Nasdem Dukung Syahrul Munir-Tri Putro Utomo di Pilkada Gresik dan Gus Mujib di Pasuruan

Rekomendasi diserahkan Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPW Partai NasDem Jatim Suhandoyo dan Sekretaris DPW NasDem Jatim Aminurrakhman kepada pasangan "Santri" di Kantor DPW NasDem di Surabaya, Minggu siang.

oleh Tim Regional diperbarui 24 Jun 2024, 16:04 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2024, 16:04 WIB
Ilustrasi Pilkada Serentak 2024 (Istimewa)
Ilustrasi Pilkada Serentak 2024 (Istimewa)

Liputan6.com, Surabaya - Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem merekomendasi pasangan Muhammad Syahrul Munir dan Tri Putro Utomo (Santri) sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Gresik 2024.

Syahrul menyatakan bersyukur dan berterima kasih karena diberi kepercayaan mengemban amanah untuk berjuang bersama di Pilkada Gresik.

"Kami segera konsolidasi dan komunikasi, sekaligus melakukan sosialisasi terjun ke masyarakat agar harapan menang dapat tercapai," ucapnya, Senin (24/6/2024).

Disinggung alasannya memilih Tri Putro Utomo sebagai pendamping, Syahrul melihat potensi serta ketokohannya yang diharapkan mampu ikut mendulang perolehan suara.

"Mas Tri ini pengusaha sukses, beliau juga mewakili Gresik bagian selatan, sedangkan saya representasi wilayah tengah dan utara. Akronim kami juga 'Santri' yang merupakan gambaran dari Gresik," kata politikus muda berusia 33 tahun tersebut.

Diprediksi bakal menantang calon petahana, Syahrul menyatakan sudah siap serta berkomitmen kuat menjadikan Gresik menjadi lebih baik dan maju.

Dengan diberikannya surat rekomendasi kepada pasangan "Santri" maka PKB dan NasDem sepakat untuk berkoalisi pada pilkada yang diselenggarakan 27 November 2024.

Kendati memiliki modal cukup untuk mendaftar ke KPU (PKB 14 kursi dan NasDem dua kursi), namun pihaknya tetap masih berkomunikasi dengan partai politik lain yang memiliki visi misi sejalan.

Ketua Bappilu DPW NasDem Jatim Suhandoyo menyampaikan alasan pemberian rekomendasi kepada pasangan "Santri" karena melihat kedua tokoh muda tersebut berkomitmen kuat untuk semakin menyejahterakan masyarakat Gresik.

"Kami sudah melakukan berbagai pertimbangan, termasuk komunikasi-komunikasi. Apalagi hasil survei pasangan ini sangat meyakinkan," tuturnya.

Penyerahan rekomendasi itu dihadiri pengurus kedua partai politik, termasuk politikus Gresik yang juga caleg DPR RI terpilih Thoriq Majiddanor atau akrab disapa Jiddan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


 Dukung Gus Mujib di Pilkada Pasuruan 

Ilustrasi Pilkada Serentak 2020 (Liputan6.com / Abdillah)
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020 (Liputan6.com / Abdillah)

Sementara untuk Pasuruan, DPP NasDem merekomendasi KH Mujib Imron sebagai bakal Calon Bupati Pasuruan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat 2024.

"Beliau sebelumnya wakil bupati dan sekarang maju sebagai calon bupati. Jadi kinerja selama ini sudah terbukti," ujar Sekretaris DPW NasDen Jatim Aminurrakhman di sela penyerahan rekomendasi di Surabaya, Minggu.

Pihaknya serahkan sepenuhnya ke Gus Najib soal wakilnya.

"Siapapun yang beliau pilih, pasti sudah melalui pertimbangan matang dan memiliki visi misi sejalan. Nantinya kalau sudah ada wakil, kami serahkan surat rekomendasi lengkap yang untuk didaftarkan ke KPU,” ucap anggota DPR RI tersebut.

Gus Mujib mengaku dukungan dari NasDem membuatnya semakin optimistis untuk meneruskan pemerintahan yang selama ini sudah dijalaninya bersama Irsyad Yusuf (Gus Irsyad) selaku bupati dua periode di Pasuruan.

“Terima kasih kami sampaikan ke NasDem. Setelah ini kami akan konsolidasi dan sosialisi ke masyarakat,” kata wakil bupati Pasuruan periode 2018-2023 itu.

Infografis 3 Survei Terbaru Elektabilitas Bakal Cagub Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Survei Terbaru Elektabilitas Bakal Cagub Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya