Rieka Roslan Persembahkan 23 Tahun Perjalanan Karier dengan Rilis Ulang Khayalan

Rieka Roslan akan mendaur ulang beberapa single The Groove yang pernah hits.

oleh Aditia Saputra diperbarui 23 Nov 2021, 12:20 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2021, 12:20 WIB
Rieka Roslan
Rieka Roslan

Liputan6.com, Jakarta Berawal dari sebuah kisah yang terjadi 32 tahun yang lalu, Rieka Roslan, seorang siswi SMA Negeri 2 Bandung yang senang bersenandung dan merangkai nada dan lirik hanya untuk melepaskan keinginannya untuk menjadi penyanyi yang bisa menyanyikan lagu-lagu ciptaannya sendiri. Keinginan keras Rieka untuk menjadi penyanyi akhirnya membuahkan hasil di tahun 1999. Mimpinya untuk menjadi penyanyi yang menyanyikan lagu-lagu ciptaannya sendiri akhirnya terwujud.

Tahun 1999, Rieka Bersama Yuke, Ali, Reza, Tanto, Deta, Rejoz, Arie dan Ari Firman akhirnya membentuk sebuah band yang kemudian dikenal dengan nama The Groove. Bersama The Groove, Rieka berjuang memperkenalkan genre musik yang mereka sukai ke seluruh Indonesia. Perjalanan karir sebagai penyanyi dilalui Rieka dari café ke café dan dari satu panggung ke panggung lainnya. Di usianya yang sudah 51 tahun, Rieka ingin bertutur mengenai kisah suka dukanya sebagai penulis lagu.

Mengambil momentum 23 tahun perjalanan karir Rieka Roslan di industri musik Indonesia di tahun 2022 mendatang, Rieka Roslan mempersembahkan Khayalan, satu lagu yg dia tulis 32 tahun silam dan tersimpan di buku hariannya. Khayalan dipopulerkan oleh The Groove, lagu ini menjadi salah satu hits sepanjang masa di industri musik Indonesia dan masih sering kita dengar hingga saat ini. Sebagai bagian dari merayakan perjalanan karirnya, Rieka Roslan akan meluncurkan satu persatu single hits yang dia ciptakan dan seluruh hits ini akan dikompilasikan dalam vinyl (piringan hitam) album “Story of My Life: Rieka Roslan” yang akan dicetak sangat terbatas.

 

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Vinyl

Rieka Roslan (https://www.instagram.com/p/CJoNty9s12Y/)
Rieka Roslan (https://www.instagram.com/p/CJoNty9s12Y/)

Proses pembuatan vinyl Rieka Roslan ini dibantu oleh Subo Family (Aria Anggadwipa, Intan Anggita Pratiwie dan Arif Liberto Jacob). Khayalan dipilih sebagai lagu hits pertama yang diluncurkan agar masyarakat bisa lebih mengenal perjuangan seorang composer atau penulis lagu yang jarang di ingat oleh pendengar walaupun lagu-lagunya mengisi hari-hari mereka.

"Saya sangat berharap di perjalanan 23 tahun karir saya di industri musik Indonesia saya bisa mewujudkan mimpi saya untuk mencetak album kompilasi yang berisi lagu-lagi hits yang saya ciptakan baik untuk band saya The Groove maupun lagu-lagu hits yang saya ciptakan untuk penyanyi lain seperti, Iwan Fals, Krisdayanti, Sheila Majid dan Shanty. Selain itu yang sangat istimewa adalah album ini akan dicetak dalam bentuk piringan hitam dalam jumlah terbatas," ujar Rieka Roslan dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

 


Dibantu

Rieka Roslan bersama sahabat-sahabatnya
Rieka Roslan bersama sahabat-sahabatnya

Dalam penggarapan proyeknya ini, Rieka banyak dibantu sahabat-sahabatnya dari kalangan musisi. Rieka ingin aransemen yang baru ini bisa diterima oleh kalangan milenial dengan genre musik yang beda.

"Proses pembuatan single ini saya dibantu oleh teman-teman musisi saya seperti Ali Akbardan We Are Neurotics (Jonathan Mono, Karel William dan Yosa Viano). Mereka membantu saya dalam hal aransemen lagu, sehingga terciptalah lagu Khayalan ini dengan aransemen yang menurut saya lebih energic, fresh dan beatnya pun sangat disco. Selain itu saya juga dibantu oleh Brury Effendy yang bermain trumpet serta Dimas Pradipta yang meramu lagu ini dalam proses mixing dan mastering," ujar Rieka.

 


Video Klip

Selain mendaur ulang dengan aransemen baru, Rieka Roslan juga membuatkan video klip untuk lagu Khayalan ini. Uniknya, dalam penggarapan video klip ini dilakukan selayaknya sebuah film pendek.

"Yang tidak kalah menariknya dari singe Khayalan ini adalah video clip nya. Video clip nya di sutradarai oleh saya dan partner saya di Halaman Musik, Mas Angga Saleh. Kami berdua ingin membuat video clip ini berbeda dengan yang lain sehingga kami memutuskan video clip ini harus dibuat seperti film pendek yang mampu bercerita tentang isi dan cerita di balik lagu Khayalan," kata Rieka.

Rieka menambahkan, "sebagai pencipta lagu saya memiliki kegelisahan, oleh karena itu saya ingin mengedukasi generasi muda agar dapat lebih menghargai pencipta lagu dengan berusaha mencari tau siapa pencipta dari lagu-lagu yang mereka dengarkan. Selain itu saya berharap single Khayalan ini dapat diterima dengan baik oleh pendengar musik Indonesiaterutama karena single ini saya persembahkan dengan aransemen baru yang menurut saya lebih cocok untuk generasi muda saat ini. Di tahun 2022 saya akan meluncurkan single “Dahulu” yang sekligus juga menandai 23 tahun kehadiran lagu ini di industri musik Indonesia. Semua ini berawal dari sebuah kisah," pungkasnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya