Migi Rihasalay Ajarkan Anak-Anak Melukis Botol Bekas

Migi Rihasalay menjadikan botol bekas sebagai media kanvas melukis.

oleh Aditia Saputra diperbarui 13 Des 2021, 17:54 WIB
Diterbitkan 13 Des 2021, 10:10 WIB
Migi Rihasalay
Migi Rihasalay

Liputan6.com, Jakarta Migi Rihasalay tak hanya dikenal publik sebagai desainer muda yang bersinar di dunia fashion. Desainer muda itu juga diketahui memiliki ketrampilan melukis yang mumpuni, termasuk melukis di media botol kaca.

Hal itu bermula saat Migi merasa banyak botol-botol bekas minuman yang sayang untuk dibuang. Di tangan Migi, botol-botol tersebut dilukis dengan paduan warna-warni indah.

"Saya menyebutnya, Bottle Recycle Art. Botol-botol itu bisa diberdayagunakan dengan baik," ujar Migi Rihasalay saat ditemui di rumahnya kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (12/12/2021).

Botol-botol bekas terlebih dulu dicuci dan dikeringkan. Kemudian dicat sebagai warna dasar sebagai ‘kanvas’, untuk dilukis dengan aneka warna yang memancarkan nilai seni yang tinggi. Kegiatan tersebut sudah Migi lakukan sejak setahun silam, terlihat dari koleksi lukisan di botol yang dipamerkan di rumahnya.

 


Aksi Nyata

Migi Rihasalay
Migi Rihasalay

Tidak berhenti untuk diri sendiri. Sejak lima bulan silam, Migi juga melakukan tindakan aksi nyata, yakni menularkan pengetahuan melukis di atas botol kaca kepada anak-anak.

Saat ini sudah terhimpun 17 anak yang hobi melukis antusias mengikuti pelajaran melukis di botol secara gratis. Enam anak diantaranya, bisa dihadirkan sesuai protokol kesehatan di masa pandemi.

Keenam anak tersebut difasilitasi peralatan melukis, berupa botol bekas siap dilukis, sekotak cat air aneka warna dan kuas.

 


Mengarahkan

Migi Rihasalay
Migi Rihasalay

Selanjutnya, Migi memberi arahan sekilas tentang cara melukis di atas botol. Lalu membebaskan anak-anak itu memilih dan bermain warna pada obyek yang dilukisnya. Migi hanya mengawasi saja anak-anak itu berkreasi sendiri.

"Di sini saya hanya memotivasi anak-anak agar tetap berkreasi dan menggali bakat-bakat mereka di bidang seni melukis. Saya meyakini benar mereka punya bakat melukis. Saya hanya perlu mengarahkan saja," ujar Migi.

 


Membekali

Tidak berhenti hanya memberi pelajaran di kelas melukis. Sebelum kembali ke rumah masing-masing, Migi juga membekalinya dengan seperangkat peralatan melukis. Maksudnya, agar anak-anak terus memperdalam kemampuan melukis obyek yang diinginkan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya