6 Potret GPH Cakrahutomo Naik Takhta Jadi Mangkunegara X, Diselamati Jokowi dan Ganjar Pranowo

Sejumlah momen hangat terekam dalam tata cara jumenengan GPH Cakrahutomo sebagai Mangkunegoro X, yang dihadiri Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo.

oleh Wayan Diananto diperbarui 14 Mar 2022, 12:00 WIB
Diterbitkan 14 Mar 2022, 12:00 WIB
Presiden Jokowi dan GPH Bhre Cakrahutomo. (Foto: Dok. Instagram @ganjar_pranowo)
Sejumlah momen hangat terekam dalam tatacara jumenengan GPH Cakrahutomo sebagai Mangkunegoro X, yang dihadiri Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Instagram @ganjar_pranowo)

Liputan6.com, Jakarta Setelah Mangkunegara IX meninggal dunia tahun lalu, masyarakat mempertanyakan siapa yang akan menggantikan almarhum sebagai Mangkunegara X alias penguasa Puro Mangkunegaran Solo.

Akhirnya, tanya publik terjawab pada Sabtu (12/3/2020), ketika Gusti Pangeran Haryo atau GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo naik taktha dengan tata cara adat Jumenengan.

Tata cara ini meresmikan posisi GPH Bhre Cakrahutomo sebagai Mangkunegara X. Berikut 6 potret jumenengan GPH Cakrahutomo yang dihadiri yang dihadiri Presiden Jokowi hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Usia 24

GPH Bhre Cakrahutomo. (Foto: Dok. Instagram @mataramroyalblood)
GPH Bhre Cakrahutomo. (Foto: Dok. Instagram @mataramroyalblood)

GPH Bhre Cakrahutomo alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia sekaligus penggiat fotografi. Ia putra bungsu dari pasangan KGPAA Mangkunegara IX dengan Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX.

Penguasa Puro Mangkunegaran Solo ini punya kakak perempuan bernama GR.Aj Ancillasura Marina Sudjiwo. GPH Bhre Cakrahutomo naik takhta di usia muda yakni 24 tahun.


2. Riwayat Panjang Mangkunegaran

GPH Bhre Cakrahutomo. (Foto: Dok. Instagram @ganjar_pranowo)
GPH Bhre Cakrahutomo. (Foto: Dok. Instagram @ganjar_pranowo)

Sejumlah tokoh publik hadir dalam Jumenengan yang berlangsung khidmat di Puro Mangkunegaran Solo, Sabtu (12/3/2022). Salah satunya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Lewat akun Intagram terverifikasinya, Ganjar Pranowo menyebut Pura Mangkunegaran menyimpan riwayat panjang dalam sejarah perjuangan Republik Indonesia. Dari situ publik belajar tentang keteguhan, menjaga harga diri, dan persatuan.


3. Ngobrol Bareng Sang Adipati

GPH Bhre Cakrahutomo dan Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Instagram @ganjar_pranowo)
GPH Bhre Cakrahutomo dan Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Instagram @ganjar_pranowo)

Lewat Jumenengan GPH Bhre Cakrahutomo resmi menjadi penguasa Puro Mangkunegaran dengan gelar Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunagara X.

Siapapun yang menjadi pemimpin di sana punya tugas berat untuk merawat tradisi itu sekaligus mengkolaborasikannya dg segala macam kemajuan,” cuit Ganjar Pranowo di Instagram, 12 Maret 2022.

 


4. Pesan Khusus dari Ganjar

GPH Bhre Cakrahutomo. (Foto: Dok. Instagram @ganjar_pranowo)
GPH Bhre Cakrahutomo. (Foto: Dok. Instagram @ganjar_pranowo)

Tak sekadar mengunggah foto, Ganjar Pranowo membagikan dokumentasi video kala menghadiri Jumenengan GPH Bhre Cakrahutomo sebagai Mangkunegara X. Ia menyampaikan pesan khusus di medsos.

Untuk KGPAA Mangkunegara X, Gusti Bhre, pintu telah terbuka, langkah pertama telah terayun. Di depan, gelap dan terang akan silih bergantian. Bukan untuk kita hindari, itu hanya untuk menguji bagaimana pikiran dan hati kita menyikapi,” katanya.

 


5. Ganjar Sambut Jokowi

Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Instagram @ganjar_pranowo)
Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Instagram @ganjar_pranowo)

Inilah salah satu momen ramah tamah tak lama setelah Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo tiba di Puro Mangkunegaran Solo. Keduanya tampak akrab sekaligus hangat dalam sebuah obrolan ringan berbalut masker.

Hari ini, bersama Presiden Joko Widodo saya menghadiri penobatan raja baru Pura Mangkunegaran. Selamat Gusti Bhre, atas mandat sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara X. Atas nama sejarah, mari mencipta sejarah,” Ganjar mencuap.

 


6. Jokowi Menyelamati

Presiden Jokowi dan GPH Bhre Cakrahutomo. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)
Presiden Jokowi dan GPH Bhre Cakrahutomo. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)

Presiden Republik Indonesia Jokowi Widodo atau Jokowi hadir dalam Jumenengan GPH Bhre Cakrahutomo. Momen pertemuan dengan Mangkunegara X diunggah RI-1 di akun Instagram terverifikasinya.

Selamat atas pengukuhan Gusti Pangeran Hario Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunagoro X dalam prosesi adat Jumenengan Dalem, hari ini,” tulisnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya