Chef Norman Ismail Bagi 3 Tips Menyimpan Makanan, Suhu Stabil Minus 18 Derajat Celsius Kuncinya

Chef Norman Ismail berbagi tips menyimpan bahan makanan atau masakan. Kebersihan diri si pemasak dan suhu stabil minus 18 derajat Celsius disorot.

oleh Wayan Diananto diperbarui 06 Okt 2023, 22:07 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2023, 21:40 WIB
Chef Norman Ismail
Chef Norman Ismail berbagi tips menyimpan bahan makanan atau masakan. Kebersihan diri si pemasak dan suhu stabil minus 18 derajat Celsius disorot.

Liputan6.com, Jakarta Popularitas Chef Norman Ismail di dunia seni meroket. Selain merilis buku, ia memandu program Masak-Masak di salah satu stasiun televisi swasta. Baru-baru ini, chef Norman Ismail berbagi tips menyimpan masakan, bahan pangan, dan makanan di dalam kulkas.

Pesohor dengan 57 ribuan pengikut di Instagram ini mengingatkan, tak semua masakan atau bahan makanan bisa disimpan di dalam kulkas. Sayur bayam misalnya, salah satu masakan yang harus habis saat itu juga karena “usianya” setelah matang tak bisa panjang.

“Satu, selain berbahaya bagi tubuh, secara rasa juga sudah enggak enak. Kecuali bahan makanan misalnya, sup kalau kita mau simpan, boleh. Dimasukkan ke wadah plastik seperti ini. Kalau di chiller satu dua hari bisa. Kalau dimasukkan freezer bisa lebih lama lagi,” ia berbagi tips.

Karena sudah dikonsumsi, artinya makanan yang disimpan sudah “terkontaminasi.” Karenanya, jangan telalu lama menyimpan masakan. Ada banyak faktor yang membuat masakan atau bahan makanan bisa disimpan lama dan tetap enak dikonsumsi.

“Yang saya sampaikan yakni bagaimana menyimpan bahan makanan, manage the storage agar makanan yang kita produksi mempunyai lifetime yang lebih lama,” Chef Norman Ismail menyambung. Setelahnya, ia berbagi tips menyimpan makanan untuk Anda.


3 Tips Menyimpan Makanan

Chef Normal Ismail. (Foto: Dok. Instagram @chefnormanismail)
Chef Normal Ismail. (Foto: Dok. Instagram @chefnormanismail)

Pertama, Anda yang memasak makanan harus dalam kondisi bersih. Saat Anda main bersih saat berkreasi di dapur, masakan yang dihasilkan juga bersih dan lezat. Kedua, wadah plastik yang dipakai untuk menyimpan makanan mesti berkualitas bagus.

“Ketiga, suhu lemari es harus stabil yakni selalu di bawah minus 18 derajat Celsius. Dengan begitu, ketahanan makanan bisa sampai berbulan-bulan. Enam bulan sampai satu tahun. Bahkan untuk daging misalnya, kalau stabil bisa sampai setahun,” paparnya panjang.

Untuk daging mentah atau ikan, disimpan di kotak plastik kedap udara di bagian freezer. Untuk telur, simpan di bagian kulkas bersuhu stabil seperti rak atas atau tengah. Jangan simpan telur di pintu kulkas karena sering dibuka tutup. Ini justru menyebabkannya cepat busuk.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Untuk Sayuran dan Buah

Chef Normal Ismail
Chef Normal Ismail

“Untuk sayuran dan buah, sebelum dimasukan ke kulkas, cuci dan tiriskan air dulu, lalu simpan di dalam kotak plastik agar kualitas nutrisi dalam buah serta sayur tetap terjaga sekaligus aman untuk dikonsumsi penghuni rumah,” chef Normal Ismail menerangkan.

Ini disampaikannya saat jadi bintang tamu acara Chandra Asri Cooking Class and Plastic Packaging Talk Show di Jakarta, pekan ini. Chef Norman Ismail menyebut wadah plastik tertutup seperti Thinwall dan kotak plastik kini makin banyak dipakai untuk menyimpan makanan.

 


Durabilitas dan Keamanan

Chef Norman Ismail
Chef Norman Ismail saat jadi bintang tamu acara Chandra Asri Cooking Class and Plastic Packaging Talk Show di Jakarta, Rabu, 4 Oktober 2023. (Foto: Dok. Istimewa)

“Salah satunya karena durabilitas serta keamanannya sehingga makanan jadi tetap sehat dan segar. Berkaca pada pengalaman, selain segar dan tahan lama, isi kulkas terlihat lebih rapi sekaligus mencegah munculnya bau tidak sedap,” ia mengakhiri.

Head of Corporate Communications Chandra Asri, Chrysanthi Tarigan, menyatakan, Chandra Asri berupaya menghasilkan produk bernilai tinggi dan bermanfaat bagi masyarakat. Pihaknya ingin meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai manfaat plastik sebagai kemasan.

“Dengan demikian, wadah plastik ini dapat menunjang kehidupan sehari-hari dan menciptakan keluarga sehat. Chandra Asri telah melayani berbagai sektor dari consumer packaging, plastic packaging, otomotif, pipa PVC dan PE perumahan sebagai penyedia bahan baku,” ujarnya.

 

Infografis Bahan Pangan Lokal Alternatif yang Belum Populer
Infografis Bahan Pangan Lokal Alternatif yang Belum Populer  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya