Pencari Tanaman Gebang Hilang di Hutan Baluran Banyuwangi, Tim SAR Perluas Pencarian

Seorang lansia asal Banyuwangi dikabarkan hilang di Hutan Baluran. Dia adalah Misnadin (70) beralamat di Dusun Krajan, Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 13 Mar 2023, 15:05 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2023, 15:05 WIB
Tim SAR gabungan berkordinasi melakukan pencarian orang hilang di Taman Nasional Baluran (Istimewa)
Tim SAR gabungan berkordinasi melakukan pencarian orang hilang di Taman Nasional Baluran (Istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi Seorang lansia asal Banyuwangi dikabarkan hilang di Hutan Baluran. Dia adalah Misnadin (70) beralamat di Dusun Krajan, Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo.

Dia dikabarkan hilang saat mencari tanaman pucuk atau gebang, Sabtu (11/3/2023) kemarin. Tetapi hingga Minggu (12/3/2023) korban juga belum kembali. 

Insiden ini sudah dilaporkan ke pihak berwajib. Petugas dari unsur TNI-Polri, SAR dan relawan masih melakukan pencarian.

Koordinator Pos SAR Banyuwangi, Wahyu Setya Budi mengatakan korban sehari-hari memang beraktifitas di hutan Baluran. Dia kerap mencari tanaman pucuk atau gebang, untuk dijual. Biasanya dia berangkat pukul 08.00 WIB dan pulang sekira pukul 15.00 WIB.

"Tetapi kemarin sampai pukul 17.00 WIB korban tak kunjung pulang. Keluarga khawatir lalu melapor ke perangkat desa," kata Wahyu Senin (13/3/2023)

Kemarin warga setempat dan keluarga sempat melakukan pencarian. Namun, sampai pukul 21.00 WIB pencarian itu nihil. Mereka hanya menemukan motor korban yang terbengkalai di dalam hutan Baluran. Akhirnya, kepala desa Bajulmati melaporkan ke Pos Pencarian Dan Pertolongan Banyuwangi.

Tim baru diterjunkan pagi tadi. Kurang lebih ada puluhan, dari unsur TNI Polri, SAR dan relawan yang terlibat melakukan pencarian.

"Kami masih berupaya," ujarnya.

Kata Wahyu, Pencarian korban hari ini akan difokuskan di titik tempat korban hilang dan tidak menutup kemungkinan jika hasilnya nihil akan diperluas pencarian.

“Kita hari ini fokusnya di titik sekitar korban dinyatakan hilang dan mudah-mudahan membuahkan hasil. Tapi tidak menutup kemungkinan  akan diperluas,”paparnya.

Infografis Ganjar Diganjar Sanksi Gara-Gara Siap Jadi Capres
Infografis Ganjar Diganjar Sanksi Gara-Gara Siap Jadi Capres (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya