5 Aplikasi dengan Alur Login Paling Menarik

Beberapa pengguna aplikasi biasanya akan melangkah mundur bila kesulitan mencari kenop di 'pintu masuk' sebuah aplikasi.

oleh Liputan6 diperbarui 19 Sep 2016, 12:42 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2016, 12:42 WIB
Aplikasi
Aplikasi Dengan Alur Login Menarik

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu tantangan sulit dalam membangun sebuah aplikasi adalah membuat login flow yang sederhana, namun menarik.

Beberapa pengguna aplikasi biasanya akan melangkah mundur bila kesulitan mencari kenop di 'pintu masuk' sebuah aplikasi. Hasilnya, konversi pengguna terdaftar dalam sebuah aplikasi pun tak mengalami kenaikan yang signifikan karena alur login yang ribet.

Sejumlah aplikasi memahami alur login sebagai salah satu aspek penting untuk menarik kunjungan pengguna. Alur login dibuat sederhana, interaksi dibuat menarik, dan kata-kata yang digunakan pun dibuat memikat. Berikut adalah lima aplikasi yang memiliki alur login dan onboarding paling sederhana dan menarik.

1. LinkedIn

Sudah diunduh oleh 400 juta pengguna dari sekitar 200 negara, 'media sosial' untuk para profesional ini menerapkan alur login yang sama dengan versi webnya.

Tujuannya, agar pengguna aplikasi tetap merasakan sensasi yang sama kala login di platform manapun. Salah satu kunci lain kesuksesan alur login LinkedIn adalah pesan singkat "Make the most of your prodessional life" yang menjabarkan definisi aplikasi dalam satu kalimat.

2. Hootsuite

Hootsuite adalah platform yang memudahkan pengguna untuk mengelola akun media sosialnya. Alur login Hootsuite banyak dipuji pengamat karena jelas dan sederhana.

Pengguna dipersilakan masuk lewat tiga 'pintu', yakni Facebook, Twitter, dan email Google. Setelah berhasil login, pengguna langsung diminta memilih akun-akun apa saja yang ingin mereka kelola.

3. Tinder

Tampil sebagai aplikasi 'biro jodoh digital', Tinder memiliki interaksi onboarding dan login yang menarik. Ketika pengguna sudah mendaftarkan dirinya lewat Facebook, sejumlah pesan akan muncul menjelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi kencan berbasis lokasi tersebut.

4. Flipboard

Aplikasi kurasi berita Flipboard disebut sebagai salah satu aplikasi yang sukses dalam menerapkan alur login dan onboarding yang menarik. Sejumlah interaksi dan informasi mengenai aplikasi dimunculkan sebelum pengguna diminta untuk mendaftarkan akunnya. Saat sudah mendaftar, pengguna langsung diberi opsi memilih topik-topik yang ingin mereka ikuti perkembangannya.

5. Liputan6

Aplikasi Liputan6 kini memungkinkan penggunanya untuk melakukan login dengan Facebook. Pengguna akan diberi opsi untuk tak perlu mengetik email dan password untuk mendaftar di aplikasi Liputan6.

Hanya dengan dua klik, pengguna akan terdaftar sebagai member Liputan6. Ada sejumlah kelebihan menjadi pengguna terdaftar Liputan6, salah satunya adalah pengguna dapat bebas memberi komentar terhadap topik-topik yang menjadi pembicaraan publik, juga bisa memberi informasi dan masukkan terhadap berita-berita yang ditulis oleh Redaksi Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya