Kronologi Cleopatra Djapri Eks JKT48 Dirujak Netizen Saat Buka Loker, Cari ART Dengan Gaji Ditahan 3 Bulan

Sejak diunggah pada Senin (5/12/2023) lalu di X, imbas loker ART milik Cleopatra eks JKT48 masih menjadi sesi panjang di jagad media sosial.

oleh Hernowo AnggieSiti Sahira Aulia diperbarui 07 Des 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 07 Des 2023, 17:00 WIB
Potret Cleopatra Djapri Eks JKT48, Viral Cari ART dengan Gaji Rp1,7 Juta
Menurut netizen, bayaran senilai Rp 1,7 juta tidak sebanding dengan pekerjaan dan kriteria yang diinginkan oleh sang artis. Disebutkan bahwa Cleo mencari ART sekaligus momong ketiga anaknya. Ia juga menambahkan untuk serius bekerja karena lelah dengan drama ART baru yang hanya satu minggu minta berhenti. (Liputan6.com/IG/@ratucleopatra20)

Liputan6.com, Jakarta - Cleopatra Djapri, mantan personel grup idola JKT48, masih hangat jadi perbincangan warganet setelah ia mengunggah iklan lowongan pekerjaan untuk posisi asisten rumah tangga (ART) di laman Facebook-nya.

Unggahan tersebut viral di jagad X (Twitter) dan menjadi bahan empuk bulan-bulanan warganet. Pasalnya, anggota generasi pertama JKT48 itu menulis beberapa syarat yang dianggap berlebihan dengan fasilitas yang diberikan. 

Tak pelak, perbincangan soal gaji pun menjadi sorotan lantaran dia hanya menyebut memberikan gaji sebesar Rp1,7 juta yang dinilai tidak sepadan dengan sederet tanggung jawab yang dibebankan.

Sejak diunggah pada Senin (5/12/2023) lalu di X, imbas loker ART milik Cleopatra eks JKT48 masih menjadi sesi panjang di jagad media sosial.


Pertama Diunggah di Facebook

Cleopatra Djapri eks JKT48 cari ART
Daftar tugas dan fasilitas yang dibeberkan Cleopatra Djapri dalam iklannya dinilai sangat jauh dari standar. [Foto: X/nurultryani]

Menurut tangkapan layar yang dibagikan akun X @nurultryani, informasi Cleopatra mencari ART ditemukan di laman Facebook-nya.

Dia diketahui tengah mencari ART yang bukan hanya ditugaskan merapikan rumah, tetapi dituntut bisa menjaga anak.

Lantas, hal itulah yang memicu kegeraman warganet. Terlebih, jika menyinggung soal gaji yang akan diberikan oleh Cleopatra pada calon pekerjanya tersebut.


Urusan Rumah Tangga hingga Anak

Potret Cleopatra Djapri Eks JKT48, Viral Cari ART dengan Gaji Rp1,7 Juta
Cleopatra Djapri membuka loker ART di laman Facebook-nya. Namun, warganet justru mengkritik kriteria yang diinginkan oleh eks member JKT48 itu. Kriteria yang diminta oleh wanita kelahiran 20 Desember 1993 itu dinilai terlalu banyak, namun gajinya sangat lah minim, yaitu Rp 1,7 juta. (Liputan6.com/IG/@ratucleopatra20)

Seperti yang diketahui, mantan idola tersebut kini sudah membina rumah tangga dan memiliki tiga orang anak. Dalam persyaratannya, dia tak ragu mencantumkan kewajiban menjaga anaknya.

Tak tanggung-tanggung, dia merinci tanggung jawab beserta syarat tak masuk akal yang disebut-sebut warganet merupakan tugas dua profesi. 

Tidak hanya mencuci pakaian, sandal, hingga memasak, dia juga mewajibkan calon ART-nya dapat menyayangi anak-anaknya.


Tahan Gaji 3 Bulan

Potret Cleopatra Djapri Eks JKT48, Viral Cari ART dengan Gaji Rp1,7 Juta
Tidak hanya syarat-syarat seperti bisa masak, mencuci hingga mengurus anak. Ada pun keterangan bahwa gaji akan ditahan 3 bulan dan akan dibayar semua pada bulan ke-4. Alasannya, agar ART tersebut bisa mencoba lebih dulu kerja bareng Cleo dan bisa minta berhenti jika tidak sanggup dalam rentang 3 bulan. (Liputan6.com/IG/@ratucleopatra20)

Tak hanya sampai di situ, Cleopatra Djapri juga menyertakan keterangan penahanan gaji yang senilai 1,7 juta rupiah itu selama 3 bulan sebagai jaminan untuk bekerja di jangka waktu tersebut.

Dia beralasan, itu dilakukan karena drama pekerja sebelumnya yang mangkir seminggu setelah bekerja. Kejadian tersebut membuatnya tidak ingin mengulangi hal yang sama.

"alasan kenapa ditahan, biar cobain kerja sama saya 3 bulan, kalau sekiranya dalam waktu 3 bulan ngerasa gak sanggup boleh BERHENTI, bukan baru SEMINGGU MINTA BERHENTI," terangnya di status tersebut.


Klarifikasi Enggan Disebut Dzolim

Potret Cleopatra Djapri Eks JKT48, Viral Cari ART dengan Gaji Rp1,7 Juta
Unggahan loker ART itu viral dan mendapat banyak komentar pedas warganet. Cleopatra sendiri merupakan mantan member JKT48 generasi pertama pada tahun 2011. Cleo sempat digadang-gadang bakal menjadi Kapten JKT48 kala itu, namun ia justru memilih keluar setelah satu tahun bergabung. (Liputan6.com/IG/@ratucleopatra20)

Usai unggahan yang dibagikan di X tersebut viral, akun @nurultryani tersebut kembali mencuit soal klarifikasi Cleopatra Djapri yang disampaikan kepadanya.

Menurut pengakuan idola sekaligus aktris kelahiran 1993 tersebut, dia akan membayar gaji pekerjanya langsung di bulan ke-4 sehingga tidak mau disebut sebagai pribadi yang dzolim.

infografis tenaga kerja asing di Indonesia
infografis tenaga kerja asing di Indonesia(Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya