Pakar: Jangan Keburu Senang Terima Missed Call dari Luar Negeri

Pengguna yang menerima missed call agar melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap nomor ponsel yang melakukan panggilan.

oleh Yuslianson diperbarui 01 Apr 2018, 17:54 WIB
Diterbitkan 01 Apr 2018, 17:54 WIB
Ilustrasi pengguna smartphone
Ilustrasi pengguna smartphone. Dok: androidauthority.com

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, beberapa warganet mengeluhkan sejumlah missed call atau panggilan tak terjawab ke nomor mereka.

Dari angka awal (prefix) nomor yang melakukan missed call, ternyata nomor pelaku berasal dari Kongo.

Dalam aksinya, pelaku akan melakukan panggilan secara acak dan langsung menutup panggilan tanpa meninggalkan pesan. Korban yang tanpa sadar akan menelepon balik.

Pada saat itulah, secara tiba-tiba tagihan telepon korban pun akan membengkak. Tagihan ini yang kemudian masuk ke kantong pelaku penipuan tersebut.

Melihat kasus itu semakin marak dan ramai dibicarakan di media sosial, pakar digital forensik Ruby Alamsyah berharap agar pengguna ponsel agar tidak keburu senang bila ada telepon dari luar negeri.

"Ada baiknya pengguna yang menerima missed call agar melakukan pengecekan terlebih dahulu kepada nomor ponsel yang melakukan panggilan," ucap Ruby ketika Tekno Liputan6.com hubungi, Minggu (1/4/2018).

"Bila dirasa tidak kenal dan nelepon tanpa henti, ada baiknya kamu memblokir nomor tersebut. Jika ponsel kamu tidak ada fitur blokir, coba download aplikasi pemblokir di Google Play atau Apple Store," paparnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sosialisasi Harus Dilakukan

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Priscilla)

Lebih lanjut, Ruby berharap pihak pemerintah harus melakukan sosialisasi. Pasalnya, pemblokiran nomor-nomor telepon dari negara si penipu satu persatu dinilai tidak akan produktif.

"Ini tidak bisa panggilan dari suatu negara diblokir, karena bisa saja ada nomor keluarga atau kepentingan bisnis dan lain-lain, jadi pemerintah harus melakukan sosialiasi agar timbul kesadaran mengenai jenis penipuan ini," jelas Ruby.

Untuk saat ini, sosialisasi merupakan solusi yang paling ampuh, juga sebelum korban-korban berjatuhan secara masif di berbagai daerah.

 


Cara Blokir Nomor Telepon

Ilustrasi memblokir nomor telepon.

Maraknya panggilan telepon yang tak dikenal atau missed call tentunya membuat banyak pengguna resah. Entah bertujuan untuk menipu, menawarkan SMS konten, atau iseng semata.

Bila kamu tak ingin hal tersebut terjadi, kamu bisa memblokir nomor itu agar tidak missed call kamu terus-menerus.

Bagaimana caranya? Jangan bingung, untuk lebih lengkapnya kamu bisa cek cara memblokir nomor telepon yang mengganggu dengan mengeklik tautan berikut ini.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya