238 Orang Meninggal Akibat Kecelakaan Lalu Lintas 2022 di Banyuwangi

Angka kecelakaan lalu lintas di Banyuwangi tembus 1.104 kejadian pada 2022. Meningkat bila dibanding tahun lalu yang hanya mencapai 801 kejadian.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 15 Des 2022, 05:07 WIB
Diterbitkan 15 Des 2022, 05:07 WIB
Ilustrasi Kecelakaan Lalulintas (Istimewa)
Ilustrasi Kecelakaan Lalulintas (Istimewa)

 

Liputan6.com, Banyuwangi - Angka kecelakaan lalu lintas di Banyuwangi tembus 1.104 kejadian pada 2022. Meningkat bila dibanding tahun lalu yang hanya mencapai 801 kejadian.

Kanit Gakkum Satlantas Polresta Banyuwangi Ipda Wahid Hasyim mengatakan, dari jumlah itu terdapat 238 orang meninggal, 14 orang luka berat, 1.269 luka ringan.

"Sedangkan untuk kerugian dari insiden kecelakaan tersebut mencapai sekitar Rp 1,56 miliar," kata Hasyim, Rabu (14/12/2022)

Hasyim mengatakan, rata-rata korban kecelakaan masih usia produktif. Diantaranya usia 17-30 tahun.

"Beberapa faktor yang memicu kecelakaan adalah kelalaian, faktor kendaraan dan kondisi jalan itu ini harap dijadikan perhatian untuk siapa saja," jelas Hasyim.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dalam berkendara. Terutama di titik-titik rawan kecelakaan, seperti di Jalan Raya Kabat-Rogojampi juga di Jalan Raya Kalipuro-Wongsorejo.

"Patuhi rambu lalu lintas, utamakan keselamatan untuk mencapai tujuan perjalanan. Jangan bermain hp saat berkendara  karena itu sangat berbahaya, jika ingin menerima telpon silahkan minggir dan berhenti sejenak, fokus, istirahat bila lelah," pintanya.

Selain itu Unit Gakkum Satlantas Polresta Banyuwangi juga meminta pengendara agar selalu memeriksa kondisi kendaraan sebelum digunakan bepergian.

"Periksalah kendaraan anda secara rutin bila memang tidak dalam performa terbaik. Karena ini untuk kebaikan masyarakat sendiri," paparnya.

Karane kata Hasyim, keselamatan berkendara di jalan raya, tergantung kesiapan pengemudi itu sendiri.

“Untuk itu persiapan sebelum mengendaraai kendaraan bermotor maupun mobil itu sangat penting, untuk meminimalisir terjadinya lakalantas di jalan,” pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya