Ribuan Pengunjung Padati Line Conference 2018

Dalam ajang ini, Line juga akan memamerkan ragam teknologi terbaru serta strategi bisnis di waktu mendatang.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 28 Jun 2018, 14:00 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2018, 14:00 WIB
Line
Line Conference 2018 di Tokyo, Jepang. Liputan6.com/Benedikta Desideria

Liputan6.com, Tokyo - Ribuan pengunjung mulai mengantre masuk ke dalam Maihama Amphitheater, Tokyo, Jepang untuk mengikuti Line Conference 2018 yang digelar pada Kamis (28/6/2018) siang waktu setempat.

Para tamu yang merupakan rekan bisnis Line Corporation yang berasal dari Jepang dan negara Asia lainnya.

Pantauan Tekno Liputan6.com yang turut hadir di gelaran ini, ada sekitar 2.500 pengunjung yang memadati venue.

Tak ketinggalan hadir juga rekan media lokal, Thailand, Korea Selatan, juga Indonesia.

Di konferensi ini, Line akan berbagi informasi tentang pencapaian perusahaan yang sudah dilakukan.

Tak cuma itu, Line juga akan memamerkan ragam teknologi terbaru serta strategi bisnis di waktu mendatang.

"Akan ada update di Line Conference 2018 ini. Salah satunya kami akam mengenalkan tentang financial technology (fintech)," kata Brian Lee, Global Communications Director Line Corporation saat berbicara dengan rekan media asal Indonesia sebelum konferensi dimulai.

Untuk lebih lengkap, pantau terus kanal Tekno Liputan6.com terkait laporan khusus Line Conference 2018 dari Negeri Sakura.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Line Terjun ke Bisnis Mata Uang Digital

Chatbot
Marbot (Amalan Ramadan Chatbot) besutan Line. Liputan6.com/Tommy Kurnia

Berawal dari pesan instan, Line kini terus berekspansi ke ranah bisnis yang lebih luas. Setelah menjajal bisnis perangkat pintar dan streaming musik, layanan pesan instan asal Negeri Ginseng tersebut kini merambah bisnis mata uang digital (cryptocurrency).

Menurut informasi yang dilansir Engadget pada Kamis (1/2/2018), langkah pertama yang dilakukan perusahaan adalah dengan menciptakan perusahaan finansial baru yang menyediakan transaksi mata uang digital.

Tak cuma itu, perusahaan ini juga akan bergerak pada layanan asuransi dan pinjaman.

Tidak diungkap apakah layanan tersebut akan mengutamakan mata uang digital sebagai transaksi utama atau bisa menggunakan opsi lain. Namun, yang pasti, layanan perusahaan finansial ini akan terintegrasi ke dalam aplikasi pesan instan Line.

Wajar saja Line memutuskan untuk memperpanjang kaki bisnisnya ke ranah mata uang digital, mengingat Jepang merupakan pasar yang "seksi" bagi industri mata uang digital. Penggunanya saja mencapai 40 juta.

Dengan demikian, langkah Line untuk meluncurkan layanan transaksi mata uang digital dinilai cukup jeli.


Kantongi 171 Juta Pengguna Aktif

LINE Indonesia Siapkan Konten Spesial Untuk Memeriahkan Ramadan
Konten spesial Ramadan dari LINE Indonesia untuk para pengguna setianya. (Foto: techinasia.com)

Pada Juni 2017, Line tercatat mengantongi lebih dari 171 juta pengguna aktif bulanan pada kuartal pertama 2017. Angka tersebut naik 72 persen dari jumlah pengguna aktif bulanan pada 2016.

"Empat pasar terbesar Line di Jepang, Taiwan, Indonesia, dan Thailand, jumlah pengguna aktif bulanan telah mencapai lebih dari 171 juta. Ada peningkatan 20 juta pengguna sejak tahun lalu," ujar Line Corporation Representative Director & CEO, Takeshi Idezawa, pada Line Conference 2017, Shibuya, Jepang, beberapa waktu lalu.

Menurut data 2016, Idezawa mengungkap bahwa dalam satu hari, lebih dari 27 miliar percakapan dikirim dan diterima melalui Line.

"Artinya, satu orang dapat menghabiskan 40,2 menit untuk menggunakan Line di empat negara pasar terbesar kami hingga Maret 2017," jelasnya.

Oleh karena itu, Line akan memperbanyak fitur dalam aplikasinya. Misalnya, fitur Line Stamps, di mana pengguna bisa membuat stiker dengan foto pribadi.

Adapun, jumlah pengguna Line News melonjak 280 persen menjadi lebih dari 150 juta pengguna aktif dibandingkan Mei tahun lalu. "Jumlah mitra terbesar ada di Jepang, yakni lebih dari 600 media," ungkap Idezawa.

Selama kuartal pertama 2017, Line Platform meraup keuntungan sebesar 55,797 miliar yen. Angka ini meningkat 47 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

(Benedikta Desideria/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya