Perseteruan Antarfotografer di Kota Lama Surabaya Bikin Resah, Satpol PP Turun Tangan

Sebagai informasi, perseteruan tersebut bermula pada saat lima orang yang mengaku sebagai korban melakukan pemotretan di kawasan Kota Lama Surabaya.

oleh Erik Erfinanto diperbarui 21 Jul 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 19:00 WIB
Kota Lama Surabaya akan dibuka mulai 23 Juni 2024. (Istimewa)
Kota Lama Surabaya akan dibuka mulai 23 Juni 2024. (Istimewa)

Liputan6.com, Surabaya - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya memberikan pengarahan kepada oknum fotografer yang berbuat ulah dan meresahkan di kawasan Kota Lama, Surabaya, Jawa Timur kepada sejumlah fotografer lainnya.

Kepala Satpol PP Surabaya M Fikser mengatakan peristiwa perseteruan itu terjadi antara empat orang terduga oknum fotografer dengan lima terduga korban, yang juga fotografer di kawasan Kota Lama Surabaya.

"Petugas kami dari Tim Pasopati berhasil menjangkau oknum fotografer itu. Kami bawa ke kantor Satpol PP beserta lima orang lainnya, yang mengatakan bahwa mereka korban," katanya dalam keterangannya di Surabaya, Minggu (21/7/2024).

Sebagai informasi, perseteruan tersebut bermula pada saat lima orang yang mengaku sebagai korban melakukan pemotretan di kawasan Kota Lama Surabaya.

Pada saat memotret, ada sejumlah oknum fotografer merasa terganggu, karena ada aktivitas fotografer lain di lokasi yang diklaim sebagai wilayahnya.

Sejumlah oknum tersebut kemudian melabrak lima orang yang melakukan pemotretan di kawasan Kota Lama. Peristiwa itu kemudian viral di media sosial.

Fikser menambahkan, Satpol PP menegaskan akan menindak tegas jika kejadian serupa terulang kembali di kawasan Wisata Kota Lama Surabaya.

“Akan kami tindak tegas. Mengingat Wisata Kota Lama ini adalah fasilitas umum yang dibangun Pemerintah Kota untuk warga Kota Surabaya,” tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pendataan Lebih Lanjut

Dalam penanganan peristiwa tersebut, Satpol PP Kota Surabaya melakukan pendataan lebih lanjut terhadap oknum fotografer beserta korban.

“Kami data dan mintai keterangan terkait permasalahan oknum fotografer ini. Kami juga melakukan pengarahan dan mereka juga membuat surat pernyataan agar tidak melakukan hal itu lagi,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kejadian berulang, pihaknya akan terus melakukan pengawasan, tidak hanya di Kawasan Eropa namun diseluruh kawasan wisata Kota Lama Surabaya termasuk Pecinan maupun kawasan Arab.

“Kami akan berikan rasa aman dan nyaman bagi siapa saja yang datang ke kawasan wisata di Kota Surabaya. Ini fasilitas umum, setiap orang berhak untuk datang dan menikmati keindahan wisata Kota Lama ini,” ujar Fikser.

Infografis Brand Modest Fashion Lokal
Infografis Brand Modest Fashion Lokal. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya