Viral, Foto Raffi Ahmad Kumpul-Kumpul Tanpa Masker Usai Terima Vaksin Covid-19

Foto Raffi Ahmad yang viral berasal dari unggahan Instagram Story selebgram Anya Geraldine yang kini telah dihapus.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 14 Jan 2021, 07:57 WIB
Diterbitkan 14 Jan 2021, 07:57 WIB
[Fimela] Raffi Ahmad
Foto Raffi Ahmad yang viral berasal dari unggahan Instagram Story selebgram Anya Geraldine yang kini telah dihapus. (Bambang E Ros/Fimela.com)

Liputan6.com, Jakarta Sepanjang Rabu (13/1/2021) kemarin, Raffi Ahmad menjadi perbincangan publik setelah menjadi salah satu penerima pertama vaksin Covid-19. Selepas tengah malam, ia menjadi sorotan karena sejumlah foto yang menampilkan dirinya viral. 

Foto tersebut berasal dari unggahan Instagram Story selebgram Anya Geraldine, yang kini telah dihapus. Namun sejumlah warganet telah mengabadikan unggahan ini, dan membagikan kembali di media sosial.

Salah satunya, unggahan pengguna Twitter @kopiganja yang lantas jadi viral

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Viral

Unggahan warganet tentang Raffi Ahmad jadi viral. (Twitter/ kopiganja)
Unggahan warganet tentang Raffi Ahmad jadi viral. (Twitter/ kopiganja)

Dalam foto tersebut terlihat Anya Geraldine, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Gading Marten, dan pembalap Sean Gelael sedang berpose di depan kamera.

Mereka berdiri dengan cukup rapat, tanpa menggunakan masker. Sekitar tujuh jam tayang, cuitan milik @kopiganja ini di-retweet lebih dari 2.300 kali.


Warganet Protes

Raffi Ahmad terima vaksin. (tangkapan layar YouTube/ Sekretariat Presiden)
Raffi Ahmad terima vaksin. (tangkapan layar YouTube/ Sekretariat Presiden)

Unggahan Raffi Ahmad ini langsung menuai protes banyak warganet. Mereka menyayangkan Raffi yang tak menjalani protokol kesehatan, setelah dipercaya pemerintah untuk membawa pengaruh baik dalam upaya melawan pandemi Covid-19. 

"Influencer kita pada gini banget kenapa sih :") mustinya dia tahu followersnya itu banyak, harusnya lebih hati hati kalo mau upload suatu konten, merasa bertanggung jawab. Apalagi dia dipilih jadi "perwakilan" anak muda yg nerima vaksin duluan," tutur @abcdefzaa.

"Pemerintah salah pilih influencer buat di vaksin. Niat pengen dapet simpatis rakyat agar mau di vaksin, malah edukasi tersurat yang ditunjukkan sang influencer kalo udah di vaksin auto kebal gitu? Hmmmm," ujar @ramsyaaa.


Ada yang Membela

[Fimela] Raffi Ahmad
Raffi Ahmad (Instagram/sekretariat.kabinet)

Namun tetap saja tindakan Raffi Ahmad ini masih ada yang membela. Alasannya, adalah Raffi Ahmad dan kawan-kawannya disebut sangat rajin melakukan swab test.

Namun argumen ini kembali disanggah warganet lain.

"Sama, orang kalo gak mau kena covid, patuhi 3M. Bukan swab test setiap saat kapanpun mereka mau. Swab test gak bikin penyebaran virus berhenti. Hadeu," cuit @nurulmuliaw.

Pemilik akun @Kirie_kun ikut berkomentar, "1. Karena dari presiden jokowi mewanti wanti kalo sudah vaksin 3m harus tetep jalan ga sih? 2. Dia publik figur tpi ga sosial distancing. Nanti yang ngefans dia ikut2an kayak gt tpi blm tentu bisa rajin swab seminggu sekali juga. 3. Artis kalo suting jaga jarak juga bisa loh."


Wakili Generasi Muda

Seperti diberitakan sebelumnya, Raffi Ahmad menjadi salah satu penerima vaksin Covid-19 pertama, bersama dengan Presiden Joko Widodo dan sejumlah tokoh publik lain. 

Menurut Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 dr. Reisa Brotoasmoro, vaksinasi yang dilakukan pada Raffi Ahmad diharapkan menjadi contoh baik bagi masyarakat terutama para pemuda agar tidak takut divaksinasi.

“Kebersediaan Raffi Ahmad menerima vaksin COVID-19 ini semoga turut memperlancar program vaksinasi nasional,” ujar Reisa dalam siaran langsung Sekretariat Presiden, Rabu (13/1/2021).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya