Jakarta International Guitar Festival 2014 Panaskan Pecinta Gitar

Jakarta International Guitar Festival 2014 berisi kompetisi, konser, masterclass, hingga seminar dan workshop yang berkaitan dengan gitar.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 13 Nov 2014, 13:00 WIB
Diterbitkan 13 Nov 2014, 13:00 WIB
Jakarta International Guitar Festival 2014 Panaskan Pecinta Gitar
Jakarta International Guitar Festival 2014 berisi kompetisi, konser, masterclass, hingga seminar dan workshop yang berkaitan dengan gitar.

Liputan6.com, Jakarta Para penggemar gitar di Indonesia pekan ini dimanjakan untuk pertama kalinya dalam sebuah acara Jakarta International Guitar Festival (JIGF) 2014. Ajang tersebut merupakan gabungan dari kompetisi, konser, masterclass, serta seminar dan workshop yang berkaitan dengan gitar klasik.

Terselenggara berkat kerjasama antara DK Harmoni dengan Groovy Event Organizer, Jakarta International Guitar Festival 2014 sedang diadakan sejak 12-16 November 2014 di Hotel Alila, Pecenongan, Jakarta Pusat.

Salah satu acara utama dalam festival kali ini adalah kompetisi gitar klasik yang berhadiah total sekitar Rp 200 juta. Setiap peserta akan ditantang untuk unjuk kemampuannya dalam memainkan alat musik gitar klasik.

Demi memeriahkan JIGF 2014, beberapa artis gitar klasik internasional akan hadir. Sebut saja Shinichi Fukuda (Jepang), Grigory Novikov (Rusia), Jeremy Jouve (Prancis), Nutavut Ratanakarn (Thailand), Tomonori Arai (Jepang), Triple Fret (Filipina), Slamet Abdul Sjukur, dan Jubing Kristianto (Indonesia).



Selain kompetisi, para penikmat musik klasik juga dapat hadir untuk menyaksikan konsernya sambil mengikuti masterclass serta seminar dan workshop yang ada di JIGF 2014. Khusus tiket 'all access', dijual dengan harga sekitar Rp 1 juta (early bird) dan peserta kompetisi gitar klasik mendapatkan diskon khusus.

Pada Rabu (12/11/2014) kemarin, babak kedua kompetisi telah berakhir yang dilanjutkan dengan workshop oleh Andrea Tacchi dan masterclass oleh Grigory Novikov serta Jeremy Jouve, hingga konser yang diisi oleh trio Triple Fret.

Pada hari ini (13/11/2014), rencananya bakal diadakan masterclass oleh Tomonori Arai dan Jeremy Jouve yang turut dihiasi oleh konser Jubing Kristianto, Nutavut Ratanakarn, dan Grigory Novikov.

Pada Jumat (14/11/2014), dua gitaris asal Negeri Sakura bakal meramaikan akhir pekan di JIGF 2014. Shinichi Fukuda meramaikan tiga sesi masterclass, sementara konsernya akan diisi oleh Tomonori Arai.



Kompetisi kembali dibuka pada hari Sabtu (15/11/2014) dengan diselenggarakannya babak semifinal di pagi hari dan pengumuman di sore hari. Sementara itu, workshop bakal dilaksanakan oleh dua musisi Jepang, Masaki Sakurai dan Yoshihiro Hayashi. Jeremy Jouve kebagian untuk mengisi sesi konser.

Di hari terakhir, Minggu (16/11/2014), Nutavut Ratanakarn menjadi pengisi masterclass yang dilanjutkan dengan acara Guitar Blind Test. Babak final diadakan pada sore hari yang dilanjutkan dengan konser Shinichi Fukuda hingga nama pemenang diumumkan dan acara pun ditutup.

Bagi yang menginginkan informasi lebih lanjut perihal Jakarta International Guitar Festival, dapat mengunjungi situs www.dkharmoni.com, atau mengirim pesan serta mention ke akun Twitter @GroovyEO. (Rul/Ade)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya