Jingle #MulaiDariKamu Ajak Masyarakat Cegah Penularan Covid-19

Jingle #MulaiDariKamu berisi ajakan untuk patuhi protokol kesehatan.

oleh Aditia Saputra diperbarui 24 Des 2021, 17:47 WIB
Diterbitkan 24 Des 2021, 08:20 WIB
Jingle #MulaiDariKamu
Jingle #MulaiDariKamu

Liputan6.com, Jakarta Sebuah jingle atau gambaran sebuah iklan dalam bentuk musik dan lagu bisa dibilang sebagai media yang efektif. Biasanya, jingle digunakan untuk sebuah iklan layanan masyarakat atau sering disebut Public Service Announcement (PSA) berisikan sebuah klip informatif singkat yang bertujuan untuk meningkatkan perhatian public terhadap suatu isu penting.

Sebuah tayangan PSA dapat diproduksi dengan format klip video/audio yang berupa lagu (jingle), wawancara, animasi, dan konten dengan bentuk-bentuk lainnya.

Lalu, apa yang membuat sebuah PSA menjadi efektif dan dapat memancing dampak yang positif di tengah masyarakat?

 

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Efektif

Jingle #MulaiDariKamu
Jingle #MulaiDariKamu

Mengutip sebuah artikel yang dirilis oleh PennState University, sebuah PSA yang efektif harus memenuhi empat hal utama agar pesannya dapat tersampaikan dengan baik. Hal-hal tersebut adalah:• Tayangan tersebut harus menarik perhatian masyarakat luas• Pesannya jelas dan mudah untuk dimengerti• Pesannya didukung fakta yang akurat tentang isu yang ingin disampaikan• Audiens harus dapat bersimpati dengan yang terdampak isu atau keadaan tersebut

Dari referensi inilah, Ultra8, sebuah perusahaan komunikasi kreatif di bawah grup Ultima Asia Network mencoba untuk berkreasi dan memproduksi sebuah PSA dengan format video jingle yang mengkomunikasikan pentingnya kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap aksi mencegah penularan virus COVID-19, di mana akhir-akhir ini, varian Omicron tengah muncul sebagai Variant of Concern di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

 


Diluncurkan

Jingle #MulaiDariKamu
Jingle #MulaiDariKamu

Sebuah jingle yang berjudul #MulaiDariKamu resmi diluncurkan hari ini untuk semakin memperkuat kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksin dan senantiasa memakai masker di setiap aktivitas.

"Jingle #MulaiDariKamu dibuat dengan nuansa dan elemen yang fun serta pesan konsisten dan mudah dimengerti oleh masyarakat luas di berbagai lapisan. Nuansa musik yang kami ambil berasal dari lagu Menanam Jagung yang tentunya sudah familiar di telinga publik dari berbagai usia," ujar William Wijanarko, CEO Ultima Asia Network dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

"Dengan diluncurkannya jingle ini diharapkan masyarakat semakin sadar untuk segera mendapatkan dosis vaksin lengkap, memakai masker di segala kegiatan, dan selalu mencari informasi tentang perkembangan pandemi COVID-19 dari sumber-sumber yang dapat dipercaya guna menangkal hoax. Jingle #MulaiDariKamu diharapkan dapat ikut mendukung program-program yang telah diluncurkan pemerintah dan usaha kita semua mencegah peningkatan angka penularan virus ini di masa yang akan datang," tambahnya.

 


Disaksikan

Jingle #MulaiDariKamu berdurasi 60 detik dan sudah mulai ditayangkan di stasiun-stasiun TV nasional, kanal media sosial, dan stasiun-stasiun radio. Jingle ini juga dapat disimak dalam kanal YouTube Kemkominfo TV

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya