Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi, Upaya Implementasikan Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Sekolah

Mentari Group dan ASTA Ilmu Publishing menggandeng Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Tarumanagara berkolaborasi menghadirkan pendidikan karakter untuk peserta didik dan guru sekolah dasar, yaitu Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Jun 2023, 17:03 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2023, 16:14 WIB
Permainan ular tangga pancasila di ajang  Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi. (Istimewa)
Permainan ular tangga pancasila di ajang Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Mentari Group dan ASTA Ilmu Publishing menggandeng Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Tarumanagara  berkolaborasi menghadirkan pendidikan karakter untuk peserta didik dan guru sekolah dasar, yaitu Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi.

Jambore ini merupakan bentuk komitmen Mentari Group yang terus berkelanjutan dari program pembangunan karakter Ibu Pertiwi untuk sekolah dasar yang diterbitkan oleh ASTA Ilmu Publishing sejak 2021.

Pada program Ibu Pertiwi terdapat bagian pembelajaran kegiatan siswa yang melatih siswa dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan sederhana.

Sejalan dengan program Ibu Pertiwi, kegiatan Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi bertujuan untuk mengajak peserta didik dan guru membuat karya dengan bentuk kegiatan berupa implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Rangkaian Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi telah berlangsung sejak November 2022 dengan mengajak sekolah pengguna program penguatan karakter Ibu Pertiwi, untuk membuat aktualisasi Projek Program Penguatan Pancasila yang dikerjakan oleh peserta didik secara mandiri maupun berkelompok di sekolah masing-masing.

Caranya yaitu dengan beragam output kreatif, seperti pembuatan poster, video singkat, keterampilan tangan dengan beragam fungsi yangberasal dari barang bekas, pentas pengenalan permainan tradisional, serta kegiatan menggerakkan budaya membaca.

Puncak dari Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi dilakukan dengan menghadirkan seluruh sekolah yang berhasil melaksanakan projek ini untuk dapat mempresentasikan karya mereka dan juga mendapat pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna seperti permainan ular tangga Pancasila pada hari ini, Sabtu, 3 Juni 2023 di Gedung Bogor Creative Center (BCC), Jawa Barat.

Hendro Hassen, Direktur ASTA Ilmu Publishing menyebutkan, Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi ini merupakan bentuk kegiatan kreatif dalam pengembangan karakter berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

“Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi diadakan sebagai program berkelanjutan untuk pengembangan karakter peserta didik di Indonesia. Melalui kegiatan yang beragam ini kita harap akan terbangun suasana pembelajaran yang komprehensif, integratif, dan aplikatif,” tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Permainan Ular Tangga Pancasila

Selaku pelatih pada Jambore Nasional sekaligus Dekan dari Universitas Tarumanagara Fakultas Seni Rupa dan Desain Kurnia Setiawan juga turut hadir memberikan dukungan dan memandu permainan ular tangga Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta dengan penuh antusias.

Ia juga mengatakan bahwa Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi ini menjadi salahsatu cara kolaborasi dalam memberikan penguatan karakter melalui implementasi nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan cara yang kreatif dan menyenangkan, salah satunya melaluipermainan ular tangga Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta didik yang hadir.

“Kegiatanini merupakan kolaborasi bersama Mentari Group untuk mendukung pengembangan karaktersiswa dengan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan interaktif, menarik,dan kreatif bersama para pendidik dan siswa, seperti yang hari ini dilakukan yaitu pameran,bercerita, dan juga permainan ular tangga Pancasila” ucapnya.

 

infografis pancasila
cara negara amankan pancasila (liputan6.com/triyas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya