Sirclo Fasilitasi Layanan Jual Beli Langsung lewat WhatsApp

Kehadiran fitur ini sekaligus menandai tujuh tahun kiprah Sirclo.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 19 Sep 2020, 14:00 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2020, 14:00 WIB
Sirclo
Chief Produc Officer Sirclo, Leontius Pradhana. (Dok. Sirclo)

Liputan6.com, Jakarta - Sirclo baru saja mengumumkan kehadiran produk terbarunya yang diberi nama Sirclo Chat. Kehadiran produk baru ini sekaligus menandai perayaan hari jadi ke-7 perusahaan.

Untuk diketahui, Sirclo Chat merupakan layanan yang dapat membantu ribuan brand maupun pemilik usaha kecil menengah melakukan jual-beli langsung lewat WhatsApp. Layanan ini hadir mengingat adnaya pertumbuhan tren jual beli berbasis percakapan di konsumen Indonesia.

"Karena itu, kami menyiapkan layanan Sirclo Chat yang memungkinkan penjual mengintegrasikan dan menampilkan katalog produk mereka dalam chat room Whatsapp, dan konsumen dapat langsung melakukan pembelian," tutur CEO Sirclo, Brian Marshal dalam keterangan resmi, Sabtu (19/9/2020).

Pemanfaatan WhatsApp sendiri didukung dengan laporan Digital 2019 Report dari Hootsuite dan We Are Social. Laporan itu menunjukkan WhatsApp merupakan aplikasi kedua yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Selain itu, penetrasi WhatsApp yang tinggi menyebabkan pergeseran perilaku konsumen. Jadi, konsumen kini menginginkan admin toko online bersikap responsif dan akomodatif di WhatsApp.

Tren ini, yang menurut Sirclo, mengawali chat commerce atau transasksi jual beli berbasis percakapan. Semakin baik admin WhatsApp merespons dan semakin praktis proses jual beli, kepercayaan dan kepuasan konsumen akan ikut meningkat.

"Pada dasarnya, konsumen Indonesia menyukai transaksi jual-beli dengan sentuhan personal. Mereka ingin bertany langsung soal spesifikasi produk mekanisme pengiriman, dan hal lain yang mungkin lebih rumit jika dilakukan via kanal e-commerce," tutur CPO Sirclo, Leontius Pradhana.

Leontius menuturkan, lewat layanan ini, para klien Sirclo dapat menjangkau basis konsumen lebih luas. Di samping itu, mereka juga dapat mempersingkat waktu penyelesaian transaksi termasuk menjalin hubungan dua-arah yang menyenangkan dengan konsumen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fitur di Sirclo Chat

Bisnis Online
Ilustrasi bisnis online. Dok: Sirclo

Sebagai informasi, Sirclo Chat sendiri telah terintegrasi dengan WhatsApp Business API, sehingga pesanan konsumen dapat otomatis diproses. Sirclo Chat sendiri hadir dengan tiga fitur utama, yakni:

  • Dashboard Terintegrasi : Lewat fitur ini, klien bisa memperbarui katalog dan inventasi produk, termasuk mengirimkan balasan otomatis. Klien juga bisa menggunakan beberapa admin untuk merespons pesan
  • Transaksi dalam Aplikasi : Klien bisa menerima dan memproses transaksi pembelian langsung melalui WhatsApp, baik secara manual oleh admin maupun otomatis.
  • Notifikasi : Pembeli akan mendapatkan notifikasi otomatis tentang status pesanan, penerbitan invoice, cara pembayaran, hingga konfirmasi penerimaan barang.

Melalui tiga fitur utama ini, klien Sirclo dapat memberikan layanan terbaik bagi konsumen. Selain itu, mereka juga dapat menghemat biaya, tenaga, serta waktu operasional.


Rencana Sirclo Selanjutnya

Ilustrasi e-commerce enabler
Ilustrasi e-commerce enabler. Dok: Sirclo

Peluncuran Sirclo Chat semakin mengukuhkan visi perusahaan untuk membantu pelaku usah berjualan online. Saat ini, Sirclo sendiri sudah memiliki sejumlah layanan seperti Sirclo Store dan Sirclo Connexi.

"Kami selalu melihat perkembangan tren dan berupaya menghadirkan layanan baru yang dapat membantu klien-klien kami untuk berjualan online dengan lebih baik," tutur Brian.

Untuk itu, Brian mengatakan nantinya ada rencana untuk mengintegrasikan tiga pilar Sirclo, yakni Sirclo Store, Sirclo Connexi, dan Sirclo Chat dalam satu platform. Dengan demikian, klien dapat mengurus seluruh proses transaksi dari satu platform tunggal.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya