Haru dan Bahagia Warnai Keberangkatan 167 Jemaah Calon Haji Kota Probolinggo ke Tanah Suci

Haru Bahagia, dua kata tersebut yang pantas mendeskripsikan suasana di halaman Kantor Wali Kota Probolinggo. Ratusan orang tampak berkaca-kaca mengantarkan sanak keluarga mereka, Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Probolinggo yang akan menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 06 Jun 2023, 22:04 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2023, 22:04 WIB
Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin memberangkatkan ratusan Jamaah Haji asal Kota Probolinggo  (Istimewa)
Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin memberangkatkan ratusan Jamaah Haji asal Kota Probolinggo (Istimewa)

Liputan6.com, Probolinggo - Suasana haru dan bahagia terlihat di halaman Kantor Wali Kota Probolinggo. Ratusan orang terlihat berkaca-kaca saat mengantarkan sanak keluarga mereka yang menjadi calon haji Kota Probolinggo tahun ini.

Seperti yang dirasakan oleh Revalin Effendi, orang tuanya berangkat setelah menunggu 13 tahun lamanya.

“Alhamdulillah senang pastinya ya. Pertama, ini penantian yang nggak sebentar. Kedua, harusnya kan bapak ibu keberangkatan gelombang dua tapi dimajukan. Kami keluarga insyaallah ikhlas, biar Akung sama Uti, khususnya, segala sesuatunya di sana dimudahkan, dilancarkan,” ucapnya, Selasa (6/6/2023).

Dia berharap semua jemaah Kota Probolinggo bisa kembali ke tanah air dengan selamat, mabrur tanpa kurang suatu apa pun.

Asin (61), orangtua dari Revalin sangat senang akhirnya tiba juga saat yang ditunggu-tunggu.

“sebenarnya keberangkatan kami 2020, tapi karena ada pandemi covid-19 jadi harus ditunda, jadi mau gimana lagi, keamanan harus diperhatikan juga. Alhamdulillah bisa berangkat sekarang, pengen segera sampai ke sana,” ujar Asin yang merupakan pensiunan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tiga tahun lalu.

Pelepasan calon haji diilakukan langsung Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Probolinggo Ninik Irawibawati, Ketua MUI Kota Probolinggo, Kepala Kantor Kemenag Kota Probolinggo.

Habib Hadi menyampaikan beberapa pesan khusus untuk para calon hajji. Salah satunya agar selalu menjaga kesehatan dan tidak terlalu memforsir ibadah sebelum menjalankan ibadah inti.

“Utamakan ibadah wajibnya yaitu pelaksanaan haji. Karena takutnya saking senangnya, melaksanakan umrah tiap hari sehingga pada puncak acara (haji) menyebabkan kondisi tubuh kurang fit. Jadi saya sampaikan, setelah puncak acara ibadah haji baru boleh melakukan yang lain,” pesan Habib Hadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sejumlah Pejabat Pemkot Berangkat Haji

Calon Jemaah Haji Embarkasi Solo
Calon jemaah haji Embarkasi Solo asal Pekalongan ketika tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Senin (5/6).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Habib Hadi juga mengingatkan kondisi suhu di sana yang berbeda dengan negara kita, begitu juga jarak tempuh yang jauh ketika melakukan ibadah, diharapkan antar sesama JCH agar selalu menjaga satu sama lain.

Dari 167 calon haji tersebut, tampak sejumlah pejabat juga ikut serta ibadah haji tahun 1444 Hijriah ini, yakni Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib dan Asisten Pemerintahan Gogol Sudjarwo.

Diketahui, Kota Probolinggo merupakan kloter ke-34 bersama Kabupaten Nganjuk dari embarkasi Surabaya.

 

 

 

Infografis Asrama Haji Pondok Gede Jadi RS Khusus Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Asrama Haji Pondok Gede Jadi RS Khusus Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya