Tembak Teroris Sarinah, Ini Spesifikasi Senpi Kapolsek Menteng

Senjata api berjenis revolver ini digunakan oleh AKBP Dedy Tabrani untuk melumpuhkan pelaku serangan Sarinah.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 15 Jan 2016, 16:55 WIB
Diterbitkan 15 Jan 2016, 16:55 WIB
20160114-Bom kantor polisi
Situasi baku tembak di Sarinah, Jakarta Pusat. (REUTERS/Veri Sanovri/Xinhua)

Liputan6.com, Jakarta - Serangan kelompok teroris di Sarinah pada Kamis kemarin, 14 Januari 2016, masih menyisakan kisah lain di sekitarnya. Salah satunya adalah aksi baku tembak antara polisi dan kelompok teroris yang juga diikuti oleh Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dedy Tabrani.

Dalam peristiwa itu, Kapolsek Metro Menteng tersebut menceritakan peristiwa baku tembak yang berjalan cukup sengit. Tak hanya itu, Dedy juga menuturkan telah berhasil melumpuhkan salah seorang teroris.

Namun di balik itu, senjata api yang digunakan Dedy untuk melumpuhkan pelaku juga memiliki kisah tersendiri. Berdasarkan dari beberapa keterangan yang berhasil dihimpun, Dedy diketahui menggunakan senjata api yang juga dipakai oleh anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) pada umumnya, yakni revolver.

Revolver sebagai sebuah senjata api sendiri memiliki sejarah panjang. Berbeda dari pistol, revolver tidak memiliki magasin sebagai tempat menyimpan peluru. Peluru untuk revolver diletakkan dalam sebuah revolving chamber (ruang bergulir).

Dalam revolver biasanya isi peluru disesuaikan dengan ukuran pelurunya. Pada revolver berkaliber 44 biasanya berisi 5 sampai 7 peluru. Sementara untuk revolver berkaliber 22 berisi 8 sampai 10 peluru.

Tak hanya itu, revolver juga memiliki 2 tipe berbeda, yakni single action revolver dan double action revolver. Untuk single action revolver memiliki 'palu'. 'Palu' ini yang nantinya memukul peluru sehingga meledak dan mendorong peluru keluar.

Namun, perlu diketahui bahwa 'palu' ini harus ditarik ke arah belakang terlebih dahulu sebelum menembak. Sementara untuk silinder penyimpanan peluru juga harus diputar secara manual.

Sementara itu, untuk double action revolver adalah revoler dengan 'palu' yang secara otomatis bergerak bersamaan dengan ditekannya pelatuk. Untuk silinder penyimpan peluru pun akan bergerak secara otomatis ke peluru selanjutnya setelah peluru keluar.

(Dam/Isk)**

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya