Tips Google: Membatalkan Tautan Layanan Pihak Ketiga

Akun Google sering menjadi alternatif ketika seseorang hendak mendaftarkan diri untuk layanan atau aplikasi tertentu. Langkah ini dirasa lebih praktis, mengingat pengguna tak perlu mengisi informasi dari nol.

oleh M Hidayat diperbarui 22 Jul 2021, 08:00 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2021, 08:00 WIB
Ilustrasi Google
Ilustrasi Google (Photo by PhotoMIX Company from Pexels)

Liputan6.com, Jakarta - Akun Google sering menjadi alternatif ketika seseorang hendak mendaftarkan diri untuk layanan atau aplikasi tertentu. Langkah ini dirasa lebih praktis, mengingat pengguna tak perlu mengisi informasi dari nol.

Terkait hal ini, pengguna juga mesti menaruh perhatian lebih. Salah satunya, pengguna dapat mengelola tautan layanan pihak ketiga dari akun Google. Misalnya, kalau suatu layanan sudah sangat jarang atau tak pernah dipakai, ada baiknya untuk membatalkan tautan layanan itu dari akun Google.

Bagaimana caranya, simak rangkumannya lewat artikel Tips Google membatalkan tautan layanan pihak ketiga berikut ini:

1. Buka halaman Akun yang telah tertaut di Akun Google kamu lewat https://myaccount.google.com/accountlinking.

2. Pilih akun pihak ketiga yang ingin Anda batalkan tautannya dari Akun Google Anda lalu Batalkan tautan.

3. Sebelum membatalkan tautan layanan dan akun, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk mempelajari kebijakan privasi pihak ketiga untuk mengetahui jenis informasi saja yang dibagikan kepada Google.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Langkah Lanjutan

Jika layanan pihak ketiga yang hendak kamu batalkan tautannya tidak tercantum di halaman ini, lanjutkan ke langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi Google tempat menautkan akun pihak ketiga dengan Akun Google. Misalnya, aplikasi Google Home, aplikasi Asisten Google, atau aplikasi YouTube.

2. Pilih Akun terhubung, Akun tertaut, atau Aplikasi. Ini mungkin terdapat di bagian Setelan [Settings] pada aplikasi Google.

3. Cari layanan pihak ketiga yang hendak kamu batalkan tautannya dari Akun Google.

4. Pilih Hapus atau Batalkan tautan.

 


Langkah Lanjutan

Sebagian layanan pihak ketiga mungkin tidak mengizinkan kamu untk membatalkan tautan dari Akun Google. Untuk itu, coba cara ini:

1. Buka akun pihak ketiga tempat menautkan Akun Google.

2. Pilih bagian seperti Aplikasi, Akun terhubung, atau Akun tertaut. Ini mungkin terdapat di bagian Setelan pada akun tersebut.

3. Ikuti petunjuk dari pihak ketiga untuk membatalkan tautan akses Google.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya