Heboh Jokowi Unggah Foto Wisuda UGM, Netizen: Mantaplah Pakde, Serangan Baliknya Halus

Langkah Jokowi mengunggah foto reuni dengan alumni UGM dan foto saat wisuda diduga untuk menangkis isu ijazah palsu yang belakangan memanas.

oleh Wayan Diananto diperbarui 17 Okt 2022, 08:15 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2022, 08:15 WIB
Jokowi. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)
Jokowi. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)

Liputan6.com, Jakarta Minggu malam, jagat maya dihebohkan dengan dua foto yang diunggah Presiden Joko Widodo atau Jokowi di akun Instagram dan Twitter terverifikasinya. Foto pertama menampilkan RI-1 reuni dengan para alumni Fakultas Kehutahan UGM.

Foto kedualah yang bikin gempar, yakni foto wisuda Jokowi di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Publik lantas menduga ini jawaban halus untuk sindiran Dokter Tifa.

Seperti diketahui, pemilik akun Twitter @doktertifa, beberapa hari lalu, menuding ijazah Jokowi palsu. Nama dokter Tifa sampai menembus trending topic Tiwtter Indonesia gara-gara isu ijazah palsu Jokowi.

Menyertai dua foto ini, Jokowi menulis status teks berisi kebahagiaan bertemu kawan lama di UGM. Ia bersyukur, teman-temannya kini sudah memiliki karier beragam sekaligus mapan.


Ada Yang Jadi Dosen

Unggahan Jokowi. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)
Unggahan Jokowi. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)

Di antara teman-teman kuliah semasa di Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada,” tulis Jokowi, Minggu (16/10/2022) seraya mengenang, orang-orang dalam foto tersebut berasal dari daerah berbeda.

Kami berasal dari daerah yang berbeda-beda. Kini masing-masing sudah meniti karir sendiri, ada yang masuk Perhutani, ada yang jadi dosen, wiraswasta, dll,” Jokowi menyambung.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Jawaban Elegan

Foto kenangan saat Presiden Jokowi diwisuda di UGM Yogyakarta. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)
Foto kenangan saat Presiden Jokowi diwisuda di UGM Yogyakarta. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)

Saat artikel ini disusun, lebih dari 440 ribu orang menyukai foto ini dan 7.000-an komentar membanjiri kolom. Mayoritas warganet menyebut ini langkah elegan Jokowi dalam menjawab isu miring.

Statement alus buat menjawab tuduhan kemaren ya kan….. mantaphhh lah pakde,” cuit akun @vint**** di kolom komentar. “Serangan baliknya haluss,” @roy**** berbagi pendapat.


Yang Ngirim Ibu Iriana?

Presiden Jokowi. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)
Presiden Jokowi. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)

Cara elegan menjawab sebuah pertanyaan tanpa harus membuat statement, biar foto yg berbicara,” @dhaim**** menyahut. “Bu dokter mana ni suaranya? Tenggelam dalam sepi,” @rakas**** bertanya.

Ada pula yang menduga, foto jadul yang diunggah Jokowi kiriman Ibu negara. Pasalnya, Kaesang Pangarep baru-baru ini bercerita dikirimi foto wisuda zaman SD dari Iriana Jokowi. “Pasti yang ngirim foto ini ibu iriana , trus bawahnya ada stiker awoakwoak,” @r.yus**** mencuap.

Infografis Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya