produk makanan Mitra Bukalapak (Foto: Bukalapak)

Sebelumnya, PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) berpartisipasi dalam program More Sustainability Actions, Less Waste yang dijalankan oleh Bank DBS Indonesia bersama dengan Bananas, Blibli, FOI, Kebun Kumara, Surplus Indonesia, dan Waste4Change.

Program ini merupakan bagian dari gerakan #MakanTanpaSisa yang telah dijalankan oleh Bank DBS Indonesia sejak 2020, bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengurangi limbah makanan di Indonesia.

Sebagai pembuka kolaborasi ini, Bukalapak menyumbangkan lebih dari 1 ton produk makanan berupa makanan dan minuman instan yang akan disalurkan oleh Yayasan Surplus Peduli Pangan, yayasan yang diinisiasi oleh PT Ekonomi Sirkular Indonesia (Surplus Indonesia).

 


Partisipasi Bukalapak

Selain mendonasikan stok makanan berlebih dari gudang Mitra Bukalapak, Bukalapak menunjukan dukungan terhadap gerakan mengurangi sampah makanan melalui kolaborasi dengan beberapa merchant F&B di BukaMall (Foto: Bukalapak)
Selain mendonasikan stok makanan berlebih dari gudang Mitra Bukalapak, Bukalapak menunjukan dukungan terhadap gerakan mengurangi sampah makanan melalui kolaborasi dengan beberapa merchant F&B di BukaMall (Foto: Bukalapak)

"Bentuk partisipasi Bukalapak di dalam program ini adalah secara berkala mendonasikan sejumlah produk makanan berlebih dari gudang Mitra Bukalapak ke Yayasan Surplus Peduli Pangan," ujar VP of Mitra FMCG & Fresh Bukalapak Caesario Parlindungan dalam keterangan resmi, Kamis (29/9/2022).

Pada kolaborasi ini, Bukalapak menyumbangkan 1 ton produk makanan dalam kemasan atau setara pencegahan 1,43 ton CO2e total emisi yang berpotensi dihasilkan jika total produk tersebut berakhir menjadi sampah makanan. Jenis produk yang didonasikan adalah minuman berbasis susu, mie instan, dan beberapa jenis makanan ringan.

“Produk-produk itu akan disalurkan oleh Yayasan Surplus Peduli Pangan kepada lebih dari 250 penerima di beberapa lokasi sekitar Jakarta. Produk makanan yang sudah tidak layak konsumsi juga akan diolah menjadi elemen yang berguna untuk pelestarian lingkungan," tutur Caesario.


Partisipasi di Program More Sustainability Actions, Less Waste

Kolaborasi Bukalapak dan Bank DBS Indonesia Dukung Gerakan Mengurangi Sampah Makanan
Pekerja dengan alat hand stacker mengambil produk makanan dan minuman instan yang akan disalurkan kepada 250 anak-anak jalanan di Ibu Kota di sela acara donasi Bank DBS Indonesia pada program “More Sustainability Actions, Less Waste“ di Bukalapak Fulfillment Centre, Tangerang (29/9/2022) (Liputan6.com)

Bersamaan dengan International Day of Awareness of Food Loss and Waste yang diperingati setiap 29 September, hari ini Bukalapak meresmikan partisipasinya di dalam program More Sustainability Actions, Less Waste .

Hal ini melalui penyerahan secara simbolis produk makanan Mitra Bukalapak yang diwakili oleh VP of Mitra FMCG & Fresh Bukalapak Caesario Parlindungan ke Bank DBS Indonesia yang diwakili oleh Mona Monika, Head of Group Strategic Marketing & Communications Bank DBS Indonesia dan Surplus Indonesia yang diwakili oleh Alya Fatina Diandari,  Executive Director Yayasan Surplus Peduli Pangan.

“Melalui partisipasi kami di program More Sustainability Actions, Less Waste ini, semoga kami dapat memperluas dampak berkelanjutan tersebut ke ranah lingkungan hidup serta pihak-pihak luar ekosistem Bukalapak dan Mitra Bukalapak. Dengan begitu kami dapat berkontribusi terhadap terbentuknya masa depan yang lebih baik bagi para generasi penerus bangsa”, ujar Caesario. 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya