Komitmen Mikha Tambayong Olahraga di Tengah Pandemi: 4 Kali Seminggu, dari Pilates Sampai Yoga

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat Mikha Tambayong untuk berolahraga meski di rumah saja, seperti apa?

oleh Wayan Diananto diperbarui 03 Mei 2021, 08:06 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2021, 08:03 WIB
Mikha Tambayong. (Foto: Instagram @mikhatambayong)
Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat Mikha Tambayong untuk berolahraga meski di rumah saja, seperti apa? (Foto: Instagram @mikhatambayong)

Liputan6.com, Jakarta Riwayat punya penyakit autoimun membuat Mikha Tambayong amat peduli terhadap kesehatan. Bintang sinetron Nada Cinta dan Kepompong memperhatikan makanan apa saja yang hendak disantap.

“Makanya saya tidak terlalu banyak makan karbo, gluten free dan sebisa mungkin menghindari simple sugar,” beri tahu Mikha dalam wawancara virtual dengan Showbiz Liputan6.com, Minggu (2/5/2021).

Menjaga pola makan diimbangi dengan olahraga teratur. Bagi pelantun “Cinta Pertama,” olahraga bukan keharusan, tapi memang suka dan itu dilakukan tiga atau empat kali seminggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Boxing dan Pilates

Mikha Tambayong. (Foto: Instagram @mikhatambayong)
Mikha Tambayong. (Foto: Instagram @mikhatambayong)

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat Mikha Tambayong yang menyukai high intensity interval training untuk berolahraga. Ada tiga olahraga yang saat ini jadi favoritnya.

“Saya suka olahraga yang high intensity seperti boxing, kelas-kelas yang bikin capai. Pandemi saya enggak bisa ke mana-mana, saya home work out saja. Lalu pilates, yang cocok dengan kepribadianku, bikin capai walau latihan hanya sejam,” katanya.


Rasakan Dampak Baik

Mikha Tambayong. (Foto: Instagram @mikhatambayong)
Mikha Tambayong. (Foto: Instagram @mikhatambayong)

Jika sedang tak bergairah untuk boxing, nge-gym di rumah maupun pilates, Mikha Tambayong jogging di sekitar kompleks rumah. Statusnya sebagai Duta Yayasan Jantung Indonesia juga menambah motivasi untuk makin semangat hidup sehat.

“Saya merasakan dampak baiknya untuk tubuh, plus suka olahraga, jadi saya lakukan. Releasing endorfin, badan jadi lebih ringan, tidur jadi lebih pulas, kuncinya tidak memaksakan diri,” Mikha menyambung.


Olahraga Salah Satu Kunci

Mikha Tambayong. (Foto: Instagram @mikhatambayong)
Mikha Tambayong. (Foto: Instagram @mikhatambayong)

Mikha Tambayong menyampaikan ini dalam gelar wicara virtual Kopi Sehat bertema “Bye Bye Darah Tinggi, Hello Olahraga” yang disiarkan langsung oleh Vidio dan akun Instagram Liputan6.com. Head of Medical Management Good Doctor Indonesia, dr. Adhiatma Gunawan memberi ulasan.

Olahraga salah satu kunci mengendalikan hipertensi. “Kunci sukses pengobatan hipertensi lainnya, monitoring. Dengan teknologi, monitoring kini bisa dilakukan diri sendiri secara reguler. Hasilnya bisa direkam secara berkala, jadi data menarik untuk dianalisis oleh dokter,” Adhiatma mengingatkan.


Yoga di Rumah

Suasana konferensi pers Bye Bye Darah Tinggi, Hello Olahraga bersama Mikha Tambayong.
Suasana konferensi pers Bye Bye Darah Tinggi, Hello Olahraga bersama Mikha Tambayong.

Teknologi memungkinkan perekaman tekanan darah dan denyut jantung. Salah satunya dengan jam tangan pintar. Product Marketing Samsung Indonesia, Leo Hendarto, merekomendasikan Galaxy Watch 3 dan Watch Active 2 yang diluncurkan di Indonesia sejak 2020.

“Ada fitur cek tekanan darah dan EKG yang bisa perbarui sejak Februari 2021. Ini membantu orang untuk cek tekanan darah dan EKG, yang jadi penyebab utama serangan jantung atau strok. Dengan lebih cepat diketahui, maka kita bisa ambil tindakan lebih baik,” ujar Leo.

Mikha yang juga mengenakan jam tangan pintar saat olahraga mengingatkan pentingnya “mendengarkan” tubuh sendiri. “Kalau syuting lagi padat dan kuliah padat, saya tak memaksakan diri. Sata memilih olahraga intensitas ringan. Yoga di rumah misalnya,” ia mengakhiri.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya