Sampai Jadi Buku, Cerita Pengusaha Liliek Andriani soal Pola Mendidik Kedua Putranya

Seperti apa cara Liliek Andriani mendidik kedua putranya yang kini sudah tumbuh dewasa?

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 02 Feb 2023, 19:51 WIB
Diterbitkan 02 Feb 2023, 18:35 WIB
Liliek Andriani, Wilson Tirta dan Jason Surya.
Liliek Andriani, Wilson Tirta dan Jason Surya. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Pola didik orangtua sangat berpengaruh terhadap anak saat tumbuh dewasa. Sama halnya dengan pengusaha Liliek Andriani terhadap dua anaknya yang bernama Wilson Tirta dan Jason Surya.

Wilson kini dikenal sebagai seorang produser, sementara Jason adalah seorang chef dan pengusaha. Kisah Liliek dalam mendidik kedua anaknya dituangkan dalam buku berjudul Kecil-Kecil Belajar Bisnis.

"Iya tahun 2016 aku bikin buku itu yang isinya bagaimana kita mendidik anak-anak untuk mempunyai enterpreneur spirit yaitu semangat yang pantang menyerah, gigih, ulet, dan tangguh," ujar Liliek saat dihubungi, Kamis (2/2/2023).

Pola didik lainnya yang dia terapkan kepada dua putranya adalah mengajak mereka berhubungan aktif dengan berbagai lapisan masyarakat. Dia pernah mengajak Wilson dan Jason turun ke sawah, berinteraksi dengan petani dan sebagainya.

"Saya juga mengajak mereka ke forum-forum internasional seperti National Convention JCI di Kyoto, seminar Anthony Robbin, aneka workshop, fieldtrip ke sekolah di Fujian China," jelasnya.

 


Adaptasi dengan Dunia

Dengan begitu, kedua anaknya diharapkan bisa beradaptasi dengan dunia dan dapat mengenalkan Indonesia di forum dunia di masa mendatang.

"Jadi pola asuh saya ya kita belajar bersama. Tidak selamanya orang tua benar dan jadi orang tua harus adaptif," ia menuturkan.


Kebahagiaan

Dalam prosesnya, Liliek juga memastikan sang anak-anak mendapat kebahagiaan dalam segala aspek. Bahagia dengan pilihan hidupnya dan bahagia dengan dampak dari apa yang dilakukannya.

"Serta bahagia dengan manfaat hidupnya. Sebagai seorang mama jangan jadi penonton, tapi ikutlah masuk dalam dunia mereka. Asyik kok apalagi zaman sosial media begini," tutur Liliek Andriani.

Infografis 4 Langkah Pulang Umrah Bebas Covid-19
Infografis 4 Langkah Pulang Umrah Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya