Selebgram Cilik Mazaya Amania Gabung Field Trip yang Diadakan Wensen School Indonesia

Field Trip Wensen School Indonesia yang diikuti selebgram Mazaya Amania ini rutin dilakukan Wensen School Indonesia.

oleh Hernowo Anggie diperbarui 09 Nov 2022, 15:57 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2022, 11:10 WIB
Mazaya Amania di Field Trip Wensen School Indonesia
Selebgram cilik Mazaya Amania di Field Trip Wensen School Indonesia. (Dok. IST)

Liputan6.com, Jakarta Field Trip yang diadakan Wensen School Indonesia bersama selebgram yang juga artis cilik Mazaya Amania ke The Hub Equestrian and Archery berlangsung seru dan menyenangkan. Field Trip ini diikuti puluhan murid Wensen School Indonesia dari TK A dan TK B.

"Jadi pada hari ini kita memang mengajak teman-teman untuk mengikuti kegiatan Field Trip. Nah kebetulan di hari ini kita kedatangan tamu namanya Mazaya Amaniah, dia selebgram tapi juga memang murid TK B. Jadi kegiatan Field Trip kali ini untuk murid TK A dan TK B. Ini hanya sebagian murid saja," kata Ketua Yayasan Wensen School Indonesia, Tata kepada wartawan, Selasa (8/11/2022).

Dia menjelaskan, Field Trip ini rutin dilakukan Wensen School Indonesia. Biasanya dilakukan setiap satu bulan sekali, bahkan satu bulan dua kali. Field Trip ini, kata dia, penting untuk mengenalkan murid kepada dunia luar.

"Untuk apa? Untuk mengenalkan kepada anak-anak apa saja sih kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak-anak selain di rumah," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sarana Bermain dan Berinteraksi

Mazaya Amania di Field Trip Wensen School Indonesia
Selebgram cilik Mazaya Amania di Field Trip Wensen School Indonesia. (Dok. IST)

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga untuk mengurangi aktivitas anak-anak bermain gadget di rumah. Menurutnya, kegiatan Field Trip ini bisa menjadi sarana murid untuk bermain dan berinteraksi secara intensif dengan murid lainnya.

"Jadi supaya anak-anak tidak bermain gadget, kemudian anak-anak juga berkegiatan yang lebih seru kita ajak main-main," terang dia.

Dia menjelaskan, di masa pandemi kemarin, kegiatan Field Trip ini tetap dilakukan dengan cara daring. Tim dari Wensen School Indonesia yang berada di luar negeri mengunjungi tempat destinasi.

"Kita sudah pernah Field Trip online ke Jepang Singapura, Malaysia, Disney Land di China," ujar dia.

Tata mengaku para orang tua murid merasa senang dengan kegiatan Field Trip yang diadakan ini, karena murid-murid biasa belajar sambil bermain.

"Tentu responsnya senang bertemu teman, orang tua juga bertemu sesama orang tua, ngobrol bagaimana ilmu parenting, ngobrol bagaimana orang tua itu membesarkan anak-anak, bagaimana cara belajarnya anak-anak," tandas dia.

 


Melatih Motorik Kasar

Sementara itu, perwakilan guru dari Wensen School Indonesia, Thasya mengatakan, kegiatan Field Trip ini dapat melatih motorik kasar para murid. Dalam kegiatan ini, para murid dilatih untuk menunggangi kuda. Selain itu, murid-murid juga dilatih untuk menjaga keseimbangan saat berkuda.

"Dampak Field Trip ini adalah yang pertama melatih motorik kasar murid-murid. Motorik kasarnya itu adalah dengan cara dia naik kuda tidak hanya tangannya saja yang bekerja, tapi kakinya juga berkerja saat dia berpijak dipijakan yang berada di samping kuda dan juga menjaga keseimbangannya," terang dia.

Selain itu, para guru juga melatih keberanian dari para murid. Jadi, kegiatan ini juga memberikan pengetahuan baru terhadap anak-anak.

"Jadi beberapa anak itu kan masih awam, belum pernah ketemu kuda dan terus tadi ya saya lihat ada beberapa pengakuan dari anak anak engga berani kasih makan kuda, engga berani kudanya gede taku," kata dia.

"Ternyata selang beberapa waktu dia perhatikan teman-temannya tumbuh rasa berani. dan dari situ juga kita bisa menaklukan rasa takutnya," sambungnya.

 


Menumbuhkan Rasa Kemandirian

Jadi dari Field Trip ini, kata dia, mengajarkan murid untuk menumbuhkan rasa kemandirian, rasa berani. Yang penting menumbuhkan rasa kepercayaan dalam diri para murid-murid.

"Selain itu juga yang pastinya adalah untuk menumbuhkan rasa beradaptasi kepada teman-teman," ujar dia. Dia mengatakan, rata-rata anak-anak disini adalah murid-murid pandemi. Banyak orang tua yang menyampaikan bahwa anaknya bersekolah saat pendemi sudah mulai mereda di Indonesia.

Dimana anak-anak itu saat pandemi tidak memiliki teman sekolah. Meski sudah masuk sekolah, lanjut dia, para murid masih memiliki rasa takut terhadap teman sebayanya. Maka dari itu, Field Trip ini dilakukan untuk memperkenalkan murid-murid dengan teman yang lainnya.

"Tapi dari disini kita coba Field Trip. Apasih itu Field Trip ternyata pembelajaran itu tidak hanya dia dalam kelas, pembelajaran itu juga bisa di luar kelas disini dia mau beradaptasi," jelas dia.

 


Sangat Antusias

Di kesempatan yang sama, orang tua dari artis cilik Mazaya Amania atau akrab disapa Daddy Mazaya menyempaikan bahwa kegiatan ini sangat menyangkan. Mazaya, kata dia, sangat antusias mengikuti kegiatan yang diadakan.

"Kegiatan Field Trip hari ini menyenangkan banget ya Mazaya, Mazaya seneng banget ya. Ini kali pertama Mazaya ketemu teman-temannya. Kemarin kan sekolahnya masih online," kata dia.

Dia mengaku bahwa Wensen School Indonesia sangat memperhatikan kebutuhan dari para muridnya. Dia menceritkan ketika Mazaya masuk sekolah semua fasilitas penunjang belajar telah disediakan seluruh oleh pihak sekolah.

"Sekolah Wensen itu membentuk polanya luar biasa banget. Sekarang ada Field Tripnya," kata dia.

Mazaya, ungkap dia, beberapa kali pernah mengikuti kegiatan Field Trip secara daring ke beberapa negara, termasuk ke negara tetangga Indonesia yakni Singapura.

"Itu Mazaya benar-benar antusias banget ke Universal Studio abis itu interaktif juga yang ditanya, yang jawab benar dikasih permen, bener dibawain oleh-oleh, Mazaya senang banget. Pokoknya Wensen tuh luar biasa menurut Daddy ya," tutupnya.

Infografis Sekolah Tak Lagi Seperti Dulu
Infografis Sekolah Tak Lagi Seperti Dulu (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya