Update Google Classroom Permudah Pekerjaan Para Guru

Selain memiliki produk untuk keperluan hiburan dan bisnis, Google juga memiliki produk untuk keperluan pendidikan yaitu Google Classroom.

oleh M Hidayat diperbarui 26 Agu 2015, 11:32 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2015, 11:32 WIB
Tampilan laman Google Classroom
Tampilan laman Google Classroom

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai perusahaan teknologi dunia dengan reputasi terpandang, Google memiliki banyak produk untuk berbagai keperluan. Mulai dari keperluan hiburan, bisnis, sampai pendidikan. Untuk keperluan pendidikan, Google Classroom merupakan produk andalan perusahaan yang belum lama ini melakukan restrukturisasi yang mengejutkan publik.

Dikutip dari The Next Web, Rabu (26/08/2015), dikatakan bahwa Google Classroom memiliki fitur baru dari update terakhirnya, yaitu integrasi dengan Google Calendar. Melalui fitur ini, secara otomatis Google membuat sebuah kalender untuk setiap kelas di setiap hari guru mengajar. Kalender ini bisa diakses baik dari Google Classroom maupun Google Calendar.

Di samping itu, guru juga dapat menggunakan kembali posting tugas mereka di kelas dengan tombol "Reuse post". Cukup menekan tombol itu, lalu pilih kelas di mana posting tersebut dipublikasikan, lalu edit sesuai keperluan, seperti menambah pertanyaan. Dengan begitu, guru dapat memilih materi dari kelas lain yang mereka ajar untuk disampaikan kembali di kelas yang berbeda.

Lebih lanjut, guru juga akan dapat memublikasikan pertanyaan ke kelasnya, dan mendorong diskusi dengan memungkinkan siswa menanggapi komentar beralur terhadap masing-masing jawaban yang disampaikan siswa. Google Classroom menyediakan data tentang jumlah siswa yang menjawab (dan tidak menjawab) untuk membantu meningkatkan partisipasi siswa di kelas.

Selain itu, update besar-besaran Google Classroom ini juga menawarkan beberapa trik berguna lainnya, antara lain guru dapat dengan mudah menyetel posting ke posisi atas, menetapkan materi tanpa memerlukan tenggat waktu, atau melampirkan Google Form di sebuah posting untuk membuat semacam kuis.

Beberapa fitur tersebut akan mendarat pekan ini, dan fitur lainnya akan ada dalam beberapa pekan mendatang, sedangkan Google Calendar dan integrasi Google Form sedang diproses bersama dengan lebih banyak fitur "back to school' di layanan yang terintegrasi Google Classroom .

(why/dhi)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya