Sandra Dewi Keberatan 88 Tas Mewahnya Disita, Ngaku Hasil Kerja Keras Bukan Nilap Duit Rakyat

Kubu Sandra Dewi keberatan saat 88 tas mewahnya ikut disita aparat terkait kasus korupsi timah dengan salah satu tersangka suaminya, yakni Harvey Moeis.

oleh Wayan Diananto diperbarui 23 Jul 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 12:00 WIB
Diperiksa Sebagai Saksi, Sandra Dewi Tebar Senyum
Kubu Sandra Dewi keberatan saat 88 tas mewahnya ikut disita aparat terkait kasus korupsi timah dengan salah satu tersangka suaminya, yakni Harvey Moeis. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Kubu Sandra Dewi keberatan saat 88 tas mewahnya ikut disita tim penyidik Kejagung RI terkait kasus korupsi timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan PT Timah Tbk., tahun 2015 hingga 2022.

Koleksi 88 tas mewah itu disita setelah sang suami, Harvey Moeis ditetapkan sebagai salah satu tersangka. Kuasa hukum Sandra Dewi, Harris Arthru Hedar membenarkan bahwa 88 tas mewah kliennya disita.

“Tas-tas kalau enggak salah ada 88 tas branded, itu hasil yang didapat dari hasil keringat Ibu SD. Yang telah diklarifikasi oleh penyidik bahwasannya itu memang benar didapat dari hasil endorse,” katanya.

Melansir dari video klarifikasi di kanal YouTube Intens Investigasi, Senin (22/7/2024), Sandra Dewi keberatan saat tas-tas mewahnya ikut dijadikan barang bukti kasus korupsi lalu disita.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hasil Kerja Kok Disita, Juga?

Kejagung Tunjukkan Bukti Kejahatan Harvey Moeis dan Helena Lim
Kedua tersangka pun akan ditahan untuk 20 hari ke depan di Rutan Salemba cabang Kejari Jaksel. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

“(Hasil) kerja dari ibu SD tapi disita juga. Nanti kita buktikan sama-sama di Pengadilan apakah itu terlibat, terkait perbuatan HM atau tidak,” ujar Harris Arthur Hedar lalu menambahkan, “Pastinya beliau keberatan.”

Seperti diketahui, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung RI, Harli Siregar merinci sejumlah barang bukti yang diamankan dari pihak Harvey Moeis. Salah satunya, tas mewah dengan jumlah mencapai 88.


Sandra Dewi Kooperatif

Kejagung Tunjukkan Bukti Kejahatan Harvey Moeis dan Helena Lim
Sejumlah barang bukti dalam kasus dugaan korupsi di PT Timah saat konferensi pers pelimpahan tahap dua di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (22/7/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Itu masih ditambah 11 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Tangerang. Selain itu ada logam mulia, 8 unit mobil mewah, uang dolar maupun rupiah.

Harris Arthur Hedar mengklaim Sandra Dewi legawa 88 tasnya disita aparat. “Tapi karena beliau kooperatif ya, (beliau bilang) enggak apa-apa Prof, kita buktikan di pengadilan,” imbuhnya.

 


Sandra Dewi Tidak Hadir

Harvey Moeis dan Helena Lim Dilimpahkan ke Kejari Jaksel
Keduanya nampak tidak berkata-kata saat digiring masuk anggota ke dalam Gedung Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Saat Kejagung RI mengumumkan bahwa Harvey Moeis diserahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dan ditahan selama 20 hari ke depan, rincian barang bukti yang disita diumumkan ke publik.

Dalam momen itu, Sandra Dewi tidak hadir. Awak media lantas mempertanyakan hal ini. “Tidak (hadir), yang diundang kan cuma PH (penasihat hukum)-nya saja,” Harris Arthur Hedar mengakhiri.

Infografis Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Jauh di Bawah Negeri Jiran. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Jauh di Bawah Negeri Jiran. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya