Puluhan Rumah di Kalibaru Banyuwangi Terendam Luapan Sungai Yas

Bahkan kendaraan roda empat dan truk juga sempat terseret arus sungai. Beberapa material dan barang rumah tangga milik warga juga hanyut.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 04 Nov 2022, 09:07 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2022, 09:07 WIB
Banjir di permukiman warga Kalibaru Banyuwangi. (Hermawan/Liputan6.com)
Banjir di permukiman warga Kalibaru Banyuwangi. (Hermawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Surabaya - Hujan deras yang mengguyur membuat sungai Yas di Desa Kalibaru Wetan Banyuwangi meluap pada Kamis 3 November 2022. Akibatnya puluhan rumah warga di wilayah tersebut terendam banjir hingga setinggi dada orang dewasa.

"Yang terdampak ada di RW 5, RW 6 dan RW 7. Jalan Raung di Desa Kalibaru Wetan sudah kayak sungai. Airnya deras," kata Rudy Iryanto, relawan Pusdalops Banyuwangi, Jumat (4/11/2022).

Rudy menyebut banjir terparah terjadi di RW 5 dan RW 7. Sementara di RW 6, tidak begitu parah karena lokasinya yang berada di tempat yang lebih tinggi.

"Di RW 5 dan RW 7 air sudah setinggi dada orang dewasa," ujarnya.

Bahkan kendaraan roda empat dan truk juga sempat terseret arus sungai. Beberapa material dan barang rumah tangga milik warga juga hanyut.

Saat ini, kata Rudy, belum bisa dilakukan pendataan, karena kondisi penerangan di sekitar lokasi padam.

"Listrik mati. Belum bisa di data ya pak karena gelap gulita saat ini," tambahnya.

Evakuasi pun sampai saat ini masih dilakukan oleh relawan dan aparat kepolisian serta TNI. Warga dievakuasi ditempat yang lebih tinggi. Karena sampai saat ini banjir masih berlangsung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Evakuasi ke Jalan Raya

"Untuk sementara evakuasi dilakukan di jalan raya. Karena kondisi aman disana. Saat ini polisi, TNI dan relawan sedang melakukan evakuasi lanjutan," pungkasnya

Semangat itu, berdarsarkan prekiraan BMKG, wilayah Banyuwangi dan sekitarnya sudah memasuki musim penghujan.

Untuk itu masyarakat dihimbau untuk tetap mewaspadai terhadap anomali cuaca di musim penghujan ini. Seperti halnya potens banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Infografis banjir dan longsor di Jawa Tengah
Banjir dan longsor terjadi di Jawa Tengah bagian selatan (liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya