6 Film Iqbaal Ramadhan yang Sukses, Terbaru Ada Mencuri Raden Saleh Tembus 1 Juta Penonton

Iqbaal Ramadhan banyak membintangi berbagai macam film.

oleh Aditia Saputra diperbarui 03 Sep 2022, 21:00 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2022, 21:00 WIB
[Fimela] Iqbaal Ramadhan
Iqbaal Ramadhan di press junket film Mencuri Radeh Saleh (Foto: Adrian Utama Putra)

Liputan6.com, Jakarta Iqbaal Ramadhan dikenal sebagai aktor dan penyanyi dengan banyak penggemar. Kariernya di dunia seni peran tidak diragukan lagi. Ia banyak mendapat pengakuan selama terjun sebagai aktor. Banyak film yang dibintanginya viral dan digemari publik.

Aktor kelahiran 22 Desember 1999 ini mengawali karier melalui drama musikal Laskar Pelangi lalu bergabung dalam grup musik Coboy Junior (CJR) pada tahun 2011 hingga 2017.

Tidak hanya fokus di dunia hiburan, Iqbaal Ramadhan juga mementingkan pendidikan. Ia pernah bersekolah di Amerika Serikat dan sampai saat ini melanjutkan kuliah di Universitas Monash, Australia.

Iqbaal Ramadhan kini ramai dibicarakan karena film terbarunya Mencuri raden Saleh sedang tayang di bioskop. Di situ, ia memerankan Piko (The Forger) salah satu komplotan pencuri lukisan sang maestro, Raden Saleh.

Selain Mencuri Raden Saleh, berikut deretan film Iqbaal Ramadhan yang membuat namanya meroket.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Ali & Ratu Ratu Queens

Ali & Ratu Ratu Queens
Poster film Ali & Ratu Ratu Queens (Foto: Netflix)

Ali & Ratu Ratu Queens merupakan film yang dirilis di Netflix pada 17 Juni 2021. Bergenre drama komedi, film ini mengisahkan Ali (Iqbaal Ramadhan) yang mencari ibunya di New York, AS. Film ini disutradarai Lucky Kuswandi. Gina S. Noer menulis naskahnya.

Dalam film ini, Iqbaal Ramadhan adu akting dengan Nirina Zubir, Tika Panggabean, Happy Salma, dan Asri Welas. Film ini memborong nominasi di Festival Film Indonesia (FFI) 2021. Marissa Anita menang Piala Citra Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.


2. Dilan 1990

[Fimela] Dilan 1990
Iqbaal Ramadhan, pemain film Dilan 1990 dan Dilan 1991. foto: Instagram

Dilan 1990 membuat nama Iqbaal Ramadhan melambung sehingga dikenal oleh berbagai kalangan. Film ini viral pada 2018. Bahkan tren rayuan Dilan pun banyak yang membuat versi remakenya.

Dilan 1990 ini berhasil mendapatkan 6.315.664 penonton. Film karya sutradara Pidi Baiq dan Fajar Bustomi ini mengantar Iqbaal Ramadhan meraih nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik di FFIO 2018.


3. Dilan 1991

Poster film Dilan 1991 (_maxpictures)
Poster film Dilan 1991 (_maxpictures)

Setahun kemudian, MAX Pictures merilis Dilan 1991 yang merangkul 5.253.411 penonton. Wajar jika hingga saat ini karakter Dilan masih melekat pada sosok Iqbaal Ramadhan.

Dilan 1990 dan Dilan 1991 memotret kisah cinta Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla) yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq. Bandung di era 1990-an menjadi latar film ini.

 


4. Milea: Suara Dari Dilan

Milea: Suara Dari Dilan. (Foto: Instagram @cinema.21)
Milea: Suara Dari Dilan. (Foto: Instagram @cinema.21)

Film yang dirilis pada 13 Februari 2020 ini dituturkan dari sudut pandang Dilan. Meski gegap gempitanya tak semegah Dilan 1990 dan sekuelnya, Milea: Suara Dari Dilan masih mampu mengumpulkan 3,1 jutaan penonton.

Milea: Suara Dari Dilan tak hanya sukses di tangga box office. Film ini mendapatkan penghargaan dari SCTV Awards sebagai Film Layar Lebar Paling Ngetop 2020. 


5. Bumi Manusia

Bumi Manusia
Poster Film Bumi Manusia (IG Falcon Pictures)

Film Bumi Manusia yang diadaptasi dari novel terkenal karya Pramoedya Ananta Noer menempatkan Iqbaal Ramadhan sebagai Minke atau Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerojo.

Dirilis pada 9 Agustus 2019 oleh Falcon Pictures, film ini mengumpulkan 1,3 jutaan penonton berbonus kemenangan Iqbaal Ramadhan sebagai Pemeran Utama Pria Terpuji Film Bioskop di Festival Film Bandung.

 


6. Coboy Junior The Movie

Poster film Coboy Junior The Movie. (Foto: Dok. Falcon Pictures/ IMDb)
Poster film Coboy Junior The Movie. (Foto: Dok. Falcon Pictures/ IMDb)

Bisa jadi inilah film pertama produksi Falcon Pictures yang merangkul lebih dari setengah juta penonton. Dirilis Juni 2013, Coboy Junior The Movie meraih 680 ribuan penonton dan menjadi film Indonesia terlaris kelima pada tahunnya. 

Dua tahun setelahnya, CJR The Movie: Lawan Rasa Takutmu diproduksi dengan sutradara Patrick Effendy. Sayang, film ini tak berhasil mengulang kisah sukses pendahulunya. 

infografis perfilman indonesia
Jumlah produksi film Indonesia, berapa banyak? (Liputan6.com/Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya