Nasib Pemudik hingga Layanan Publik di Bandung Setelah OTT KPK Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Sekretaris Daerah Kota Bandung menjamin bahwa pelayanan publik di Kota Bandung akan tetap berjalan seperti seharusnya saat menjelang mudik serta Hari Raya Idul Fitri meskipun Wali Kota Bandung terjaring OTT KPK.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 20 Apr 2023, 15:22 WIB
Diterbitkan 16 Apr 2023, 19:43 WIB
Pemudik via jalur selatan di kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung, mulai ramai Kamis (28/4/2022).
Pemudik via jalur selatan di kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung, mulai ramai Kamis (28/4/2022). (Liputan6.com/Huyoho Simbolon)

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, angkat bicara soal nasib para pemudik hingga pelayanan di Kota Kembang. Hal itu berkaitan dengan kasus Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang terjaring dalam OTT (operasi tangkap tangan) oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).

Melansir Humas Kota Bandung via bandung.go.id, Sabtu (15/4/2023), Ema Sumarna menjamin bahwa pelayanan publik di Kota Bandung akan tetap berjalan seperti seharusnya. Termasuk saat menjelang mudik serta Hari Raya Idul Fitri.

Diyakinkan juga kepada publik bahwa Pemkot (Pemerintah Kota) Bandung akan selalu menjaga psikologis tiap aparat agar bisa berfokus dan tetap prima selama melayani publik.

"Kami terus harus berkomitmen, penyelenggaraan pemerintahan harus tetap berjalan. Terutama adalah pelayanan publik tidak boleh terganggu," ujar Ema Sumarna di Balai Kota Bandung, Sabtu (15/4/2023), melansir bandung.go.id.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Arus Mudik Tetap Berjalan Secara Normal di Bandung

mudik
Sejumlah warga tengah berkumpul di Balai Kota Bandung sebelum berangkat mudik gratis, Sabtu, 15 April 2023. Dikdik Ripaldi/Liputan6.com

OTT terhadap sang Wali Kota tak berpengaruh, proses arus mudik pun sama halnya dengan pelayanan publik, tetap berjalan dengan seharusnya. Ema menyampaikan bahwa semua aktivitas ini berada di bawah koordinasi Asisten Daerah 2 Kota Bandung.

"Kegiatan hari ini tetap berjalan, kami masih ada Asda 2 yang mengkoordinasikan (arus mudik). Kemudian optimalisasi menjaga keamanan dengan unsur institusi lain tentunya," terangnya.

 


Persediaan Bahan Pokok Selama Arus Mudik

Kendaraan Arus Balik Mudik Mengalir Tak Henti di Tol Cipularang
Ribuan kendaraan dari arah Bandung menuju ke Jakarta mengalir tanpa henti sehingga kendaraan berjalan merayap.

Ema juga turut meyakinkan bahwa persediaan untuk kebutuhan bahan pokok di Kota Bandung tetap tersedia.

"Ketersediaan kebutuhan pokok ini harus tetap terjaga. Arus barang distribusi barang harus secara maksimal," ujarnya.

 


Terkait Kasus yang Melibatkan OTT KPK

Sementara mengenai OTT KPK, Ema juga sempat menyampaikan bahwa Pemkot Bandung tetap menunggu hasil pemeriksaan dari instansi yang berwenang sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Saya tidak ingin melangkahi apapun. Saya tidak tahu. Kita tunggu saja rilis yang dikeluarkan," ujarnya.

Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya