Menkeu Sri Mulyani Rilis Laporan Realisasi APBN 2023 Versi Barbie nan Centil, Warganet Minta Update-nya Edisi Oppenheimer

Laporan kinerja APBN semester pertama tahun 2023 dirilis Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam bentuk infografis ala film Barbie.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 25 Jul 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2023, 17:00 WIB
Menteri keuangan Sri Mulyani dan. (Liputan6.com/Herman Zakharia - Instagram/ smindrawati)
Menteri keuangan Sri Mulyani dan unggahannya. (Liputan6.com/Herman Zakharia - Instagram/ smindrawati)

Liputan6.com, Jakarta Sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia, sudah tugas Sri Mulyani Indrawati menyampaikan laporan realisasi APBN. Namun tahun ini, laporan keuangan negara itu ia kemas dalam gaya penyajian yang unik.

Yakni berupa infografis bertema film Barbie yang lagi ngetren.

Dalam unggahan pada Senin (24/7/2023) tersebut, Sri Mulyani membagikan infografis bertajuk “APBN Kita” yang desainnya persis poster film yang dibintangi Margot Robbie tersebut.

Wana huruf putih dengan pinggiran pink, dengan motif dasar glitter centil dengan warna serupa. “Realisasi APBN s.d Juni 2023. Kinerja Pendapatan dan Belanja Negara positif dalam menjaga pemulihan ekonomi dan melindungi masyarakat” begitu tulisan yang tertera di halaman perdana unggahan tersebut.

Dalam 1 semester, APBN tahun 2023 menunjukkan kinerja yang terjaga sangat baik meski ekonomi global mengalami perlemahan dan memberi tekanan terhadap perekonomian nasional,” Begitu caption yang disertakan Sri Mulyani Indrawati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pendapatan dan Belanja Negara

Unggahan Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Instagram/ smindrawati)
Unggahan Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Instagram/ smindrawati)

Selanjutnya ia menyajikan rangkuman data postur APBN semester pertama 2023. Pendapatan negara mencapai Rp1.407,9 triliun, atau 57,2 persen dari target, dan naik 5,4 persen year on year (yoy).

Sementara itu belanja negara mencapai Rp1.255,7 triliun atau 41 persen dari target, dengan surplus Rp152,3 triliun.


Kondisi APBN

Menteri keuangan Sri Mulyani
Menteri keuangan Sri Mulyani saat diwawancarai oleh Liputan6 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (16/3/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

“Kondisi #APBNKiTa yang masih surplus hingga pertengahan 2023 memberikan sinyal positif bahwa defisit tahun ini masih dapat terjaga, bahkan diturunkan,” tulis Sri Mulyani lagi

Sang Ibu Menteri juga memaparkan sejumlah poin terkait rencana pemerintah pada semester kedua tahun 2023. Termasuk memberikan bantuan pangan beras tambahan kepada 21,35 juta keluarga.


This Barbie is...

Unggahan Sri Mulyani langsung menuai beragam reaksi soal laporan ala Barbie ini.

“Pemaparan yg gampang dipahamin + konsep desainnya cute amat,” kata @ ruuuu*****.

“Naikan gaji illustratornya,” komentar @mdyp****.

Beberapa warganet menirukan tagline film Barbie yang asli. Salah satunya @hidodi**** yang menulis, “This Barbie is Minister of Finance 💖”

Ada pula yang masih demam Barbienheimer seperti @alte*** yang nyeletuk, “Update Juli versi Oppenheimer 🙌.”

Infografis 3 Skenario BBM Bersubsidi ala Menkeu Sri Mulyani. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Skenario BBM Bersubsidi ala Menkeu Sri Mulyani. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya