Umumkan Pensiun, Aktor Bruce Willis Bakal Kembali Tampil Lewat Teknologi Deepfake?

Menurut rumor yang beredar, aktor Bruce Willis akan tampil kembali melalui pemanfaatan teknologi deepfake meski sudah mengumumkan pensiun.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 04 Okt 2022, 09:00 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2022, 09:00 WIB
Bruce Willis
Bruce Willis (The Huffington Post)

Liputan6.com, Jakarta - Aktor laga Bruce Willis telah mengumumkan pensiun dari dunia akting sejak beberapa bulan lalu. Keputusan ini diambil karena ada masalah kesehatan dan ia didiagnosa menderita aphasia yang memengaruhi kemampuan kognitifnya.

Dengan pensiunnya Bruce Willis, banyak orang yang mempertanyakan bagaimana masa depan karir aktingnya sebagai aktor. Seolah menjawab pertanyaan itu, beberapa minggu terakhir, ada desas-desus yang beredar kalau aktor tersebut menjual hak cipta untuk wajahnya.

Menurut rumor, penjualan hak cipta itu memungkinkan Bruce Willis tetap tampil di film atau serial dengan memanfaatkan teknologi deepfake. Terlebih, cara ini sudah sempat digunakan salah satu perusahaan telko asal Rusia, Megafon, untuk menampilkan sosok Bruce Willis dalam salah satu iklanya.

Namun mengutip informasi dari BBC, Senin (3/10/2022), agen Bruce Willis membantah ia telah menjual hak wajahnya untuk perusahaan deepfake yang bernama Deepcake. Dijelaskan lebih lanjut, aktor itu juga tidak menjalin kerjasama atau kesepakatan dengan perusahaan tersebut.

Perwakilan Deepcake juga menyebut hanya Bruce Willis yang memiliki hak atas wajahnya. Karenanya, dapat dipastikan laporan yang menyebut Bruce Willis akan tampil dalam bentuk deepfake di serial atau film tidak benar, setidaknya untuk saat ini.

Adapun penggunaan wajah Bruce Willis dalam bentuk deepfake itu muncul dalam iklan Megafon yang rilis tahun lalu. Ketika itu, ia memang bekerja sama dan setuju untuk membuat Digital Twin dengan memanfaatkan teknologi deepfake.

Meski akhirnya dibantah, teknologi deepfake sendiri memang diprediksi akan membawa perubahan bagi aktor yang tidak bisa lagi berakting. Sebab, berbekal kecerdasan buatan dan machine learning, perusahaan bisa membuat video realistis yang memanfaatkan wajah seseorang, baik selebritis atau politisi.

Cara ini pun sempat dimanfaatkan oleh sejumlah studio, seperti Disney ketika menampilkan kembali karakter Mark Hamill sebagai Luke Skywalker muda di serial Mandalorian. Selain itu, suara Darth Vader dari aktor James Earl Jones yang telah pensiun pun direproduksi kembali untuk membuatnya terdengar lebih mudah di serial Obi-Wan Kenobi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bruce Willis Mundur dari Dunia Akting Usai Didiagnosis Aphasia

Bruce Willis (Foto: Instagram/@emmahemingwillis)
Bruce Willis (Foto: Instagram/@emmahemingwillis)

Untuk diketahui, setelah didiagnosis dokter menderita aphasia, aktor laga Bruce Willis memutuskan akan pensiun dari dunia akting. Pernyataan itu di akun media sosial keluarganya yang menjelaskan kondisi terkini Bruce.

"Willis telah mengalami beberapa masalah kesehatan dan baru-baru ini didiagnosis menderita aphasia, yang memengaruhi kemampuan kognitifnya. Sebagai hasil dari ini dan dengan banyak pertimbangan, Bruce menjauh dari karier yang sangat berarti baginya," tulis pernyataan keluarga Bruce Willis, dikutip The Guardian, Kamis (31/3/2022).

Dituliskan pula bahwa keluarganya sangat menyayangi Bruce Willis dan mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk kesembuhannya.

"Ini adalah waktu yang sangat menantang bagi keluarga kami dan kami sangat menghargai cinta, kasih sayang, dan dukungan Anda yang berkelanjutan. Kami bergerak melalui ini sebagai unit keluarga yang kuat, dan ingin membawa penggemarnya karena kami tahu betapa berartinya dia bagi Anda, seperti yang Anda lakukan padanya," kata pernyataan keluarga Bruce Willis.

"Seperti yang selalu dikatakan Bruce, 'Hidupkan' dan bersama-sama kami berencana untuk melakukan hal itu," sambungnya.

Bruce Willis yang saat ini berusia 67 tahun, terkenal melalui acara TV Moonlighting, sebelum membuktikan dirinya sebagai bintang aksi produktif yang dikenal karena penyampaiannya yang masam.

Selain film Die Hard, ia juga memenangkan pujian untuk perannya dalam film-film seperti Pulp Fiction, The Fifth Element, The Last Boy Scout, Twelve Monkeys, The Sixth Sense, Looper dan Moonrise Kingdom.

 


Jejak Karier Bruce Willis Lainnya

Bruce Willis. (Theo Wargo/Getty Images/AFP Theo Wargo / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)
Bruce Willis. (Theo Wargo/Getty Images/AFP Theo Wargo / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Salah satu bintang paling bankable 1980-an dan 1990-an, Willis juga mengukir ceruk substansial dalam komedi keluarga, terutama menyuarakan bayi di Look Who's Talking dan sekuelnya.

Dia juga telah membuat tiga album sebagai penyanyi - cover Under the Boardwalk-nya mencapai No 2 di tangga lagu Inggris - dan membintangi beberapa produksi panggung, membuat debut Broadway-nya pada tahun 2015 dengan kebangkitan Misery. 

Secara sederhana, melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, aphasia adalah kehilangan sebagian atau seluruh kemampuan berbicara karena penyakit, cacat, atau cedera pada otak.

Dilansir The Guardian, Rabu (30/3/2022), aphasia ditandai dengan kesulitan berbahasa atau bicara. Biasanya disebabkan kerusakan pada sisi kiri otak, yang berfungsi untuk memahami dan memproduksi bahasa.

Penyebab paling umum adalah strok, cedera kepala parah, tumor otak dan kondisi neurologis progresif seperti demensia. Biasanya, afasia terjadi pada orang berusia di atas 65 tahun.

Bruce Willis sendiri merayakan ulang tahun ke-67 pada 19 Maret 2022. Di usia kepala enam, ia tetap produktif di lokasi syuting. Sepanjang 2021 misalnya, ia merilis delapan film. 

(Dam/Ysl)

  

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya