UAI Buka Magister PSDA untuk Tingkatkan Kualitas Pengolahan SDA Indonesia, Cocok untuk ASN dan Peneliti

Ketua Program Studi Magister Pengelolaan Sumber Daya Manusia Universitas Al-Azhar Indonesia Nita Noriko menyatakan, Magister PSDA akan fokus pada pengembangan skill serta kajian kebijakan publik seputar pengelolaan sumber daya alam bagi para mahasiswa.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Nov 2023, 12:20 WIB
Diterbitkan 21 Nov 2023, 11:41 WIB
Ketua Program Studi Magister Pengelolaan Sumber Daya Manusia Universitas Al-Azhar Indonesia, Nita Noriko. (Istimewa)
Ketua Program Studi Magister Pengelolaan Sumber Daya Manusia Universitas Al-Azhar Indonesia, Nita Noriko. (Istimewa)

 

 

Liputan6.com, Jakarta Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) menawarkan program studi baru magister (S2) Pengelolaan Sumber Daya Alam (PSDA), untuk mengingkatkan kualitas pengolahan sumber alam Indonesia ke depan.

Ketua Program Studi Magister Pengelolaan Sumber Daya Manusia Universitas Al-Azhar Indonesia Nita Noriko menyatakan, Magister PSDA akan fokus pada pengembangan skill serta kajian kebijakan publik seputar pengelolaan sumber daya alam bagi para mahasiswa.

“Keilmuan di jenjang magister PSDA ini bersifat multidisiplin. Jadi, apapun latar belakang pendidikan S1-nya, bisa mengikuti perkuliahan di magister PSDA UAI,” tegas Nita Noriko, Selasa (21/11/2023).

Nita Noriko menjelaskan, Magister PSDA UAI bisa menjadi alternatif pendidikan S2 bagi Aparat Sipil Negara (ASN) di sektor pelayanan publik, kehutanan, lingkungan hidup, pertambangan, hukum, serta pembangunan desa.

Program studi ini juga sangat cocok dipelajari bagi para peneliti, tenaga ahli, politikus dan konsultan yang memfokuskan tugasnya pada kajian seputar sumber daya alam.

Perkuliahan Magister PSDA tidak mengharuskan adanya praktikum langsung di lokasi. Untuk praktikum nantinya akan menggunakan permodelan yang bisa dikerjakan dengan komputer.

“Program studi ini menjadi satu-satunya yang ada di Jakarta. Metode perkuliahan dapat dilakukan secara hybrid yang bertujuan agar perkuliahan lebih fleksibel dan cocok untuk mereka yang sedang bekerja," jelas Nita Noriko.

Peresmian pembukaan Program Magister PSDA Universitas Al-Azhar Indonesia dilaksanakan di tengah acara International Scientific dan Seminar Nasional Penelitian, Pemberdayaan Masyarakat 2023 yang diadakan di Auditorium Universitas Al-Azhar Indonesia pada 15 November 2023 lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


kelola Sumber Daya Alam Kewajiban Bersama

Menurut Nita Noriko, menjaga dan mengelola sumber daya alam merupakan kewajiban untuk semua manusia yang hidup berdampingan dengan alam. Karena alam adalah anugerah yang diberikan tuhan kepada semua mahluknya bukan untuk di rusak ataupun dieksploitasi, tapi diciptakan untuk digunakan secukupnya bagi setiap mahluk.

“Mengingat sumber daya alam tidak dapat diperbaharui, mengelola sumber daya alam secara bijak menjadi langkah mulia untuk mempertahankan keberlangsungan hidup semesta. Untuk mempelajarinya bisa dimulai dari Magister PSDA UAI,” pungkas Nita Noriko.

Infografis Destinasi Wisata Urban
Wisata urban adalah wisata yang menjadikan ruang-ruang publik kota dan pengalaman hidup di perkotaan sebagai atraksi utama. (Dok: Liputan6.com/Trisyani)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya