Respons Wali Kota Hadi Usai Kadisdik Kota Probolinggo Ditahan Terkait Korupsi Dana BOS

Ia menjelaskan pihaknya sejak awal selalu menekankan agar semua perangkat daerah harus berpedoman pada aturan dan kebijakan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Jun 2022, 22:08 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2022, 22:08 WIB
Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin (probolinggotakota.go.id)
Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin (probolinggotakota.go.id)

Liputan6.com, Probolinggo - Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menghormati proses hukum yang menjerat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat berinisial MS yang ditahan karena dugaan kasus korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) 2020.

"Mari kita ikuti dan hormati bersama proses hukum yang ada serta tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah," kata kali kota melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Probolinggo Pujo Agung Satrio, dikutip dari Antara, Rabu (1/6/2022).

Ia menjelaskan pihaknya sejak awal selalu menekankan agar semua perangkat daerah harus berpedoman pada aturan dan kebijakan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Kami sangat prihatin atas kejadian tersebut," ucapnya.

Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo menetapkan empat orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana BOSDA untuk SD-SMP Kota Probolinggo tahun 2020, yakni Kepala Disdikbud MS, mantan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) BS dan mantan Kabid Pendidikan Dasar yang kini sudah pensiun yakni BW, dan satu tersangka seorang rekanan ED.

Keempat tersangka yakni dua orang pejabat, satu orang pensiunan, dan satu orang rekanan itu ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-B Kota Probolinggo pada Senin (30/5) malam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rugikan Negara

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo Hartono mengatakan penyidik sudah mendapatkan cukup bukti dalam dugaan korupsi pengadaan LKS dan modul tahun 2020 yang menggunakan dana BOS daerah senilai Rp6 miliar lebih.

"Dari tindakan empat tersangka itu, kerugian negara mencapai Rp974 juta lebih berdasarkan penghitungan yang sudah dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)," ujarnya.

Menurutnya penyidik sudah melakukan pemeriksaan terhadap 70 orang saksi dan menyita sejumlah dokumen dalam kasus dugaan korupsi dana BOSDA tahun 2020 tersebut, sehingga mendapatkan bukti yang kuat untuk menetapkan empat orang tersangka.

Infografis 3 Jurus Cegah Korupsi Bansos Covid-19
Infografis 3 Jurus Cegah Korupsi Bansos Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya