Dijamin Seru dan Bikin Tegang! 5 Film Perang Ini Wajib Kamu Tonton ya!

Salah satu peristiwa amat menyeramkan yang akan terjadi di bumi manusia ini adalah perang.

oleh Fachri pada 29 Agu 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 29 Agu 2022, 18:24 WIB
Hacksaw Ridge.
Potongan film Hacksaw Ridge. (Foto: IMDB)

Liputan6.com, Jakarta Salah satu peristiwa amat menyeramkan yang akan terjadi di bumi manusia ini adalah perang. Ya, sejarah mencatat, perang selalu terjadi. Ketika ketegangan antara negara dalam merebut tapal batas atau wilayah koloninya, perang menjadi jalan akhir yang dilakukan.

Perang merupakan salah satu peristiwa yang amat menyeramkan. Peristiwa itu mewanai sejarah kehidupan manusia. Perang pun dapat merusak kehidupan manusia, kematian di mana-mana, kerusakan bangunan terjadi akibat ledakan bom, dan juga pukulan telak ekonomi untuk kehidupan manusia semasa perang berlangsung.

Sebegitu menyeramkannya perang, tetap saja, peristiwa tersebut tercatat dalam sejarah. Ada yang mencatatnya secara heroik, ada juga yang tidak. Terlepas dari itu semua, perang yang sudah terjadi, membentuk masa lalu, masa kini, dan masa depan kita. 

Ada nilai sentimentil dan historis yang terjadi saat perang berlangsung. Untuk itu, tak jarang sineas membuat film berlatar perang. Karena film perang seringkali bisa menjadi refleksi dan pembelajaran sejarah untuk para pencinta film bergenre tersebut, apalagi berdasarkan kisah nyata. 

Nah, di bawah ini merupakan 5 film perang terbaik yang bisa kamu tonton saat akhir pekan dan ketika sudah bosan menonton dilm dengan genre drama dan percintaan ya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Saving Private Ryan (1998)

Saving Private Ryan.
Potongan film Saving Private Ryan. (Foto: IMDB)

Salah satu film perang terbaik Hollywood yang diadaptasi dari kisah nyata ini adalah karya dari Steven Spielberg. Saving Private Ryan memberikan gambaran nyata kepada para penikmat film tentang kejadian Perang Dunia II, tepatnya saat D-day Invasion terjadi, entah itu sebelum dan sesudahnya.

Adegan peperangan yang terjadi di Pantai Omaha menjadi yang paling ikonik dari film ini. Banyak penikmat film yang memberikan apresiasi adegan yang diciptakan oleh Spielberg ini. Dan yang paling terpenting adalah bagaimana Spielberg berhasil menggambarkan situasi perang yang sangat pas jika dianalogikan sebagai nerakanya dunia.


2. We Were Soldiers (2022)

We Were Soldiers.
Potongan film We Were Soldiers. (Foto: IMDB)

Salah satu film perang yang tak boleh kamu lewatkan adalah We Were Soldiers. Film yang dirilis pada tahun 2022 ini menceritakan kisah nyata saat peperangan yang terjadi di Vietnam. Kondisi saat itu, Vietnam terbagi menjadi dua bagian, Utara dan Selatan. Vietnam Utara disokong oleh Uni Soviet, sementara Vietnam Selatan disokong oleh Amerika Serikat.

We Were Soldiers menjadi salah satu film perang modern terbaik sepanjang masa. Film ini mampu menjelaskan hubungan antara masing-masing prajurit yang begitu loyal kepada sesama prajurit yang lain. Pokoknya, We Were Soldiers ini wajib kamu tonton deh!


3. Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge.
Potongan film Hacksaw Ridge. (Foto: IMDB)

Tokoh utama dalam film ini adalah Desmond Dos. Ia merupakan seorang pria muda yang hampir membunuh adik lelakinya saat bekerja. Dari kejadian tersebut, orangtua Dos menanamkan perintah untuknya agar jangan membunuh.

Saat ia beranjak dewasa, Dos mengikuti program militer. Ketika program militer tersebut, Dos tak ingin memegang senjata sama sekali. Akibat tindakannya tersebut, para petinggi militer dan tentara yang lainnya jadi geram. Pada akhirnya, Dos menjadi petugas medis tempur dalam perang dan tidak memegang senjata api.

Hacksaw ridge menjadi film yang wajib kalian tonton ya. Film tersebut memberikan gambaran, bahwasanya, tidak selalu yang ada di medan perang itu siap menanggung konsekuensinya. Dan setiap peran dalam perang, bisa memberikan manfaat untuk yang lainnya.


4. Dunkirk (2017)

Dunkrik.
Potongan film Dunkirk. (Foto: IMDB)

Film yang bercerita tentang penyelamatan prajurit Britania Raya yang dipukul mundur di Pantai Dunkirk, Perancis ini wajib kamu tonton. Dalam proses penyelamatan, ratusan ribu prajurit Britania Raya dan Perancis menunggu untuk dievakuasi menggunakan kapal di Pantai Dunkirk.

Proses penyelamatan belum usai, 3 pesawat pengebom dari Jerman pun muncul. Dengan itu, banyak tentara dari Britania Raya dan Perancis yang tewas. Film garapan sutradara Christopher Nolan ini salah satu film perang terbaik medio 2000-an. 


5. 1917 (2019)

1917.
Potongan film 1917. (Foto: IMDB)

Film garapan Sam Mendes ini berlatar belakang kondisi Perang Dunia I. Saat itu, tentara Inggris diberikan tugas yang berat dan dengan tugas tersebut, bisa menyelamatkan banyak nyawa tentara. 1917 menceritakan kisah perjalanan mereka dalam menyelesaikan misinya tersebut.

Film ini berdasarkan kisah nyata dan peristiwa asli di beberapa bagian. Teknik sinematografi dalam 1917 sangat ciamik. Kita melihat bahwa seolah-olah pengambilan gambar dalam film ini hanya menggunakan sekali take saja.

Nah, itu dia 5 film perang yang wajib kamu tonton ya! Untuk memberikan pengalaman yang berbeda, kamu bisa menonton 5 film tersebut dengan TV yang memiliki kualitas gambar dan suara yang sangat bagus dan natural ya! Kamu bisa mencari ragam produk TV tersebut di marketplace yang Selalu Ada Selalu Bisa!

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya